HP Spectre x360 Kapasitas PC Dalam Bentuk Laptop

Laptop terbaru HP Spectre x360.
Foto: Ima

Beberapa hari lalu, laptop HP mengeluarkan edisi terbarunya, yaitu HP Spectre x360. Buat yang suka membuat video, editing, membuat desain dan edit foto, HP Spectre x360 punya kapasitas yang bisa memenuhi kebutuhan para desainer maupun pembuat konten. Kalau dulu, kita akan membutuhkan PC dengan spesifikasi tinggi. Tapi kini untuk profesi designer, youtuber, mapun video editor tak perlu risau, ada gadget yang bisa mengerjakan pekerjaan berat itu di manapun dan kapanpun. Bisa ditenteng kemana-mana, praktis, dan tidak rigid.

Di era media sosial dan percepatan di dalamnya, industri menangkap peluang tersebut sebagai alat komunikasi yang efektif dengan konsumennya. Untuk kebutuhan promosi, jual beli dan perputaran ekonomi lainnya. Sehingga muncul beberapa profesi baru yang bisa mendukung kebutuhan tersebut, seperti content creator (membuat video, caption, desain) dan pengelola media sosial (youtube, blogger, facebook, instagram).

Pola kerja mereka pun kini tidak ngantor atau harus datang setiap hari ke kantor. Mereka bisa mengerjakan dimanapun dan komunikasi dilakukan dengan jarak jauh. Kebutuhan pekerjaan yang mobile dan serba cepat, seringkali dibutuhkan alat-alat yang memfasilitasi pekerjaan mereka. Sehingga alat untuk membuat konten tidak lagi dalam bentuk PC, tapi dibutuhkan alat yang lebih praktis namun mempunyai kemampuan mengolah bahan mentah.

Seperti halnya pembuat konten di Youtube, jangan dikira bahwa membuat konten itu bisa dilakukan sendiri. Untuk Youtuber yang sudah ribuan subscriber, mereka selalu ditunggu tayangan terbarunya. Sehingga berdasarkan prosesnya, Youtuber akhirnya harus melibatkan beberapa personil untuk membuat konten.

Sekarang ini, saya lagi suka browsing youtube dunia perkopian. Menarik! Begitu browsing, banyak sekali pilihan yang bisa kita nikmati dan dapatkan manfaatnya. Kerennya lagi, likes-nya bisa puluhan ribu. Cara tiap orang membawakan menyeduh kopi punya gaya sendiri-sendiri. Ada yang membuat jenis kopi dengan memanfaatkan alat seduh seadanya, hingga menggunakan alat-alat bermerek.

Sebagai penikmat konten, seringkali kita bisa begitu nyaman dan dapat informasinya secara jelas karena mereka mengolah dengan baik. Mulai dari susunan penyampaian, properti, pencahayaan, konsep pembawaan, hingga editing. Nah, saya membayangkan disamping mereka punya kenikmatan sendiri membuat konten yang mereka suka, akan berhadapan dengan masalah teknis editing.

Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat video:

1. Naskah

2. Kamera DLRS, kamera handphone

3. Mic Clip On / Microphone

4. Lampu

5. Tripod

6. Laptop

Buat Youtuber yang masih posting yang sederhana maupun buat latihan, kontennya masih biasa-tidak punya jam tayang, dia bisa menggunakan aplikasi dan edit video via handphone. Lain lagi ketika youtube sudah menjadi media berkarya yang profesional. Dia harus meng-update konten tanpa mengenal waktu dan tempat. Artinya harus punya device yang bisa menampung bahan-bahan mentah, data dan menyimpan hasil editing. Alat editnya juga mesti punya kapasitas yang mumpuni. Selain itu Yang paling mendasari kenapa mengedit konten lebih asik menggunakan software di laptop adalah fitur yang dimiliki software laptop lebih lengkap didesain untuk standar profesional editing.

