Buka Puasa dengan Roti Maryam Isi Olesan SKIPPY



"Aku tadi buka puasa makan roti isi SKIPPY, Ma." Celoteh anakku.

Kemaren saya tidak bisa menemani anak-anak buka puasa bersama. Meskipun begitu, saya masak makanan untuk buka puasa sebelum pergi. Mulai dari nasi, ikan saus tiram, capcay dan perkedel jagung. Masaknya saja sudah bikin ngiler, apalagi nanti begitu buka. Aaah, anak-anak pasti semangat pikirku. Selain lapar, selera makan mereka pasti bertambah.

Jam 16.00 WIB saya pun berangkat dari rumah karena ada keperluan, begitupun Ayahnya harus ikut rapat bersama teman-temannya. Anak-anak ditinggal dengan Amih dengan keadaan makanan sudah tersedia. Tapi begitu saya datang sekitar jam 8 malam, Amih saya memberi kabar kalau Aden tidak mau buka. Bisa jadi dia kesal karena saya dan Ayahnya tidak ada diwaktu buka. Padahal saya sudah bilang, kalau kami tidak buka di rumah sebelum dia tidur siang.

Saya tanya ke Aden, memastikan dia sudah buka atau belum. Ternyata dia buka dengan 2 helai roti maryam yang diolesi selai kacang kesukaannya yaitu SKIPPY. Rupanya Aden juga pergi taraweh diajak teman-temannya. Oh, bisa jadi dia tidak mau melahap makanan yang ada di meja karena begitu bangun kami sudah tidak ada, lalu mood-nya jelek, jadi dia tidak mau buka dengan nasi dan teman-temannya. Tapi saya legaaa sekali begitu Aden cerita dia memanggang roti maryam sendiri dan mengoleskan selai SKIPPY di atasnya. Mood Aden jadi naik lagi bahkan dia semangat taraweh sekalipun tidak bareng saya dan Ayahnya. 





Memang sih, kalau anak-anak ditinggal-tinggal, saya suka menyiapkan roti tawar atau roti maryam lengkap dengan selai seperti SKIPPY atau roti isi untuk makan. Saya fikir kalau bulan puasa dia makan apa saja yang tersedia di meja, namanya juga habis puasa seharian kan. Ternyata dia lebih memilih roti isi juga. Anak saya masih kelas 3 SD, tapi dia suka masak. Masih yang simple-simple sih, seperti panggang roti, bikin mie rebus, orek telur, goreng sosis.

Roti maryam ini biasanya saya beli jadi di supermarket. Ada yang isi 4 dan isi 6. Biasanya yang isi 6 ukurannya lebih kecil dari isi 4. Rasanya manis dan gurih mentega keluar begitu selesai dipanggang. Kalau bikin sendiri agak repot juga, pernah coba dan... gagal, hahahaaa!. Topingnya bisa macam-macam, dicocol ke kari ayam atau yang praktis diberi selai SKIPPY, ditabur cokelat atau dicocol ke madu. Parktis dan bikin kenyang dengan makan 2-3 helai plus susu atau teh hangat.

Cara bikin roti maryam isi selai kacang SKIPPY ini mudah saja. Panaskan wajan anti lengket, setelah cukup panas kecilkan api kompor lalu panggang roti diatasnya hingga keluar minyak-minyak diantara lapisan roti. Bisa di bolak balik biar merata. Setelah matang, angkat dan simpan diatas piring. Saya biasanya langsung saja oles selai kacang SKIPPY dipermukaan roti maryam. Bisa langsung dilahap, digulung atau dilipat agar selai tidak meluber kemana-mana. Sudah. Selesai. Menyantap roti dan selai SKIPPY ini bisa menambah selera makan kita. 





Roti maryam isi selai kacang ini menurut saya sangat padat sehingga mengenyangkan dan hangat ke perut. Selain alasan praktis, rasa selai kacang SKIPPY menambah kelezatan roti maryam yang sudah manis mentega. Tekstur selai kacangnya juga lembut dan Jadi menyantap makanan seperti ini membuat kita kembali segar setelah puasa seharian.

3 Comments

  1. waa nampak simple dan sedap :)

    salam kunjungan disini ya. tapi blog nya tiada button follow :D

    ReplyDelete
  2. duh ngiler.. nanti pas sahur mau bikin ah :D

    ReplyDelete
  3. Praktis dan lucu,teh.
    Boleh dicoba juga nih.
    Hihihi...

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv