5 Pilihan Karier untuk Lulusan Sastra Inggris yang Bikin Kamu Tajir



Lulusan sastra Inggris hingga kini masih dipandang sebelah mata dibandingkan lulusan di bidang ilmu eksakta. Padahal, jurusan kuliah tersebut tak kalah potensial dibandingkan jurusan lainnya. Bahkan, 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris juga berpotensi menghasilkan gaji besar. Jika kamu kurang tertarik dengan 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris yang akan diulas berikut ini, kamu juga masih bisa memilih bidang karier lain yang prospeknya tak kalah cemerlang.

Ulasan tentang 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris berikut ini pasti bikin jurusan kuliahmu tak diremehkan orang lagi:

Pramugari

Siapa sih yang tak kenal dengan profesi yang satu ini. Pramugari adalah satu dari 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris yang bikin kamu berpeluang mendapatkan gaji besar. Ternyata banyak lulusan sastra Inggris memilih jalan karier sebagai pramugari atau pramugara. Kemampuan bahasa Inggris tersebut membuat kamu jadi calon pramugari yang unggul dari segi komunikasi. Selain kemampuan komunikasi yang baik, seorang pramugari juga harus memiliki penampilan menarik dan karakter yang menyenangkan. Kamu tak perlu ragu meniti karier sebagai pramugari jika kamu menyukain bidang pekerjaan yang berhubungan dengan penerbangan tersebut.

Star Public Relation

Kendala komunikasi sering menimbulkan masalah besar bagi suatu perusahaan. Oleh sebab itu, sebuah perusahaan butuh peran staf public relation sebagai penyambung lidah. Sehingga urusan kerja sama dengan klien bisnis atau proses memikat pelanggan bisa berlangsung dengan mudah. Kemampuan berbahasa Inggris bisa menjadi salah satu faktor yang menjembatani kesalahpahaman. Bila kamu punya kemampuan berbahasa yang baik dan pembawaan yang luwes, kemungkinan besar kamu cocok menekuni pekerjaan sebagai staf public relation. Jangan lupa pula belajar negosiasi demi memperlancar urusan pekerjaanmu.

Freelancer

Di antara 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris, pilihan karier yang satu ini paling cocok buat kamu yang menyukai fleksibilitas waktu kerja. Bila kamu menjadi freelancer, kamu dapat mengatur waktu kerjamu secara leluasa. Ada berbagai bidang pekerjaan freelancer yang cocok ditekuni lulusan sastra Inggris, misalnya penerjemahan, penulisan artikel bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta input data. Apa pun pekerjaan lepas yang kamu tekuni, pastikan bahwa kamu mendapatkan upah yang sesuai dengan kemampuanmu, ya. Jangan mau dibayar terlalu rendah hanya karena alasan butuh uang.

Dosen Bahasa Inggris

Profesi dosen bahasa Inggris cocok bagi kamu yang sudah menyelesaikan S2 dengan jurusan yang linier. Menjadi dosen terbilang lebih fleksibel daripada guru karena mahasiswa tentu sudah lebih mandiri dalam menyelesaikan tugasnya. Kendati demikian, kamu harus tetap rajin memperkaya literasi bahasa Inggrismu. Jangan sampai kemampuanmu malas tersaingi oleh para mahasiswamu. Jika memungkinkan, kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar lepas di beberapa universitas sekaligus.

Jurnalis

Kamu tak harus memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik jika ingin berprofesi sebagai wartawan. Bidang pekerjaan jurnalis justru membuka kesempatan besar bagi lulusan jurusan kuliah lainnya, termasuk jurusan sastra Inggris. Kemampuan bahasa Inggrismu dapat menjadi nilai tambah yang belum tentu dimiliki jurnalis lain karena kamu bisa menulis berita dalam bahasa Inggris. Kesempatan untuk menjadi jurnalis internasional pun akan terbuka lebar kalau kamu punya kemampuan dan passion yang memadai. 



Kalau kamu harus menentukan satu di antara 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris tersebut, manakah yang akan kamu pilih?

Yuk, rencanakan kariermu secara matang supaya kamu bisa meraih kesuksesan di bidang pekerjaan yang kamu sukai. https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-inggris-kepoin-yuk/

0 Comments