4 Apotek Terlengkap di Bandung




Mencari Obat

Di Bandung banyak apotek lengkap, namun tidak semua apotek menyediakan obat-obat khusus.  Dari sekian banyak apotek, saya hanya merekomendasikan beberapa apotek terlengkap di Bandung.  Hal ini berdasarkan pengalaman saya cari obat khusus untuk Ayah dan saya sendiri.


Sebelumnya, saya mau sedikit berbagi pengalaman ketika “berburu” obat phenytoin yang harus dikonsumsi oleh suami saya.  Suami saya pernah ada TBC otak yang menyebabkan epilepsy simptomatic (kejang terus menerus) pada tahun 2014, lalu melakukan operasi otak tahun 2015.  Begitu benjolan TBC ini diangkat, epilepsy tetap ada, sehingga obatnya harus terus dikonsumsi sampai sekarang.  Lalu tahun 2018 baru ada tambahan obat untuk mengurangi beberapa keluhannya. 


 


Tak hanya itu, saya pun pernah pengalami psikosomatic, obatnya hanya tersedia dibeberapa apotek saja.  Begitupun ketika kakak saya harus membeli oksigen saat asamanya kambuh.  


Nah, untuk kasus suami saya, dokter memberi obat epilepsy jenis baru yang memang mengurangi banyak keluhan akibat percikan listrik di otaknya dan konsumsi obat phenytoin.  Obat baru ini namanya topomax sprinkle, harganya lumayan mahal buat saya dan saat itu tidak ditanggung BPJS.  Selain mahal, obat ini tidak mudah didapatkan dan hanya tersedia di apotek tertentu.  Meski begitu, mau tidak mau obat ini harus dikonsumsi agar aktivitas Ayah kembali normal.


Berdasarkan informasi dari apoteker, rupanya ada beberapa apotek yang lengkap menyediakan obat.  Bahkan beberapa rumah sakit, kerap menghubungi apotek tersebut untuk memenuhi kebutuhan obat pasien yang rawat inap.  


Apotek Terlengkap

Nah, berikut apotek terlengkap di Bandung hasil perburuan obat kami:

1. Apotek Kimia Farma

Apotek terlengkap yaitu Kimia Farma yang di Jalan Supratman 72 Bandung.  Kalau ingin memastikan kesediaan obat, kamu bisa nelepon dulu ke nomor 022-7271413 atau HP/WA 08112157640.  Apotek ini biasanya menyediakan berbagai obat yang mamang jarang dan sigap menyediakan obat-obat khusus.  


Kalau memang sedang kosong, kamu bisa nelepon dulu dan memesannya.  Kalau di Kimia Farma yang kita datangi tidak menyediakan obat yang dibutuhkan, mereka mempunyai sistem mengecek ketersediaan obat di Kimia Farma cabang lain.  Kita pun bisa segera datang ke Kimia Farma cabang yang mempunyai stok obat yang kita butuhkan.  


Rasanya semua orang sudah tidak asing dengan Apotek Kimia Farma.  Kalau di Bandung, Kimia Farma ini hampir ada di tiap belokan.  Namun, tidak semua apotek ini menyediakan obat-obat khusus seperti topomax.  Bahkan di beberapa Kimia Farma, kita harus pesan seminggu sebelumnya. 


Awal-awal saya biasanya pesan obat ini di apotek Kimia Farma terdekat, namun dengan resiko obat itu tidak ada di detik-detik terakhir.  Situasi ini cukup menegangkan, karena kalau telat dimakan obatnya bisa menyebabkan epilepsy.  Jadi saya lebih memilih segera datang ke Kimia Farma Supratman untuk mengurangi resiko kehabisan obat.  Perlu diperhatikan juga, waktu buka tiap Kimia Farma berbeda-beda, ada yang dari jam 08.00-21.00 WIB dan ada yang melakukan pelayanan selama 24 jam. 


2. Apotek Vita Farma

Apotek terlengkap di Bandung selain Kimia Farma Supratman adalah Apotek Vita Farma.  Alamatnya ada di Jalan Pasirkaliki 171 dan jika ingin memastikan bisa nelepon ke 022-6015760.  Lokasinya tidak jauh dari perempatan jalan layang Paspati.  Untuk waktu pelayanan dari jam 08.00-20.30 WIB.  


Kalau lihat bangunannya, apotek ini tidak begitu meyakinkan, papan penanda pun sudah mulai karatan.  Apotek Vita Farma bertempat di bangunan rumah peninggalan Belanda yang tidak begitu “terurus”.  Namun jangan salah, segala obat ada disini dan dilayani oleh para apoteker yang sudah berpengalaman.  Keluarga pasien yang dari RS Hasan Sadikin, rata-rata membeli obatnya disana.


Tapi, jangan harap mendapat pelayanan standar ramah dan menenangkan, karena kamu tidak akan mendapatkannya.  Terpenting dapatkan obatnya, bayar, orang tersayang kita mengonsumsi obatnya.  Enjoy aja!  


3. Apotek Perintis

Apotek ini ada di tengah kota, lingkungan ramai Pasar Baru, Terminal Stasiun Hall dan dekat dengan Rumah Sakit Santosa.  Tepatnya Jl. Pasar Barat No. 4-6 Kebon Jeruk Bandung dengan jadwal buka dari jam 08.00-20.00 WIB.  Beberapa obat khusus dapat diperoleh disini dengan harga lebih murah dari apotek pada umumnya.  


Namun kita akan berhadapan dengan anteran yang cukup panjang.  Siapkan mental jiwa raga, kalau perlu bekal es kopi dingin agar hati tetap slow saat antre.


4. Apotek Bona Farma

Apotek ini langganan aku untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang buka dari jam 08.00-20.30 WIB.  Selain jenis obat relatif lebih lengkap pelayanannya pun cepat.  Apotek Bona Farma ini lokasinya ada di Jl. Setiabudhi No 170 J.  Letaknya ada lokasi ramai di antara Supermarket Griya, Radio, tempat kuliner, toko anak, toko roti yang banyak dikunjungi orang.  

Selain apotek, disana pun setiap sore pagi ada pelayanan praktek dokter diantaranya dokter umum, dokter dalam, dokter anak, dokter gigi yang handal dan praktek di rumah sakit terkemuka di Bandung.  Kalau kita harus tes ini itu, disana pun ada laboratorium, USG dan EKG.  Meski tempatnya kecil, namun pelayanannya lengkap dan cukup memfasilitasi kebutuhan pasien.  

4 apotek yang saya rekomendasikan ini berdasarkan pengalaman, kebutuhan pribadi dan lokasi rumah saya menuju apotek-apotek tersebut.  Tidak ada kaitannya dengan standar kesehatan yang tidak saya ketahui.  Bisa jadi masih banyak apotek lain yang mempunyai pelayanan yang sama namun tidak saya ketahui karena masalah jarak lokasi dan kebutuhan yang sudah terpenuhi.

Tetap semangat, ya, karena berani hidup itu hebat.  Setiap apa yang kita lakukan dan upayakan pasti diapresiasi yang Maha Pemilik Hidup.  


1 comment:

  1. Mencari apotek yg obat2annya lengkap itu memang susah2 gampang :D. Di JKT, walopun ibukota, ttp aja kdg mencari apotek yg lengkap susah. Anakku pas bayi alergi susu formula biasa, dan aku ga bisa kasih ASI juga wktu itu Krn alasan tertentu. Jd mau ga mau dia hrs susu khusus, pregestimil, yg mana susaaaah carinya. Hanya ada di apotek tertentu, ga dijual bebas di swalayan. Untung banget setelah muterin banyak apotek, malah yg Deket rumah nyediain susu itu, apotik Rini Rawamangun. Dan hrgnya jg paling murah Krn apotek lain yg menjual pada jual di atas harga itu . Akhirnya tiap mau beli2 obat ato susu khusus, ya di apotek Rini itu. Walopun hrs sabar Krn ruameeee :D

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv