Tubuh Seimbang Dengan Konsumsi Buah

Buah-buahan segar dari hasil kebun Sunpride.
Foto: Ima

Hidup Sehat itu Mudah

Hidup ini terlalu menyenangkan jika dilewati begitu saja, tapi semua ini berawal dari sudut pandang kita terhadap hidup yang kita jalani. Pikiran yang sehat berawal dari kesehatan otak dan jiwa kita, konsumsi makanan dan minuman yang berkualitas, akan menyeimbangkan fungsi tubuh kita. Lalu bagaimana sih cara agar tubuh kita sehat? Salah satunya dengan konsumsi buah segar, karena buah bisa memperbaiki kondisi organ tubuh, mengandung banyak anti oksidan, menyeimbangkan enzim di dalam perut, sehingga tubuh menjadi lebih segar, produktif dan produktif.  Tentu saja tidak hanya asupan makanan, ada aktifitas fisik lain yang harus dilakukan seperti olah raga yang cukup, istirahat yang cukup, selalu menggali ilmu dan pelihara faktor spiritual.

Tubuh sehat itu sangat berarti, kita bisa melakukan apa saja jika tubuh sehat. Tapi seringkali kesadaran hidup sehat itu selalu dilakukan ketika kita sudah sakit. Sebenarnya untuk sehat itu mudah, tapi menahan “godaan” pola hidup ini yang sulit. Padahal dengan melakukan olah raga yang cukup, istirahat yang cukup, makan makanan yang segar seperti sayuran dan buah-buahan dan selalu berfikir positif, tubuh kita akan lebih terpelihara. Jaga kesehatan, kebersihan dan keseimbangan hidup itu “hukumnya” wajib, agar kualitas hidup kita pun lebih menarik dan menyenangkan.



Pisang, kiwi, apel, jambu batu, jeruk.
Foto: Ima
Sebenarnya, cukup dengan konsumsi satu mangkuk pepaya, satu buah apel segar, satu buah pear segar atau 1 buah pisang sehari, tubuh kita akan lebih seimbang. Buah-buahan ini bisa melancarkan pencernaan dan membuat tubuh berfungsi dengan baik. Makanan sampah akan dibuang dan yang baik akan terserap ke dalam tubuh. Kalau kamu sedang dalam keadaan lelah, kamu bisa konsumsi 1 buah apel segar atau 1 buah pisang sunpride, setiap sel yang ada di tubuh seperti kembali muda, terasa lebih segar. Proses ini saya alami sendiri bahkan saya pernah mencoba melakukan pola makan food combining. Begitu saya melakukan makan bersih sehat terutama mengurangi bahkan meniadakan makanan yang banyak proses pengolahannya, badan seperti kembali muda. Memulai kebiasaan baik ini tidak akan langsung ujug-ujug efeknya, tapi kondisi tubuh akan berproses menjadi lebih baik jika kita melakukan pola hidup baik dengan konsisten. Saya punya keluhan sering pegal-pegal kaki sejak kecil, sejak saya konsisten makan buah tiap pagi, mengurangi karbo, banyak minum air putih, olah raga yang cukup, pegal-pegal itu hilang, kulit lebih segar dan bercahaya dan tidak mudah lelah.



Bicara tentang sehat, saya dapat catatan ini hasil renungan (tsaah…) acara Sunpride tanggal 3 Sepetember lalu di Cups Coffee and Kitchen, saya dan teman-teman dapat undangan dari Sunpride penghasil buah-buahan segar. Pertemuan ini mendorong saya untuk konsisten melakukan gaya hidup sehat, karena di acara ini banyak penjelasan panjang lebar tentang fungsi buah-buahan bagi tubuh dan tentu saja menstimulus otak saya untuk “mengagungkan” buah-buahan surga ini. Terus terang saja, saya baru pertama kali makan nenas dengan rasa manis yang luar biasa dan segar, buah jambu batu tanpa biji yang renyah dan ini menarik minat saya untuk selalu memelihara diri dengan mengkonsumsi buah-buahan. 



Suasana depan Cups Coffee and Kitchen, adem dan nyaman.
Foto: Ima
Sunpride #Fresh Everyday

Sabtu lalu, untuk pertama kali Sunpride membuat acara di Bandung dalam rangka merayakan Costumer’s Appreciation Day, Sunpride mengadakan acara pengenalan jenis buah-buahan hasil kebunnya, workshop videographi bareng Om Bolang @lostpacker dan workshop berkreasi dengan buah-buahan bareng Kang Leon @RMLegoh.

Begitu masuk ke pintu ruang Cups Coffe and Kitchen, setiap sudut di-distorsi oleh beragam buah-buahan yang membuat kamu terasa segar. Bisa jadi karena warna dan tampilan buah hasil kebun Sunpride ini benar-benar cantik, ada apel hijau cerah, apel merah kuat, jeruk baby dengan warna kuning segar, papaya, nenas dengan ukuran jumbo, jambu batu warna hijau daun dengan ukuran besar, pisang dengan warna kuning yang sangat cantik. Baru disana saya lihat ukuran nenas ukurannya sangat besar, nama jenis ini nenas honi atau nenas madu. 



Bandingkan sepotong nenas ini dengan tangan saya.
Ukurannya besar, tak seperti nenas biasanya, rasanya sangat manis.
Foto: Ade Truna.
Saya sempat ingin melahap satu persatu sajian buah-buahan segar di tiap meja dan sudut-sudut lainnya, seperti masuk surga (hahaaa…). Situasi ruang di Cups Coffe and Kitchen juga sangat mendukung dengan gaya interior bangunan yang mengeksplore suasana gaya pedesaan dengan ekspose dinding dan kayu, membuat kamu lupa kalau posisi ini ada di tengah kota Bandung. Saya seperti berada di rumah peristirahatan para petani di kebun buah. Saya merasa segar, energi buah-buahan ini memberi energi yang sangat positif. Kalau saja tiap hari tersedia buah-buahan di rumah,bakal segar tiap hari.

Suasana ruang pedesaan dan perkebunan yang nyaman.
Foto: Ima
Nah, kalau kamu sering ke supermarket, disana kamu akan kenal dengan buah-buahan dengan label Sunpride. Buahnya selalu terlihat lebih bersih dan menggiurkan. Biasanya jenis buah-buahan seperti ini hasil import, tapi sebenarnya Sunpride ini kebunnya di Lampung Indonesia. Semua dipelihara dengan sangat apik dan serius. Kalau kamu pernah lihat pisang dengan ukuran besar, warna kuning kuat dan segar, nah itu pisang hasil tani Sunpride. Berdasarkan penjelasan mereka, ketika pisang di panen, buahnya tidak boleh kena tanah. 


Satu piring di tangan kanan saya nenas honi dan sebelah kiri potongan jambu batu.
Sebenarnya, kedua piring ini berat sekali.
Foto: Ade Truna.
Tak semua buah-buahan yang disediakan Sunpride dari hasil kebun sendiri, beberapa buah-buahan lain ada yang bekerjasama dengan petani lokal, seperti papaya dan kiwi. Untuk buah kiwi, Sunpride tidak punya kebun kiwi. Karena beberapa kali uji coba, kiwi ini tidak berhasil dibudi dayakan di tanah tropis seperti Indonesia. Jadi hanya buah kiwi yang dilakukan kerjasama dengan petani bukan Indonesia. Lalu, untuk buah pepaya, selain memelihara hasil kebun sendiri juga melakukan kerjasama dengan petani lain tapi dilakukan edukasi pemeliharaan dan pengontrolan. Dan yang lebih penting lagi, dalam penanaman dan pemeliharaan kebun, Sunpride menggunakan pupuk organik sehingga tanahnya terbebas dari bahan-bahan kimia sehingga menumbuhkan buah-buahan yang lebih segar dan terjaga dari zat-zat kimia yang berbahaya.

Ketika akan panen, buah-buahan itu dibungkus plastik agar tidak dimakan oleh binatang. Itu sebabnya kulit buah hasil tani Sunpride tampilannya mulus. Keuntungan lain dari perawatan yang baik ini, ketika kita akan memakan buah yang langsung dimakan, kamu cukup mencuci sekadarnya. Karena kondisi buahnya memang sudah bersih. Acara yang digelar Sunpride kemarin, menstimulus saya untuk kembali merapikan gaya hidup sehat. Apa lagi yang kita cari dalam hidup selain tetap memelihara kesahatan agar bisa lebih berdaya dan bermanfaat untuk kehidupan. 



Foto: Ima

Tubuh, hati yang sehat dan passion yang kuat, membawa Om Bolang travelling kemana-mana dan Kang Leon bisa menyediakan makanan-makanan enak untuk penikmatnya di RM Legoh. Om Bolang, dengan modal pengetahuan dan latar belakang di dunia penerbangan, membuatnya menjadi traveller. Lalu, dia mulai mempelajari cara mengambil foto dan video yang bagus agar perjalanannya bisa diabadikan. Sementara, Kang Leon mengekspresikan passion memasaknya dengan mengekspresikan dalam bentuk usaha kuliner khas Manado di Bandung. Di acara kali ini, Om Bolang membagi pengalaman memberi tips membuat video yang bagus dan berkolaborasi dengan Kang Leon melakukan demo membuat makanan segar dengan menggunakan buah-buahan dari Sunpride. Sementara peserta ada yang 2 fokus, ada yang belajar memotret, coba mengambil video Kang Leon yang tengah berkerasi dengan buah-buahan dan ada yang fokus mencatat menu racikan buah ala Kang Leon. Suasana menjadi lebih hidup dan menarik. 



Om Bolang +Lostpacker (kiri) berkolaborasi dengan Kang Leon +Rumah Makan Legoh (kanan).
Foto: Ima
Akhir acara, semua peserta bisa membawa pulang semua buah-buahan yang tersedia di acara itu. Saya dan teman-teman memasukan satu persatu ke keranjang buah, seperti panen dan petik di kebun sendiri. Kalau tiap hari kita bisa petik buah di kebun sendiri pasti rasanya menyenangkan, karena manusia dan tumbuh-tumbuhan hidup berdampingan saling memlihara kehidupan yang lebih baik.

Bandung, 9 September 2016
@imatakubesar



Kreasi buah ala Kang Leon +Rumah Makan Legoh
Foto: Ima


2 komentar:

  1. jadi pengen lagi buah2an dari Sunpride! Nanasnya enak, banyak airnya dan segar...!

    BalasHapus
  2. Aku suka banget sama buah mbak, apa pun buahnya, aku bisa gitu makan buah sekilo sendirian, huhu parah gak sih?

    Salam,
    Shera.

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv