Mengenal Ragam Wisata Melalui Kartu Permainan Jalan Jalin


Sore ini seru sekali, anak-anak bermain kartu mainan Jalan Jalin dari Hola Halo travel marketpace. Sekalinya saya kasih contoh, mereka terus menerus main sambil tertawa-tawa dan berteriak cepet-cepetan cari gambar yang sama dari kartu yang dipegang dengan kartu besar dengan berbagai gambar di dalamnya. Sambil cari gambar, mereka menyebutkan nama lokasi tempat wisata yang tertera di kartu. Ternyata, lama-lama mereka jadi ingat satu persatu tempat wisata yang ada di belahan Nusantara.

Belakangan ini travel marketplace dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat makin banyak minat masyarakat melakukan traveling ke berbagai berbagai wisata alam Indonesia. Kebutuhan ini karena bermunculanan traveler yang kerap mengangkap perjalanannya ke dalam bentuk tulisan yang mengangkat tema keindahan alam Indonesia. Perlahan-lahan minat wisatawan lokal maupun asing pun meningkat. Traveler ini kerap membagikan proses perjalannya ke dalam blog, website, bahkan beberapa orang kreatif mengabadikan dalam bentuk permainan, novel maupun buku kumpulan kisah perjalanan.

Bentuk literasi digital maupun fisik (buku) ini rupanya menularkan hobi traveling ke orang-orang. Tapi tidak semua orang punya pengetahun yang sama bagaimana membekali diri saat melakukan kunjungan ke objek wisata alam. Melihat berbagai kondisi di lapangan, banyak sekali media informasi yang menginformasikan berbagai kebutuhan dan etika yang harus diketahui oleh seorang traveler.

Cara yang dilakukan oleh travel marketplace Hola Halo ini unik sekali, dia mengeluarkan kartu permainan Jalan Jalin yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa. Selain mendapat keseruan bermain, para pemain secara tidak langsung mengedukasi siapapun tentang lokasi wisata alam Indonesia yang luar biasa.

Seperti yang saya ceritakan di atas, anak-anak saya dengan teman-temannya asik sekali memainkan kartu permainan Jalan Jalin. Cara bermainnya pun sederhana, dalam satu kotak permainan itu ada dua jenis kartu: ukuran besar dan kecil. Setiap kartu kecil terdapat gambar dengan ciri khas identitas lokasi wisata, misalnya gambar ikan hiu, air laut dan pohon kelapa yang dilengkapi nama lokasi Karimun Jawa dan Jawa Tengah. Sementara di kartu ukuran besar, terdapat beberapa gambar dengan berbagai lokasi wisata namun tidak ada nama/identitas gambarnya.  
Kartu permainan ini tidak hanya berupa gambar, di belakang kartu bergambar ini terdapat tips-tips traveling yang aman dan menyenangkan.



Cara bermainnya sederhana, namun perlu kejelian para pemainnya. Pemain bisa 2-8 orang, setiap orang memegang 5 kartu. Kemudian kartu besar dibuka satu, lalu setiap pemain mencari gambar yang sama dengan gambar yang tertera di kartu kecil. Begitu dapat yang sama, kartu disimpan di bawah/dekat kartu besar. Kalau sudah tidak ada lagi gambar yang sama, dikeluarkan lagi kartu besar lalu cari yang sama. Begitu seterusnya sampai kartu kecil di genggaman habis. Buat pemain pertama yang habis kartunya, dia yang menang.

Pada dasarnya, saya suka sekali explore berbagai daerah. Hanya karena keterbatasan waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan, maka kesukaan ini seringkali di rem. Untuk menuntaskan kerinduan dan impian singgah ke berbagai daerah akhirnya dipenuhi lewat bacaan atau traveling di kota sendiri. Seperti taman kota dan daerah wisata yang tak jauh dari rumah. Tak hanya itu, saya senang juga membaca tulisan di koran, majalah, blog, menikmati vlog, tayangan televisi dan hasil jepretan para fotografer di instagramnya. Sangat menarik dan cukup menuntaskan keinginan saya untuk mengeksplore tempat-tempat indah di belahan Indonesia maupun dunia.

Sekarang ini, banyak sekali para traveler mengabadikan perjalanannya tidak hanya melalui foto, tapi menerjemahkan apa yang dilihat melalui tulisan. Sehingga muncul berbagai kisah destinasi wisata yang mereka kunjungi dari berbagai sudut pandang. Menarik sekali, setiap tulisan punya ciri khas, sekaligus dapat membuka mata kita bahwa Indonesia mempunyai keindahan alam yang istimewa.

Salah satunya platform travel dengan judul travelblog.id yang berisi berbagai kisah perjalanan traveler. Blog ini mulanya blog travel pribadi, pengelolanya kerap mengulas beragam tulisan destinasi yang dikunjungi lengkap dengan berbagai macam informasi yang lokasi wisata dan pernak perniknya. Rupanya langkah ini membantu banyak orang yang membutuhkan beragam informasi tentang daerah yang akan dikunjunginya. Sehingga tadinya blog pribadi menjadi platform yang bisa jadi media yang diisi oleh siapapun yang mau berbagi tulisan perjalanannya. 



Kebiasaan kita yang akan melakukan perjalanan, biasanya membuka berbagai macam referensi perjalanan dan tips-tips dari pengalaman orang-orang lewat tulisan maupun foto-foto. Langkah ini agar tidak terlalu asing dengan destinasi yang akan kita kunjungi, baik makanan khas, tempat penginapan, hingga budaya masyarakat lokal. Sehingga banyak orang yang hobi travel semakin terbuka wawasannya dan mendapatkan referensi destinasi wisata untuk rencana tujuan travel berikutnya.

Langkah kreatif yang dilakukan oleh Hola Halo travel marketplace ini menarik, pasti banyak orang-orang yang bisa menggunakan kartu permainan ini sebagai cara mudah mengenalkan kekayaan objek wisata di Indonesia. Sehingga muncul kesadaran cinta tanah air karena keindahan alam yang berada di belahan titik Indonesia.


*Keterangan:
Kartu permainan Jalan Jalin ini dapat kamu peroleh di online store Bukalapak, Tokopedia, dan ditukarkan ditukarkan pada Store Travelblog.id dan offline store Grow Gift Shop di beberapa tempat ini:
1. Jl. Pager Gunung No. 13 Bandung
2. Istana Plaza, Bandung
3. Point Samudera. Lt. 2, Bandung

1 Comments

  1. seru banget ya main kartu jalan jalin ini hehhee

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv