Benefit Social Media

Hasil berburu ilmu di Jakarta, beberapa jam workshop #qfunblogging bareng 3 narasumber yang keren, karena masing-masing membicarakan hal-hal yang berbeda dan saling berkaitan erat.  Salah satunya oleh Ani Berta yang mengungkapkan manfaat sosial media, beliau meminta kami mendeskripsikan kembali gambar dibawah ini.  Ya, ini tafsiran saya:


Sumber foto: Ani Berta
Sosial Media.  Sejak ada internet, jejaring sosial menjadi alat penting dalam kehidupan.  Dari sekedar membangun hubungan baik antar teman dan keluarga hingga menumbuhkan perteman baru menjadi sebuah ladang bisnis, membangun hobi bersama, pencitraan dan banyak lagi.  Meskipun awal dibuat jejaring sosial untuk membangun komunikasi antar teman dan keluarga, ternyata tumbuh  menjadi alat yang bisa membangun kebaikan, bom waktu, bahkan provokasi.  Ah, ya, barangkali kita ingat sosial media yang pernah kita ikuti dari jaman forum diskusi di yahoogroups hingga gmail groups.  Tidak hanya diskusi, tapi beragam event kesenian, pameran hingga promosi produk dan launcing buku maupun musik ikut tampil di komunitas-komunitas grup ini.  Dari sana, tetumbuh beragam hal indi meledak dan dikenal dikalangan para pengguna jejaring sosial.



Sumber: http://tyachiet-gress.blogspot.com/2011/02/jejaring-sosial.html
Networking.  Lalu sekitar tahun 2003-2004, kita kenal dengan friendster, multiply yang kini menghilang.   Setelah itu, berkembang banyak jejaring sosial yang hanya berkicau-kicau di twitter, menampilkan beragam foto di instagram, menunjukan lokasi kegiatan kita di path, beragam tampilan video di youtube dan banyak lagi jejaring sosial yang memfasilitasi hobi kita berkomunikasi, berbicara, mencari tahu, mendalami sesuatu bidang dan sebagainya.  Jejaring sosial menjadi media yang sangat luas dan kaya memberi banyak kesempatan untuk belajar, mengembangkan dan memajukan diri.  Saya disini bicara penggunakan media untuk hal yang positif, tapi media sosialpun banyak digunakan oleh orang-orang tertentu untuk hal yang mencelakakan.

Information Sharing.  Dengan memiliki jejaring sosial, banyak informasi mudah kita dapatkan dan dibagikan.  Ilmu-ilmu ini bertebaran seperti bintang dan semua tergantung kita menangkap itu  menjadi sebuah kesempatan atau sebuah hambatan. 

Idea Sharing.  Disana, kita bisa mendapatkan ide.  Karena siapapun berbagi berbagai bidang, dari foto-foto, perjalanan, makanan, pengetahuan keagamaan, sosial budaya dan beragam bentuk lainnya.  Kita wajib membangun diri sehingga bisa jeli menangkap sesuatu menjadi sebuah ide sesuai dengan bidang yang kita suka.  Karena dengan suka, bidang itu menjadi bidang yang memberi banyak pengetahuan dan manfaat tentunya.
Sumber Grafis: http://www.pusatgratis.com/layanan-online/buat-sendiri-gambar-jejaring-sosial-kamu-dengan-social-media-image-maker.html 
Reference.  Internet bisa menjadi referensi sebagai alat mencari solusi karena kemudahan dalam mengaksesnya.  Oleh karena itu, kita sebagai blogger ada bagusnya apapun yang kita tulis, data yang kita peroleh dapat dipercaya, data-data online yang dipercaya dan lengkapi data dengan beragam buku sebagai teman yang memperkaya wawasan, kata-kata yang kaya rasa dan pengetahuan.  Sehingga tulisan kitapun tidak abal-abal dan bisa memberi banyak informasi yang akurat, dipercaya dan memberi manfaat.

Education.  Manusia itu sebetulnya haus ilmu pengetahuan, apapun, dari ilmu masak, ilmu handmade, ilmu melakukan perjalanan, budaya, kehidupan sosial, pengasuhan anak, rumah tangga, makanan, science, komputer, website, agama, cultural studies dan banyak lagi.  Dengan adanya media sosial, sering dimanfaatkan oleh pengguna internet sebagai sumber yang dianggap sah dan dipercaya.  Ada bagusnya tulisan kitapun mendidik secara tidak langsung, dan tentu lebih menarik memberi semangat seseorang menjadi melakukan langkah-langkah yang maju meskipun hanya satu orang.

Social Campaign. Jangan salah, dengan media sosial, kita pun bisa melakukan kampanye dan perubahan.  Sebaiknya kita jangan anti politik atau anti bidang-bidang yang lain.   Karena dengan luasnya wawasan  dan terbuka terhadap berbagai hal, kita bisa mendapat kesempatan bahkan melakukan perubahan.  Seperti membanggun pencitraan tokoh, pencitraan alam dan budaya lokal, dan sejarah pada seorang tokoh politik.  Semua ini sangat mungkin di era teknologi jejaring sosial yang maha dahsyat.

Pada intinya, media sosial menjadi wilayah yang tepat dan efektif dalam membangun sebuah ide, wacana, informasi, pengetahuan, karena disana kita berhubungan dengan manusia-manusia yang melek baca,  teknologi, dan informasi, karena kemudahan akses dan percepatan pola hidup jaman sekarang.

Buat blogger atau yang menggunakan jejaring sosial menyalurkan energi hobi menulis, fotografi, jalan-jalan, memasak dan disebarkan di media sosial menjadi lahan yang empuk untuk mengasah dan membangun keahlian dan keberanian.  Karena siapapun bisa membaca, mengolah, menjadi ide, inspirasi atau adapun dengan mudah hanya dilihat sepintas dan dianggap sampah. 

Dengan besarnya kekuatan media sosial, wacana dan pendapat yang diuraikan di media ini menjadi sangat penting dan dianggap memberi pengaruh dan memudahkan dalam membeberkan informasi.  Karena dengan adanya media sosial, siapapun bisa berekspresi meskipun sekarang kita semakin sadar etika ketika mencemplungkan diri di dunia jejaring sosial. Kamu bisa mendapatkan sahabat ataukah musuh.  Kini para pembisnis, pemimpin, public figure lebih berhati-hati dan lebih jeli dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan nilai jual mereka.  Karena media ini bisa membuat citramu menjadi baik atau menjadi buruk.

Terimakasih ilmunya, Mba Ani Berta, reflektif banget.  Hehe...

Serpong.Ima.10/16/2014

Ima Rochmawati

5 comments:

  1. Ulasannya sangat keren Mba, terima kasih Mba Ima :)

    ReplyDelete
  2. sosmed memberikan so much postive effects. tinggal efek negatifnya kita kelola dgn baik.

    ReplyDelete
  3. kalau tanpa sosmed, mungkin ajang pilpres lalu akan terasa berbeda.

    ReplyDelete
  4. suka sama ulasannya :)
    Iya mak, sosmed berguna banget kalo kita manfaatin buat hal yang positf :D

    ReplyDelete
  5. karena besarnya pengaruh social media itulah akhirnya black campaign juga sangat sangat berhasil ya
    kayak pilpres kemaren tuh

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv