10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Ilmu Politik 2020, Mana Incaranmu?

Pekerjaan di bidang politik kini menjanjikan jenjang karier cemerlang dan masa depan cerah. Peluangnya pun sangat besar, bahkan ada lebih dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik tahun 2020. Kalau kamu segera lulus kuliah dalam waktu dekat, kamu wajib memanfaatkan prospek tersebut semaksimal mungkin. Tentukan satu dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik tahun 2020 berikut ini yang paling cocok untukmu. 


Sumber foto: Pixabay

Informasi tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 ini pasti berguna buat kamu yang galau memikirkan karier.

Anggota Legislatif

Kamu tak harus langsung jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menjadi penyambung lidah rakyat. Justru kamu bisa memulainya dengan menjadi anggota legislatif di tingkat bawah terlebih dahulu. Selanjutnya, prestasimu sebagai anggota legislatif akan membawamu ke jenjang karier yang lebih baik karena kamu akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Peneliti di Bidang Pemerintahan

Passion sebagai peneliti tidak cuma bisa diwujudkan di bidang sains. Di antara 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020, peluang kerja ini paling cocok untuk kamu yang suka meneliti. Banyak hal yang bisa diamati dari dinamika politik tanah air karena situasinya senantiasa berubah. Peneliti biasanya bekerja sama dengan universitas atau lembaga independen dengan tujuan non-politis tertentu.

Dosen Ilmu Politik

Apakah kamu suka mengajar?

Jika suka, berarti kamu cocok berkarier sebagai dosen ilmu politik. Agar bisa menekuni pilihan karier ini, kamu harus menempuh pendidikan minimal S2. Dosen politik berkesempatan berbagi passion dengan para mahasiswanya dan terus mempelajari update situasi yang tengah terjadi di Indonesia maupun di dunia.

Jurnalis Politik

Passion di bidang politik bisa bermacam-macam meskipun mempelajari ilmu yang sama. Bila kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka melakukan investasi, profesi jurnalis politik adalah pilihan terbaik. Jika kamu berhasil menjadi jurnalis senior ternama, kamu berkesempatan bertemu dengan tokoh-tokoh politik hebat di dalam dan luar negeri. Kesempatan untuk mempelajari banyak hal tentang ilmu politik pun akan terus bertambah.

Staf Lembaga Survei Politik
Passion di bidang ilmu politik juga bisa diwujudkan dengan bekerja sebagai staf lembaga survei politik. Melalui pekerjaan yang satu ini, kamu berkesempatan belajar tentang berbagai metode analisis politik dan perkembangannya. Riset-riset politik modern tentu harus dipadukan dengan teknologi canggih berbasis digital.

Konsultan Politik
Profesi konsultan politik tidak hanya penting bagi instansi pemerintahan atau badan intelijen negara. Lebih dari itu, cakupan konsultan politik tentu sangat luas, mulai dari perusahaan profit, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga lembaga tingkat internasional. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis politik ini membuatmu berkesempatan mendapatkan gaji besar.

Pengamat Politik

Peran pengamat politik kini semakin besar untuk memberikan pandangan netral terhadap dinamika politik di tanah air. Jika kamu menekuni profesi ini, kamu harus bertindak netral dan mampu melakukan analisis politik secara akurat. Sehingga pendapatmu tidak bersifat tendensius demi kelompok tertentu.

Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Idealisme di bidang politik juga membuatmu cocok menekuni pekerjaan sebagai aktivis LSM. Sebaiknya kamu memilih LSM yang fokus kepada kepentingan masyarakat tanpa maksud politis tertentu. Dengan demikian, niat baik untuk mendukung kepentingan masyarakat pun akan lebih mudah dipenuhi. Kamu pun tak akan terbebani saat menjalani pekerjaan yang satu ini.

Staf Public Relation

Pilihan 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 tak hanya identik dengan instansi pemerintahan. Kalau kamu menginginkan pekerjaan lain, kamu juga bisa menekuni pekerjaan di bidang public relation. Gunakan kemampuanmu untuk menyampaikan maksud perusahaan kepada pihak lain seperti klien bisnis atau target pasar (masyarakat). Bentuk komunikasi yang tepat akan membantu mewujudkan tujuan perusahaan secara mulus.

Wiraswasta

Ilmu politik yang telah kamu pelajari selama kuliah nyatanya juga bisa diaplikasikan di dunia usaha. Jika kamu punya minat besar terhadap dunia usaha, sebaiknya kamu merintis bisnis secara mandiri. Nanti, kamu bisa menerapkan ilmu politik untuk urusan negosiasi dan siasat marketing bisnis. Sehingga omzet bisnismu akan meningkat dan memenangkan persaingan pasar yang ketat.

Selain 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu politik 2020 tersebut, sebenarnya masih banyak peluang lainnya yang cocok dengan latar belakang pendidikanmu. Apa pun bidang karier yang kamu pilih, pastikan bahwa kamu menjalaninya dengan konsisten agar jenjang kariermu jelas dan terus menanjak. https://www.cekaja.com/info/deretan-pekerjaan-jurusan-ilmu-politik-dengan-gaji-diatas-rp-3-juta/

0 komentar:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv