Solusi Alergi Si Kecil Agar Tetap Berprestasi



World Allergy Week

Saya baru tahu bahwa bulan Juni ini ada program dunia yang meningkatkan perhatian kita akan kesehatan tumbuh kembang Si Kecil. Semua berawal dari meningkatnya populasi anak yang terpapar alergi. Rupanya kondisi ini tidak boleh dianggap sepele lho, karena kalau keluhan itu muncul akan menghambat prestasi mereka. 




Nah, program itu namanya World Allergy Week merupakan program tahunan diinisiasi oleh World Allergy Organization (WAO). Banyak pihak mendukung penuh upaya ini, agar kehidupan Si Kecil dapat tumbuh kembang secara optimal dan berprestasi. Salah satunya dilakukan oleh Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals, kerap ikut serta memberi perhatian khusus pada masalah alergi ini.



Morinaga memiliki kesadaran penuh untuk mengantisipasi dan mengelola kondisi tersebut, Si Kecil harus dipersiapkan dalam menghadapi kehidupan yang kompleks. Mulai dari menghadapi perubahan cuaca yang tak menentu sampai meningkatnya dinamika pendidikan dan sosial. Sehingga dia harus tangguh dari berbagai aspek, baik dari sisi kesehatan tubuh maupun keluasan pengetahuan dan kecerdasan mental.

Tumbuh kembang Si Kecil kerap terhambat jika mereka terkena alergi. Di lingkungan saya, saking-dianggap-biasa anak sakit yang disebabkan alegi, seolah-olah alergi menjadi persoalan yang normal. Sehingga kebanyakan orang tua kurang memberi perhatian khusus atau bisa jadi bingung (atau tidak tahu) cara menanganinya.

Keluhan anak alergi ini beragam, ada yang gatal-gatal, faktor pernafasan yang terganggu, batuk, pilek, sesak nafas. Apabila masalah ini muncul akan berpengaruh pada prestasi Si Kecil. Padahal siapapun mengakui semua orangtua punya harapan yang sama yaitu Si Kecil tumbuh kembang optimal dan sehat. Bahagia rasanya jika mereka ceria, kreatif, cerdas menangkap berbagai objek sekitar dan bagaimana anak-anak dapat merespons lingkungan dengan baik.

Sehingga setiap orangtua kerap mencari cara dalam memfasilitasi Si Kecil yang kena alergi agar tetap tumbuh kembannya optimal dan tetap berprestasi. Segala hal diperhatikan, mulai dari menganalisa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, pengolahan motorik kasar-halus hingga pendidikan karakter. Hanya sering terhambat masalah informasi dan ekonomi.



Morinaga Do

Kondisi dan harapan orangtua ini tertangkap oleh Morinaga dengan melakukan langkah edukasi tahunan ke masyarakat dengan cara menyelenggarakan program #BekalPrestasi. Upaya mengoptimalkan program tahunan ini dilakukan secara aktif dan masif agar pesan dari program World Allergy Week bisa sampai ke masyarakat. 





Berikut rangkaian acara yang diadakan oleh Morinaga, diantaranya:

- Edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alegi di berbagai kota besar di Indonesia.

- Kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER.

- Penyediaan asuransi pendidikan anak.

- Penyediaan asuransi jiwa untuk orangtua.

- Inovasi produk berupa varian terbaru dari Chil Kid Soya rasa madu.

“Dukungan penuh dari Morinaga dalam program #BekalPrestasi ini diharapkan bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualitas terbaik dirinya,” jelas Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.



Rangkaian upaya yang menarik dan bagus untuk direspons positif oleh kita, agar bisa menerapkan satu persatu perbaikan dalam merawat dan mendukung kehidupan Si Kecil untuk mencapai cita-citanya.



Solusi Alergi Si Kecil

Saya mau cerita sedikit tentang keluhan anak teman saya di tahun-tahun pertamanya. Dia-anaknya-tidak dapat mengonsumsi susu sapi. Anak teman saya 6 bulan pertama ASI ekslusif, lalu begitu mulai MPASI (makanan pendamping ASI) ditambah dengan susu sapi untuk mengoptimalkan zat gizinya. Sayangnya begitu dia meminum susu sapi tak lama kemudian diare. Beda kasus dengan anak saya, begitu bangun pagi dia kerap bersin-bersin di pagi hari sekalipun sudah menggunakan baju hangat dan selimut. Apalagi kalau udara pagi dingin sekali. Tapi begitu siang, agak panas, keluhan bersin-bersin itu hilang dengan sendirinya. Selidik punya selidik kedua hal ini tanda-tanda Si Kecil kena alergi.

Tanda-tanda keluhan alergi yang harus diperhatikan orangtua pada Si Kecil itu rupanya ada berbagai jenis. Tanda-tanda keluhan alergi itu diantaranya gangguan pernafasan, gangguan pencernaan dan gangguan pada kulit.

Jadi alergi itu adalah gangguan hipersensitif pada kekebalan tubuh, dimana tubuh bereaksi berlebihan pada faktor pemicunya (lingkungan, makanan, obat, debu, serbuk bunga, hewan, dll). Dengan begitu ada beberapa makanan dan minuman yang diindikasi dapat reaksi berlebih oleh tubuh Si Kecil jika mengonsumsinya. 
 
Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu alergi itu ada 8 jenis, antara lain, susu sapi, telur, ikan, gandum, kacang tanah, kacang kedelai serta kacang pohon. Sementara itu di masa pertumbuhannya mereka membutuhkan berbagai asupan zat gizi, karena kurangnya asupan MPASI sehingga Si Kecil berat badannya kecil. Sebagai orangtua tentu informasi ini menimbulkan dilematis.

Tapi jangan khawatir, dokter anak ahli alergi menjelaskan bahwa pada dasarnya alergi itu dapat diatasi sekalipun alergi yang berdasarkan keturunan (dari orangtuanya). Sehingga kita dapat mengantisipasi, mencegah dan mendapatkan solusi bagaimana Si Kecil tetap dapat tumbuh optimal dan berprestasi.

Untuk mengantisipasi asupan Si Kecil yang kekurangan zat gizi disebabkan alergi, Si Kecil dapat mengonsumsi Morinaga Chil Kid Soya. Momen Morinaga Allergy Week 2019 mengeluarkan rasa madu sehingga memberi manfaat yang lebih. Si Kecil dapat mengonsumsi Chil Kid Soya rasa madu jika tidak dapat manfaat susu sapi dan berbagai jenis makanan lain yang menimbulkan alergi. Chil Kid Soya rasa madu ini selain rasanya nikmat, madu yang ada di dalam kandungan Chil Kid Soya membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh anak dan melawan sumber alergi atau histamin karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. 



“Hasil survey terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak yang alergi susu sapi, menunjukkan bahwa 100% Bunda SETUJU Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul, berdasarkan hasil survey Home Tester tahun 2018. Artinya, Chil Kid Soya sesuai untuk dikonsumsi Si Kecil yang alergi dan memiliki nutrisi yang diperkaya, setara dengan kebaikan susu sapi untuk tumbuh kembang Si Kecil. Kini hadirnya varian madu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan Si Kecil terhadap variasi rasa,” ungkap Helly Oktaviana, Group Business Unit Head Nutrition for Kids Kalbe Nutritionals.



Alergi Tetap Berprestasi

Sekarang ini pendidikan anak sangat penting mengingat perkembangan dan inovasi ilmuu pengetahuan yang bergerak dinamis. Setiap negara memiliki strategi sendiri untuk memperkokoh dan menyiapkan fisik maupun mental anak-anak bangsanya. Upaya ini tentu tak hanya dilakukan oleh orangtua, tapi butuh dukungan dari berbagai lingkungan.

Rupanya Morinaga tak hanya dari sisi nutrisi, Morinaga bekerja sama dengan Astra Life menyiapkan dana pendidikan, suransi jiwa dan voucher belanja untuk 3 orang pemenang mingguan selama periode berlangsung. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi anak alergi agar tetap berprestasi dengan mendapatkan bekal finansial untuk pendidikan yang optimal.

Berikut rincian dana yang dipersiapkan untuk dukung prestasi Si Kecil:

1. Dana Persiapan Pendidikan dari Astra Life senilai total Rp 500.000.000,- untuk 5 orang pemenang

2. Dana Asuransi Jiwa senilai total 1 Miliar rupiah untuk 2.000 pemenang

3. Voucher Belanja masing-masing 200.000* rupiah untuk 3 orang pemenang mingguan selama periode program berlangsung.

Cara dan informasi lengkap bisa diperoleh di supermarket, hypermarket dan website Morinaga Allergy Week yaitu www.cekalergi.com/BekalPrestasi. Tak perlu khawatir, program ini tak hanya di satu daerah saja tapi berlaku buat kita yang tinggal di Indonesia. Sehingga upaya ini dapat diperoleh manfaatnya oleh banyak orangtua dan anak dari segi finansial dan pendidikan. 




Sebagai orangtua dukungan Morinaga dan Astra Life ini tentu menjadi solusi yang menarik dan kesempatan untuk mendukung kondisi Si Kecil yang kena alergi. Karena mengatasi alergi ini termasuk susah-susah gampang. Solusi yang dihadirkan Morinaga menjadi angin segar bagi kita yang tengah dilema dalam memilihkan zat gizi, sehingga Si Kecil Alergi tetap berprestasi.

28 Comments

  1. Bravo Morinaga dan Astralife atas duetna yg manfaat.. Anak alergi sekarang sudah dapet banyak perhatian yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh, anak2 jadi terpenuhi kebutuhannya.

      Delete
  2. Wah bersin bersin juga ketika abis minum susu bisa jadi alergi juga ya teh. Susu child kid soya ini bagus buat anak yg alergi susu sapi. Makasih infonya, teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh. Anak saya punya masalah kena bersin2 di pagi hari.

      Delete
  3. Morinaga ini memang solusi banget untuk atasi alergi

    ReplyDelete
  4. Wuih, keren banget ya programnya morinaga... Mulai dari edukasi, asuransi, sampai inovasi produk :)

    ReplyDelete
  5. Morinaga Chil Kid Soya hadir dengan inovasi yang berbeda dari susu lain.
    Karena membantu orangtua untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan membuat si kecil tetap bisa tumbuh kembang dengan optimal.

    ReplyDelete
  6. Sebagai ibu yg anaknya alergi, aku seneng deh ada World Allergy Week kayak gini. Berasa diingatkan dan diperhatikan. Soalnya dulu aku gak tanggap dengan alergi. Jadinya sulungku sering kambuh alerginya. Kalo diingetin kayak gini, jadinya kita selalu berhati-hati dengan pemicu alergi biar anak gak sering kambuh alerginya.

    ReplyDelete
  7. iya banget, sedih rasanya kalo anak sedang allergy

    beruntung sekarang produsen seamkin mengembangkan produknya ya?

    ReplyDelete
  8. Mulai dari sekarang perhatikan kesehatan anak, dan perhatikan asupan makannya juga. Tengkyu informasinya, dapat ilmu baru nih

    ReplyDelete
  9. Saya punya pengalaman dengan keponakan yang alergi susu sapi. Dan akhirnya pindah ke susu soya Morinaga ini mba. Alhamdulillah, anaknya cocok walaupun memang harganya yang lumayan ya. hehehe.

    ReplyDelete
  10. Wahh baru tau ada lembaga alergi dunia. Tapi beneran ciri ciri diatas hampir sama dgn anak yg terkena alergi

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata hal hal kecil bisa bikin alergi juga y. Terima kasih atas informasinya.

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  12. Wah senangnya..skrg ada produsen susu yg memikirkan hal penting (yg kadang dianggap sepele) kayak alergi ini. Semoga semakin banyak lg produk2 yg support buat anak2 dgn alergi..

    ReplyDelete
  13. Teteh, aku pun alergi susu sapi dari kecil. Abis minum susu pasti muntah. Syukurlah ada Morinaga ini ya

    ReplyDelete
  14. wah bagus ini produknya, jadi yang info mengenai anak semakin banyak. Orang tua jadi tahu harus bagaimana. keren

    ReplyDelete
  15. Manfaatnya dobel-dobel nih..eh bisa triple..Udah dapet manfaat nutrisi susu..alergi teratasi...prestasi dapet juga..eh ada hadiah biaya pendidikan pula..

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata alergi termasuk hal yg serius untuk segera ditangani ya..

    ReplyDelete
  17. Altaz juga alergi, Teh. Dan memang nggak bisa disepelekan. Alhamdulillah sejak dulu minumnya Morinaga Child Soya :)

    ReplyDelete
  18. Yang perlu digarisbawahi, susu soya ini berlaku untuk anak-anak yang alergi susu sapi saja. Tetapi tidak lantas menjadi tameng apabila anak-anak juga menderita alergi terhadap makanan lain. Contohnya bila anak itu alergi terhadap kedelai, maka praktis anak ini juga tidak bisa minum susu soya ini.

    ReplyDelete
  19. Wah asyik ya ada susu alternatif buat yg alergi terhadap susu sapi..jd ga perlu risau lagi nih hehe

    ReplyDelete
  20. jadi, tetap lihat sikon anak ya mbak
    meski begitu morinaga ini cukup dikenal bisa menahan alergi anak
    bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Sebagai orang tua kita memang harus aware ya, mbak sama tanda-tanda alergi pada anak agar bisa memberikan nutrisi yang pas buat mereka

    ReplyDelete
  22. Imaaaa....kalo yang alergi tuh emaknya gimana? Hihi...aku nih yang alergi macem2.Dari alergi udang sampe alergi makanan mahal yang mesti bayar sendiri #eh
    Anak2 mah alhamdulillah lebih kuat.

    ReplyDelete
  23. Sedih banget ya kalo anak sedang allergy. Bikin bingung.
    Beruntung produsen semakin tanggap menyediakan susu non alergi

    ReplyDelete
  24. Aku jadi ingat anak temenku di Bogor dulu yang alergi susu sapi. Wah kirain ga bisa diatasi, teryata bisa ya menurut dokter. Morinaga dari dulu care banget sama perkembangan anak. Sampai bikin acar edukasi seperti didukung produk yang jempolan!

    ReplyDelete
  25. Waah...karena di atasku ada Bu Dok Vicky, aku jadi penasaran mau tanya tentang tes alergi.

    Alhamdulillah~
    Morinaga Chil Kid Soya sudah dilengkapi nutrisi yang baik untuk memenuhi gizi si kecil dalam tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  26. wahh..
    baru tau nih klo ada World Allergy Week...
    semoga mommy2 diluaran sana bisa lebih aware thd adanya hal - hal kecil yang bisa menjadi pemicu alergi.

    makasih kak sudah sharing infonya..

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv