7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Ampuh dan Cepat



Tekanan darah tinggi memang tak boleh dibiarkan begitu saja. Karena kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi terus-menerus bisa menyebabkan komplikasi penyakit serius lainnya. Bila kamu sedang mengalami darah tinggi, maka kamu harus mengetahui tips menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan ampuh.

Menurunkan tekanan darah tinggi tak hanya bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat saja. Kamu juga bisa melakukan tujuh tips ini supaya tekanan darahmu kembali normal seperti sedia kala:

1. Mengurangi Konsumsi Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Asupan garam yang terlalu tinggi memang bisa membuat tekanan darah melonjak. Itulah sebabnya kamu harus mengurangi konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Batasi konsumsi camilan dan lauk yang mengandung banyak garam. Meskipun awalnya terasa sulit, lama-kelamaan kamu akan terbiasa menyantap makanan yang kadar garamnya rendah.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Menyantap Makanan Sehat

Selain meminimalkan konsumsi makanan yang kandungan garamnya tinggi, kamu juga mesti menyantap makanan sehat dengan porsi seimbang. Pastikan kalau kamu mendapatkan asupan nutrisi lengkap dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan beragam jenis makanan bergizi lainnya. Metabolisme tubuh akan berlangsung lancar bila mendapatkan asupan gizi seimbang sehingga tekanan darahmu akan kembali stabil. 





3. Berupaya Mengurangi Kelebihan Berat Badan

Jangan menganggap remeh kondisi kelebihan berat badan yang saat ini mungkin sedang kamu alami. Orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan biasanya memiliki rata-rata tekanan darah lebih tinggi daripada orang yang berat badannya ideal. Itulah sebabnya kamu harus berupa mengurangi kelebihan berat badan. Tak hanya membuat tubuhmu sedap dipandang, berat badan ideal juga akan membuat tubuhmu lebih sehat. Risiko pengerasan pembuluh darah akibat tumpukan lemak pun dapat dicegah sehingga tidak menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Mengonsumsi Obat Herbal untuk Darah Tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal. Banyak sekali obat herbal yang dapat kamu andalkan untuk menstabilkan tekanan darah, antara lain bawang putih, seledri, dan kapulaga. Kamu harus mengonsumsi ramuan obat herbal dengan dosis yang tepat supaya manfaatnya maksimal. Meskipun khasiatnya tidak instan seperti obat dokter, konsumsi obat herbal jelas lebih aman karena minim efek samping.

5. Berolahraga Secara Teratur

Tahukah kamu kalau olahraga juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur akan meningkatkan kesehatan jantung sehingga risiko pengerasan pembuluh darah penyebab darah tinggi pun dapat diminimalkan. Kamu tak harus langsung berolahraga dengan intensitas tinggi, terutama kalau kamu sedang mengalami kelebihan berat badan. Mulailah dengan olahraga ringan yang kamu sukai selama kurang lebih 30 menit. Lakukan secara teratur minimal 3 kali seminggu. Kemudian, tingkatkan intensitas olahragamu secara bertahap jika kamu sudah mulai terbiasa dan bisa beradaptasi.

6. Berusaha Berhenti Merokok

Tak dapat dipungkiri kalau merokok adalah salah satu kebiasaan yang mencetuskan darah tinggi. Bila ingin menurunkan tekanan darah tinggi, sebaiknya kamu berusaha berhenti merokok. Supaya tubuhmu tidak terkontaminasi oleh kandungan rokok yang meningkatkan risiko penyakit serius. Mulailah dengan mengurangi jumlah konsumsi rokok sedikit demi sedikit sampai akhirnya kamu dapat benar-benar berhenti merokok sepenuhnya.

7. Menyiapkan Waktu Tidur yang Cukup

Kurang istirahat juga bisa membuat tekanan darahmu melonjak drastis. Terutama bila kamu harus tetap menjalani aktivitas padat setelah kurang tidur. Demi menurunkan tekanan darah tinggi, kamu harus menyiapkan waktu tidur yang cukup, minimal 7 jam sehari. Waktu tidur tersebut akan membuatmu lebih rileks karena tubuh bisa beristirahat secara maksimal. Risiko stres dan gangguan kesehatan lainnya akan berkurang dan tekanan darah pun akan berangsur-angsur normal.


Kalau sekarang kamu masih bingung menentukan makanan sehat yang cocok untuk mendukung proses penurunan darah tinggi, kamu dapat mengakses info berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/makanan-untuk-penderita-darah-tinggi/

Dahulu, CekAja.com memang hanya dikenal sebagai portal penyedia informasi perbandingan produk digital. Namun, kini kamu juga bisa memperoleh beragam info kesehatan melalui website CekAja.com. Jangan mudah putus asa menghadapi tekanan darah tinggi yang sulit diatasi. Sebelum kamu mengalami komplikasi penyakit yang lebih parah, yuk berusaha menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara-cara alami yang minim efek samping.


Sumber foto: Pixabay

0 komentar:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv