Temu Komunitas Emak Blogger Bareng Sisternet di Crowne Plaza Hotel Bandung



18 Agustus 2019 kemarin, saya dan teman-teman anggota Komunitas Emak Blogger (KEB) Bandung dapat kesempatan kumpul komunitas bareng di acara Arisan Ilmu. Program Arisan Ilmu yang digarap KEB kali ini berlangsung di Crowne Plaza Hotel Bandung yang letaknya di Jalan Lembong. Saya mau sedikit cerita tentang pengalaman mengais ilmu dari Vlogger keren dan selayang pandang tentang tempatnya yang bagus. Banget.

Saya suka sekali dengan pemilihan tempat acara yang dipilih oleh pengurus KEB. Tepatnya kejutan banget buat saya yang biasa nongkrong pagi-pagi di lontong sayur Padang di Dipati Ukur. Selaian dapat ilmu, saya dapat pengalaman menikmati ruang temu dan layanan dari Crowne Plaza Hotel. Begitu masuk ke hotel ini, saya ngerasa spesial sekali. Wangi hotel yang khas, bersih, interior mewah dan indah memberi suasana hati yang menyenangkan.



Selain suasana interior yang membangun suasana hati jadi adem, pelayanan hotel juga membuat saya tidak canggung. Meski sebelum masuk hotel, saya harus melewati mesin metal detector barang bawaan. Beres melewati pintu itu, saya diarahkan menuju posisi lift berikut dibantu tekankan tombol lantai tempat acara yang akan saya tuju.

Suasana hari itu segar sekali, selain cuaca cerah kami menggunakan pakaian warna pink. Buat saya agak kagok menggunakan baju pink, kalau kerudung warna pink saya masih pakai begitupun baju warna peach. Begitu lihat pantulan saya di dinding lift, saya sempat ngerasa pangling sama diri sendiri,eh, ternyata, saya cocok juga pakai baju warna soft ini. Hehe... (nada narsis). 



Hotel bisnis mewah bintang 5 ini tidak hanya terasa di lantai dasar, tapi begitu sampai di lokasi acara saya dapat suasana yang berbeda. Begitu tiba di lantai 6, ternyata tempat berlangsungnya acara Arisan Ilmu KEB dengan Sisternet ini semi outdoor.

Di lantai itu ada kolam renang, kursi-kursi lucu, lantai marmer, sebagian lain yang dekat kolam renang ada lantai kayu dan pohon merambat. Di bagian lain ada Kids Zone yang keren dan asik bikin anak-anak betah dan terpancing kreativitasnya. Di sisi lain ada tempat barbeque dan cafee tempat kami kumpul.

Saya membayangkan, kalau suatu hari menginap di Crowne Plaza Hotel, bakal asik banget. Memanjakan pengunjung yang bisa melakukan bisnis sekaligus istrahat bersama di hotel itu tanpa perlu cari tempat yang lain. Misalnya, sebelum anak-anak berenang, bisa main di kids zone dulu lalu berenang. Sambil nunggu anak-anak bermain, kita bisa menikmati barbeque daging, sosis dan sajian lain. Bisa santai-santai sambil baca dan ngemil-ngemil. Liburan tengah kota yang menghasilkan hormon endorfin banget ini.



Lalu mata saya diberi pemandangan yang luas sekali, mungkin di lantai itu serasa berada di atas awan. Langit terasa begitu dekat, awan-awan putih bertumpukan, sesekali ada burung kecil serupa titik-titik hitam beterbangan diatara bangunan. Ah, kotaku. Bandungku. Jiwaku.



Energi Positifnya Dapet Banget

Acara kemarin menarik sekali, kami anggota KEB mendapat fasilitas tempat bagus dan makanan lezat. Mengais ilmu Vlog jadi tidak rudet tapi terasa asik dan nyaman. Di lantai 6, kami perempuan-perempuan Blogger dengan baju pink berkumpul.

Cukup banyak teman-teman yang sudah saya kenal secara online maupun offline. Sehingga tak canggung lagi, enak dan nyaman berbincang-bincang sambil menikmati sajian khas Crowne Plaza Hotel. 



