Memelihara Tubuh dan Semangat Berkarya Bagi Freelance

 


Senang sekali sekarang ini situasi pandemi berangsur pulih.  Aktivitas perdagangan, keagamaan, sekolah, traveling, bioskop, pameran seni rupa, transportasi umum hingga aktivitas lain perlahan bangkit.  Setiap orang bebenah dan kembali bersinar setelah sekian lama hibernasi karena keadaan. 

Pada masa hibernasi seperti ini, setiap orang seperti diberi waktu untuk memperbaiki dan memelihara dengan cara sendiri.  Dalam keadaan sempit kita diajak terus berfikir kreatif, memahami diri dan merawat dirinya.  Salah satunya dengan merawat semangat dalam keadaan tidak menentu dan tidak pasti.  Semangat untuk terus merawat diri, baik merawat tubuh maupun merawat mental.  

Merawat tubuh kita bisa melakukan dengan olah raga, asupan makan sehat, minum air bening, lingkungan bersih dan rajin menggunakan 3 serangkai Scarlett yaitu rangkaian Body Care Scarlett yang bisa memenuhi kebutuhan itu, diantaranya body scrub, brightening shower scrub dan fragrance brightening body lotion.  



Sementara itu, banyak cara untuk merawat mental, dengan melakukan berbagai aktivitas yang kamu suka seperti membaca buku, merapikan ibadah, membuat karya, menanam pohon, berdaya untuk orang lain, berdiskusi dengan orang-orang yang tepat, kembali melakukan hobi yang kamu tinggalkan dan banyak lagi.

Selama ini saya banyak melakukan aktivitas di rumah, meski begitu pola kegiatan sehari-hari tetap dijalankan seperti waktu seorang pekerja.  Siang memaksimalkan waktu bekerja, malam dimaksimalkan untuk istirahat.  Ada waktunya untuk diri sendiri, orang lain dan Tuhan.  Karena dulu saya pernah bekerja di tempat orang lain dengan jam kantor, jadi saya membawa rutinitas itu keseharian di rumah.  

Kami mengelola rumah tidak hanya tempat istirahat, tapi kami membuat satu ruang untuk tempat bekerja.  Sebuah ruang tamu kami sulap menjadi sebuah studio gambar, tempat menulis, tempat menyimpan koleksi buku juga belajar anak-anak.  Meski sering banyak “bolongnya”, kami terus berusaha disiplin menjalankan satu per satu what to do list.  To do list dibuat detil, karena saya pelupa berat.  Kalau tidak ada list harian, wah! bisa bubar jalan.  

Aktivitas  harian tetap dijalankan biasa mulai dari bangun subuh, shalat, mandi pagi menggunakan Brightening Shower Scrub Scarlett, menyiapkan makan pagi, beres-beres rumah, lanjut antar jemput anak sekolah, menemani anak-anak belajar dan mengerjakan beberapa pekerjaan prioritas lainnya.

Bekerja jadi seorang freelance, kunci semangat itu dari mandi pagi, badan segar, rumah bersih dan sarapan.  Bahkan saya sering lebih nyaman menggunakan pakaian yang pantas tapi rileks agar membawa diri tetap disiplin dan membuat aktivitas harian bisa berjalan dengan baik.  Karena namanya bekerja freelance kesulitanya adalah mengelola diri sendiri, banyak menunda dan banyak permisifnya.  Jadi betul-betul harus buat time schedule sendiri, menciptakan hari-hari sesuai kemampuan dan patuh pada jadwal harian yang kita buat sendiri.    

Jadi setiap hari saya selalu mandi pagi agar badan segar, wangi dan menggunakan pakaian bersih.  Memulai hari dengan mandi, sarapan dan bebersih rumah dapat mengelola mood kita jadi enak dan siap untuk melakukan jadwal harian seperti orang-orang pekerja pada umumnya.  Kalau tidak patuh, maka semua akan berantakan.  

Dengan bertambah usia, tanggung jawab pun bertambah.  Semakin disadari saya harus mengelola waktu dengan efektif mungkin.  Karena tanggung jawab saya tidak pada diri sendiri saja, tentu tanggung jawab memelihara keluarga dan lingkungan terdekat.  


Dengan bertambahnya tanggung jawab, perlu disadari ada 3 unsur penting yang harus dipelihara, yaitu pikiran, hati dan tubuh.  Mengelola tiga unsur ini, kita akan merasakan rasa syukur pada setiap detil hidup diri pada hari ini, kemarin dan masa depan.  Setiap orang punya cara masing-masing untuk menyeimbangkan dirinya.  

Selama ini saya cukup merawat tubuh dengan sabun mandi dan menggunakan body lotion setelahnya.  Sekarang jadi lebih peduli untuk menambah perawatan dengan body scrub scarlett karena kondisi kulit kita pada usia 40 berbeda dari 20 tahun lalu.  Diakibatkan tingkat stress, beban yang bertambah dan metabolisme tubuh yang melambat.  

Awalnya mencium wanginya saja hati lebih enak, apalagi kalau digunakan.  Jadi saya pakai Body Scrub Scarlett sebanyak 2x seminggu, untuk membantu melancarkan peredaran aliran darah, mengangkat sel-sel kulit yang mati, menjaga kelembapan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks untuk mengurangi tingkat stess pada diri.  

Hal ini bisa memberi efek baik, karena Shower Scrub Scarlett mengandung Glutathione, Vitamin E dan Collagen yang memberi banyak manfaat.  Sehingga tidak heran kandungan di dalam shower scrub ini membuat kulit lembab, warna kulit menjadi merata, memperlambat penuaan dan mencerahkan kulit tubuh karena sel-sel kulit mati terangkat, sehingga kulit jadi halus setelah eksfoliasi.   

Untuk Shower Scrub dan Body Lotion Scarlett saya pilih wangi Jolly, sementara Body Scrub Scarlett saya pilih wangi Coffee.  Saya penikmat kopi, setiap pagi dan sore saya seduh kopi agar semangat dan vibes-nya positif dalam mengerjakan apapun.  Jadi saya gunakan Body Scrub Coffee juga agar bisa dapat kenyamanan secara menyeluruh.  

Balik lagi, mengambil keputusan menjadi seorang freelance adalah keputusan yang harus diambil karena situasi.  Tanggung jawab utama saya adalah memelihara pertumbuhan anak-anak.  Agar hati dan pikiran diri tetap terpelihara, saya mengambil keputusan untuk mendalami bidang menulis.  Menulis buat saya sebuah bidang yang menarik, selain bisa terus belajar dari orang lain, kita bisa mengeluarkan opini terhadap situasi yang ada.  Ya, tentu akan dihadapkan pada pro kontra sikap pembaca.  

Meski tersendat-sendat, saya jalani secara perlahan, sambil terus meraba mental, kemampuan diri dan mendengarkan kesehatan tubuh sambil terus memupuk diri agar terus berkarya sesuai jalur yang kita kuasai. 

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv