Kenapa Ada Garis Hitam di Kuku? Yuk, Cari Tahu Jawabannya!


Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak mengandung darah. Kendati demikian, perubahan bentuk dan warna pada kuku dapat mengisyaratkan gangguan kesehatan pada kuku. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa ada garis hitam di kuku yang sulit hilang.

Jangan panik dulu bila kamu baru saja menemukan garis hitam di kukumu. Kemungkinan besar garis hitam tersebut muncul karena beberapa penyebab ini sehingga kamu harus menanganinya secara serius.

Kuku Mengalami Memar karena Cedera

Salah satu penyebab ada garis hitam di kuku yang paling sering dialami banyak orang adalah kondisi memar. Memar pada kuku bisa terjadi bila kukumu terjepit atau tertimpa benda-benda tumpul yang berat. Proses memar tersebut biasanya akan berlangsung lama, kira-kira beberapa minggu sebelum kuku lama lepas dan berganti dengan kuku yang baru. Jangan menarik kuku lama sembarangan supaya tidak menimbulkan luka menganga berukuran besar.

Ada Garis Hitam di Kuku karena Perdarahan
Perdarahan pada jaringan bawah kuku tak hanya bisa terjadi karena memar. Justru perdarahan tersebut dapat terjadi tanpa kamu sadari dan tanpa disertai rasa sakit. Gumpalan darah yang menumpuk di jaringan bawah kuku akan berubah warna jadi hitam. Bila perdarahan itu tak terlalu parah, gumpalan darah akan hilang dengan sendirinya tanpa membuat kuku jadi lepas.

Lichen Planus
Lichen planus adalah penyebab kenapa ada garis hitam di kuku yang jarang dipahami orang. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Tubuh setiap orang menunjukkan respon yang berbeda-beda saat kekebalannya menurun, salah satunya adalah lichen planus. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak sanggup menghadapi alergen berupa mikroorganisme yang masuk ke tubuh.

Infeksi Akibat Jamur

Hal lainnya yang menyebabkan kenapa ada garis hitam di kuku adalah infeksi jamur. Bukan hanya menyerang kuku dan menyebabkan munculnya garis hitam, infeksi tersebut juga dapat menyerang kulit di sekitar kuku. Selain merusak tekstur dan tampilan kuku, infeksi jamur akan menyebabkan rasa gatal yang hebat. Orang sehat yang mengalami infeksi jamur tidak akan mengalami dampak serius. Namun, pengidap diabetes bisa mengalami masalah serius yang membuat kondisi infeksi semakin parah.

Efek Samping Penyakit Ginjal

Orang-orang yang mengidap penyakit ginjal biasanya menampakkan berbagai gejala, salah satunya adalah ada garis hitam di kuku. Kelainan ini bisa terjadi karena perubahan struktur darah membuat gumpalan darah muncul di bagian bawah kuku. Adanya garis hitam di kuku akibat penyakit ginjal tentu disertai dengan gejala lainnya berupa kaki bengkak dan mudah lelah saat beraktivitas.

Melanoma Subungual

Salah satu masalah serius yang bisa menyebabkan ada garis hitam di kuku adalah melanoma subungual. Melanoma subungual adalah penyakit kanker kulit yang menyerang kuku. Kanker kulit berbahaya ini juga dapat menimbulkan bercak-bercak hitam di bawah kuku. Penyakit ini harus lekas ditangani dengan cara pembedahan untuk mengangkat jaringan kuku yang sudah terkontaminasi kanker. Proses pembedahan harus dilakukan secara cermat supaya hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Endokarditis

Tak banyak orang yang tahu kalau penyakit jantung juga bisa mencetuskan ada garis hitam di kuku. Penyakit ini dikenal dengan istilah endokarditis. Endokarditis adalah peradangan lapisan dalam jantung akibat infeksi bakteri. Selain menimbulkan garis hitam di kuku, ada pula gejala lainnya seperti sesak napas, rasa nyeri pada dada kiri, dan denyut jantung tak teratur. Hal tersebut membuatmu harus lebih teliti melakukan penanganannya. Bergegaslah berkonsultasi dengan dokter agar kamu bisa mendapatkan perawatan intensif.

Pertanyaan kenapa ada garis hitam di kuku memang harus dituntaskan agar tidak berujung pada gangguan kesehatan yang lebih parah. Ulasan lengkap tentang kemunculan garis hitam di kuku juga dapat kamu simak di:

https://www.cekaja.com/info/kenapa-ada-garis-hitam-di-kuku-ini-penjelasan-ilmiahnya/

Jadi, jangan menganggap remeh gangguan yang terjadi pada kukumu. Tak sekadar mempengaruhi penampilan, hal tersebut juga dapat menjadi tanda gangguan kesehatan serius. Yuk, cari tahu berbagai informasi kesehatan di CekAja.com agar kamu lebih teliti menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat.


Sumber foto: Pixabay

0 Comments