Teman ngobrol kami banyak sekali, mulai dari kopi, jus apel, kue-kue dengan bentuk lucu imut dan enak. Ada pula roti, pancake, coco crunch, waffle plus ice cream, seperti sajian khas breakfast ala hotel. Menikmati sajian ini, semacam, berasa rehat dari rutinitas dan kewajiban sehari-hari. Obrolan pun mengular di seputar makanan, icip-icip kopi dan kesehatan.



Arisan Ilmu KEB

Keputusan saya datang ke acara Arisan Ilmu kemaren bikin pandangan terhadap dunia digital bertambah. Ini semua tentang bagaimana mengeksekusi ide, mengolah kreatifitas dalam menghasilkan karya digital, dalam hal ini video untuk di upload di media sosial seperti youtube. 



Saya sendiri selalu senang kalau dapat undangan seperti ini. Selain dapat ilmu perkembangan zaman digital, juga bisa ketemu dengan blogger lain yang mempunyai frekuensi “persoalan” yang mirip-mirip. Mulai dari mengatur waktu menulis dengan mengerjakan tanggung jawab beres-beres, masak, mengurus anak-anak hingga mengembangkan ide menulis dalam berbagai media. Sehingga dengan adanya pertemuan langsung itu ada energi positif, intensitas menulis, dan kadang obrolan jadi seputar masalah pribadi.

Rupanya, Arisan Ilmu ini sudah keliling ke beberapa kota. Bandung merupakan kota ke-5 yang dikunjungi oleh para pengurus KEB dan bekerjasama dengan pengurus KEB masing-masing kota. Di Bandung, ada Efi Fitriyah, Nchie Hanie dan Alaika Abdulah yang garap acara ini. 



Alasan saya daftar ke acara ini karena tema yang diangkat menarik, yaitu Optimasi Media Sosial Dengan Vlog dengan nara sumber Yasinta Astuti. Dia pengelola akun Keponih yang subscribernya udah buanyak banget dengan pengaruh tinggi.

Kebetulan saya lagi merasa asik ambil-ambil video pakai hape untuk digabung-gabung dan jadi rangkaian video 1 menit. Inginnya bikin video terus menerus sampai makin layak, asik dinikmati oleh orang-orang dan maunya (aaamiiin) bisa menghasilkan rezeki. 

Kemaren-kemaren sempat terpicu bikin video lagi karena dengar free music archive di sebuah website. Lalu bermunculan visual-visual di kepala. Musik-musik itu sangat menginspirasi dan menyentuh hati saya. Kebanyakan musik-musik indie, unik dan memberi energi berbeda-beda. Begitu mendengar satu musik, terbayang visual kota, bayangan, suasana alam dikemas jadi sebuah satu karya video art.

Sampai akhirnya tergerak juga membuat video art dari alat yang saya punya, yakni, HANDPHONE. Editnya pun menggunakan yang tersedia di playstore. Ya, hasilnya karyanya berupa visual keseharian, sederhana, terdekat disekitar kita. Pergerakan di sekitar di rekam, edit dikit dan beri musik yang keren. Sampai akhirnya saya coba bikin video saat nunggu antrian BPJS dan dokter di Rumah Sakit Santosa. Hasilnya seperti ini: 



Banyak yang diungkapkan oleh Yasinta tentang bagaimana proses kreatif dia dalam berkarya. Buat saya yang tidak mendalami membuat video, penuturannya memberi catatan panjang buat saya. Dari alat-alat sederhana, teknis pengambilan suara, aplikasi yang digunakan hingga bagaimana mengumpuplkan ide dan mengeksekusinya secara konsisten. Energi saya begitu mengumpul. Bahagia sekali bisa dapat tips dan bagaimana membuat video yang enak dinikmati oleh orang-orang dan mendapat banyak subscriber. 




Inilah enaknya masuk ke dalam komunitas yang punya satu frekuensi. Saya suka mendapatkan ilmu-ilmu baru dari orang-orang di dalam komunitas itu sendiri. Memicu diri jadi mau belajar lagi, mencoba lagi, pas semangat lagi drop suka dapat energi tambahan dari teman yang suka berbagi. Sekalipun pekerjaan saya kebanyakann interaksi di dunia online, tapi bersentuhan secara langsung itu perlu. Ada proses yang berbeda kalau belajar langsung. Itulah saya percaya, bahwa ilmu manusia hanya setetes ditengah lautan yang luas.

0 Comments