Suasana lauching laptop HP Spectre x360.
Foto: Ima
Kalau lihat dari spesifikasinya, HP punya kapasitas yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan para pembuat konten youtuber. Secara penampilan, HP x360 cantik banget. Ada dua pilihan warna yaitu Nightfall Balck dengan aksen Copper Luxe dan Natural Silver, disertai desain gem-cut yang hanya diperoleh dengan menggunakan mesin potong CNC aluminium. Agar mengatur kabel lebih baik, jadi posisi port USB pun dimiringkan.

Display layarnya hampir borderless, maksudnya, layarnya hanya memiliki frame yang tipis. Lalu, layarnya tersebut hanya 13,3”, kurang lebih seperti ukuran kertas A4. Bahkan kalau harus kerja di luar rumah, di bawah paparan sinar matahari, layar HP x360 tidak memantulkan bayangan atau anti-reflection karena menggunakan Corning Gorilla Glass NBT.

Kapasitas penyimpanan data pun sangat besar, HP x360 memiliki storage 1TB sama dengan 1000 GB. Ini maksudnya kalau kamu punya satu judul film dengan ukuran 1 GB, maka kamu bisa menyimpan 1000 film dalam laptop ini. Bayangkan, berarti kamu bisa lebih produktif dan leluasa menyimpan file-file besar. 

Tampilan layar HP edisi lama dengan yang terbaru.
Foto: Ima

Lalu ada yang menarik lagi dari laptop ini, saya sendiri punya laptop dengan memory 2GB DDR3 L. Sementara memory HP x360 memiliki kepingan memory 16 GB LPDDR4-3200SDRAM yang tertanam di laptop. Dengan memori seperti itu, bisa mengolah bahan mentah video maupun loading data dengan kecepatan stabil. Untuk laptop yang sudah terinstall aplikasi AdobePremier adalah program editing video yang dikembangkan oleh Adobe Systems, akan mempermudah kita untuk merangkai gambar, video dan audio agar tampilan multimedia lebih menarik. Nah, kalau laptop dengan kemampuan seperti ini tentu akan lebih produktif karena banyak membantu pekerjaan.

Dengan kondisi laptop seperti ini, mereka memperhatikan tingkat keamanan laptop dengan memfasiltasi laptop dengan mic mute key, trusted flatform module support dan fingerprint reader. Jadi data yang ada di laptop hanya bisa dia akses oleh penggunanya.

Untuk jarigan internet, bisa menggunakan WiFi dengan LAN secara bersamaan. Biasanya, kita hanya bisa menggunakan salah satu fasilitas untuk jaringan internet, tapi kalau keduanya nyala, bisa saling support meningkatkan kecepatan jaringan internet.

Seringkali penggunaan laptop terbatas oleh kekuatan batre dari kondisi batre penuh, kemana-mana harus bawa kabel untuk menyambungkan laptop ke sumber listrik. Namun untuk HP terbaru ini, dari dalam keadaan penuh, kamu bisa memanfaatkan pengunaannya tanpa di carge selama 22 jam. Dalam kondisi tertentu laptop dibutuhkan untuk beberapa kegiatan yang memakan waktu cukup lama, namun tanpa bantuan kabel karena riskan dan sebagainya. Seperti menayangkan video maping, multimedia di panggung pertunjukan, mengatur musik dan sebagainya. 

Laptop HP Spectre x360 bisa di lipat ke belakang.
Foto: Ima
Keunikan lain laptop ini bisa flip, maksudnya, selain dilipat ke depan untuk ditutup, layarnya bisa di lipat ke belakang lalu bisa touchscreen pula. Oke, laptop touchscreen itu dambaan semua orang sepertinya, termasuk saya yang kerap terbiasa menyentuh layar sentuh di hanphone. Touchscreen ini sering membantu dalam kecepatan reaksi meindahkan, mengecilkan membesarkan objek pada layar.

Dalam laptop HP x360 sepertinya “daging” semua buat orang-orang kreatif yang biasa berkerja dengan foto, video, desain grafis. Dengan kapasitas yang dimiliki oleh HP terbaru ini, bisa bekerja optimal dan tentu saja bisa menikatkan kualitas hasil kerja dan menambah pekerjaan karena fasilitasnya terpenuhi.

1 Comments

  1. Ini laptop sesuai perkembangan zaman dan profesi. Asyek bener buat para pekerja kreatif

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv