Bimbingan Belajar Online Jadi Solusi di Tengah Pandemi



Pandemi virus corona mengubah segala pola dan gaya hidup.  Sambil menunggu para ahli medis dan pemerintah mengatasi virus corona, akhirnya setiap aktivitas yang membuat kita berkumpul dan menimbulkan kerumunan jadi terhenti.  Tidak terkecuali aktivitas belajar mengajar di sekolah tingkat SD, SMP, SMA, perkuliahan.  Meski begitu setiap lembaga pendidikan selalu mencari cara agar proses pendidikan tetap berjalan termasuk solusi bimbel online, agar anak-anak tetap mendapatkan pengajaran yang sesuai.  


Fenomena Belajar Online

Awalnya kita semua berharap situasi hanya sebentar dapat segera teratasi, karena memang tidak mudah beradaptasi “bertemu” secara online.  Ternyata jangka waktu pandemi terjadi begitu lama, sehingga proses belajar mengajar online yang tadinya membingungkan justru menjadi habit di tengah masyarakat kita. 

Meski begitu, habit baru ini bukan berarti tanpa diawali oleh persoalan.  Akibat dari pembelajaran jarak jauh, muncul berbagai masalah lain, seperti keterbatasan komunikasi saat beberapa pelajaran harus dilakukan secara tatap muka, keterbatasan guru menjelaskan hingga anak-anak yang sulit konsentrasi ketika mendapat pelajaran secara online dan ada persoalan lain yaitu orang tua yang harus membimbing belajar langsung anak-anaknya di tengah situasi yang serba terbatas.  Tidak semua pengajar dan orang tua mampu melakukan bimbingan belajar online melalui medium baru ini.   



Kesulitan atau kebingungan dalam menemani belajar, banyak dialami guru dan orang tua sekarang.  Tentu kita sering mendengar kalau orang tua mengalami kebingungan mengajarkan kembali pelajaran yang disampaikan guru.  Di beberapa sekolah, guru-guru hanya memberi instruksi untuk membaca teori pada halaman tertentu dan siswa diberi tugas untuk mengerjakan latihan soal.  Selebihnya yang mengulik, proses ajar mengajar sepenuhnya jadi tanggung jawab orang tuanya.  

Seperti yang kita tahu, kemampuan orang tua berbeda-beda dalam mengajarkan kembali pelajaran.  Beberapa orang tua mengaku kesulitan menjelaskan meskipun dia memahami materinya.  Hanya saja sering mengalami kesulitan cara menyampaikan yang tepat kepada anaknya agar anak mudah memahami pelajaran tersebut.  

Seringkali komunikasi orang tua saat mengajarkan anak mata pelajaran tidak mudah diterima oleh anaknya.   Ditambah berbagai persoalan disebabkan pandemic, ternyata banyak mempengaruhi mental parenting keluarga baik positif maupun negatif.  Beda ketika guru ahli yang menerangkan, anak-anak akan lebih mudah menerima dan mengerti. 

Faktor keterbatasan orang tua dalam membimbing anaknya sekolah serba online sering jadi persoalan.  Fenomena di tengah masyarakat sekarang ini menggulung seperti bola salju.  Situasi pandemic ini sudah cukup menekan, mulai dari masalah ekonomi, orang tua yang dipecat, usaha gulung tikar, cemas khawatir tertular virus.  Kepala terasa begitu penuh.  Ketika orang tua mendapat tanggung jawab penuh mengajarkan mata pelajaran, tidak hanya anaknya yang tertekan, orang tua pun mengalami mental yang sama.  Sehingga bisa jadi alasan ini yang membuat berbagai kejadian yang tidak mesti ditanggung anak-anak, seperti mendapat kekerasan kata-kata bahkan kekerasan fisik.  

Tak hanya itu, ada saja jalan pintas dilakukan orang tua ditengah kebingungannya, seperti mengerjakan tugas anaknya, tapi ada juga orang tua yang menyerah lalu tidak mengirimkan tugas sama sekali.  Oleh karena itu, ada bagusnya  orang tua memanfaatkan fasilitas bimbingan belajar online terbaik. Karena dengan adanya bimbingan belajar online, siswa akan banyak terbantu lebih memahami pelajaran dari para ahli professional.


Era Bimbingan Belajar Secara Online

Rupanya, ditengah kesulitan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat masyarakat makin kreatif bahkan lebih terbuka dan cair dalam penggunaan aplikasi belajar secara online, seperti Google Classroom dan Zoom.  Siswa-siswa mulai bisa mendapatkan fasilitas bimbingan belajar online dari bimbel online terbaik meski beda kota.  




Akhir tahun 2021 akhirnya Dinas Pendidikan mulai mencoba melakukan sekolah tatap muka secara bertahap, dengan waktu yang terbatas dan protokol kesehatan ketat.  Meski sudah tatap muka, banyak pelajaran yang disampaikan dengan waktu yang terbatas, jadi tetap saja pendalaman materi dilakukan di rumah.  Terlebih tahun 2022 siswa-siswa sekolah SD, SMP dan SMA dihadapkan pada banyak ujian kenaikan kelas.  

Anak-anak perlu dibantu memahami materi sekolah dengan mendapatkan bimbingan belajar online.  Seperti yang dilakukan oleh Sinotif Indonesia , mereka memberi solusi pada situasi sekarang ini dengan membantu siswa memahami materi tuntutan di sekolahnya.  Caranya metode belajar disesuaikan dengan kondisi siswa serta target belajar/hasil yang ingin dicapai siswa.  

Seperti yang kita tahu, jenis sekolah ada beberapa jenis diantaranya sekolah nasional dan internasional.  Sinotif Indonesia mempersiapkan tenaga ahli untuk membantu siswa-siswa dari kedua jenis ini.  Mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA atau usia 6-19 tahun dengan kurikulum kurikulum yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa.    

Masyarakat semakin merasa bahwa media online menjadi medium yang menarik untuk dimanfaatkan berbagai aktivitas.  Para siswa sekarang akhirnya banyak mencari bimbingan belajar online agar mendapatkan tambahan waktu belajar dan pembelajaran dari para ahli tanpa perlu keluar rumah.  Ya, konsep bimbingan belajar online yang diselenggarakan Sinotif Indonesia ini unik, karena membuat para siswa belajar online terasa seperti tatap muka.  


Jadi maksudnya, meskipun dilakukan secara online, kamu bisa merasakan konsep belajar secara live dan interaktif, tatap muka 2 arah, dimana guru dan siswa aktif dalam belajar mengajar.  Pengajaran Sinotif Learning Method ini disukai oleh siswa karena rasa dan kualitas pengajaran yang sama dengan belajar offline.




Tidak semua pengajar mempunyai kemampuan mengajar online.  Karena upaya mengajar online dan tatap muka berbeda.  Pengajar Sinotif mempunyai keunggulan mengajarkan pelajaran secara online, mempunyai kepiawaian mengajar secara asik sehingga tetap terasa tatap muka.  Sehingga upaya tersebut mampu membuat siswa semangat dan tetap berminat untuk menguasai pelajaran.  

Bimbel online live interaktif ini punya beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Metode yang digunakan sistematis dan fokus pada kebutuhan siswa, tuntutan sekolahnya dan target belajar yang ingin dicapai.

  2. Cocok untuk anak milenial.

  3. Orang tua hemat waktu, tidak perlu mengantar di tengah kemacetan.

  4. Siswa hemat waktu, bisa les yang lain atau melakukan tugas yang lain.

  5. Efektif fokus pada pembelajaran.

Karena terbatasnya waktu pembelajaran tatap muka di sekolah, persoalan pemahaman materi yang terbatas oleh waktu pun dirasakan oleh orang tua dan siswa.  Banyak orang tua merasa bahwa anak-anaknya tetap membutuhkan bantuan bimbingan belajar online terbaik, apalagi berkaitan dengan pelajaran eksakta yang harus dipelajari siswa di sekolahnya, diantaranya matematika, fisika dan kimia.  

Selama ini orang tua kesulitan mendampingi anak-anaknya mempelajari 3 mata pelajaran ini.  Makin tinggi tingkat sekolah tentu saja tingkat kerumitan pelajarannya makin bertambah.  Dalam mempelajari eksakta ini perlu bimbingan orang-orang ahli dan berpengalaman.  Oleh karena itu, ada beberapa pilihan paket belajar online yang ditawarkan oleh Sinotif Indonesia, diantaranya:

  • Paket Privat, siswa hanya 1 orang

  • Paket Semi Privat, siswanya hanya terdiri dari 2-5 orang saja

  • Paket Klasikal, siswa terdiri dari 6-15 siwa

Untuk paket Privat dan Semi Privat siswa dapat materi sesuai kebutuhan, ada tes kemampuan setiap bab, siswa bisa memilih jadwal.  Berbeda dengan Paket Klasikal, materi ditentukan oleh guru, tes penguasaan tiap bab dan siswa mengikuti jadwal yang ada.

Oleh karena itu, masalah-masalah pembelajaran sering muncul, mulai dari pemahaman materi, PR hingga persiapan ulangan harian.  Les Online cocok untuk belajar anak-anak milenial, sehingga bisa lebih siap untuk:

  • Membantu memahami materi untuk berbagai kebutuhan ulangan harian (class or monthly test), ulangan tengah semester (mid semester assessment), ulangan umum kenaikan kelas (final examination or assessment).

  • International school exams preparation: O level, IGCSE, A level, As level, IB diploma SL/HL.

  • Persiapan tes masuk sekolah dan universitas, dalam negeri maupun luar negeri.

  • College, foundation or University Preparation.

  • Semua les mengajar online mengajar dan membantu siswa sesuai apa yang dibutuhkan.

Jadi, situasi pandemi ini mengajarkan habit baru, kita seolah diajarkan untuk tetap kreatif, menciptakan kebiasaan baru dan membuka peluang lain.  Awalnya membuat beberapa kegiatan langsung terbatas, namun menciptakan metode belajar online yang menyenangkan, efektif waktu dan lebih nyaman untuk konsultasi tak terbatas oleh jarak. Secara langsung, kita pun akhirnya tetap dapat mengupayakan fasilitas terbaik sehingga kemampuan anak-anak tetap terasah sesuai kapasitas dan menjadi manusia unggul.   


0 komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv