Shampoo Halal Untuk Perempuan Berhijab



Shampoo Halal

Shampoo hijab kini mulai bertumbuhan, tentu menjadi kabar baik buat perempuan muslimah yang kerap menutup rambut dengan kain kerudung. Kenapa sih perempuan berhijab seolah mendapat perlakuan khusus sehingga muncul shampoo hijab, shampoo yang seolah-olah khusus bagi perempuan berkerudung saja.

Saya fikir label ini semacam simbol bahwa shampoo ini sebagai identitas yang kuat bahwa shampoo tersebut halal digunakan buat muslim. Buat yang tidak menutup rambutnya dengan kerudung sebaiknya tenang, karena shampoo hijab ini bagus bagi semua perempuan. Nah, berikut uraian sederhananya.

Maraknya perkembangan da’wah Islam dikalangan anak muda makin banyak industri yang ikut memperhatikan kebutuhan kaum muslim dalam menggunakan produk. Bagi orang muslim, mengonsumsi sesuatu yang halal adalah suatu keharusan. Apalagi di Indonesia penduduknya mayoritas berpenduduk muslim yang membutuhkan produk halal.

Halal disini tidak hanya makanan yang masuk ke dalam tubuh, tapi zat yang kita gunakan di luar tubuh seperti make up maupun pembersih badan seperti shampoo, parfume, body mist, obat-obatan sebaiknya harus bersertifikat halal. Tindakan ini penting dilakukan agar muslim terlindungi hak-haknya mendapatkan produk halalan toyyiban. Dengan merasa terlindungi, maka aktifitas sehari-hari orang muslim pun menjadi lebih tenang.



Shampoo Untuk Berketombe 




Sekarang ini mulai bermunculan zat-zat pembersih badan yang kandungnya teruji halal, seperti shampoo Azalea. Kesadaran industri yang menangkap kebutuhan masyarakat muslim patut disambut baik. Azalea ini shampoo hijab dari brand yang sudah terkenal menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman digunakan. Kalau buat yang baru dengan nama ini, mungkin kebanyakan dari kita sudah tahu shampoo Natur.

Nah, Azalea ini perawatan rambut produk Natur khusus hijab shampoo untuk pengguna hijab seperti saya. Ada dua jenis hijab shampoo yang dikeluarkan Azalea, yaitu shampoo untuk yang punya keluhan rabut rontok dan ketombe. Lahirnya produk ini seperti menjawab tantangan bagi para wanita yang baru menggunakan hijab, tak perlu ragu kelak ketika merawat rambut dan kulit kepala. 



Perempuan berhijab.
Foto: Efi Fitriyah



Buat saya sendiri, perawatan rambut jenis seperti ini tentu membawa kabar baik karena sudah teruji tingkat halal dengan mengusung tagline “Beauty From Sunnah.” Maksud sunnah, komposisi yang terdapat di dalam zat shampo Azalea alami yang katanya terinspirasi dari pengobatan sunah ala Nabi Muhammad SAW atau Thibbun Nabawi.

Nabi mengajarkan pada umatnya untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran. Saking pentingnya kebersihan, Nabi memberi sabda bahwa kebersihan adalah setengah dari iman. Bisa dilihat dari mulai ketika mau shalat, kita diwajibkan untuk berwudhu yaitu membersihkan beberapa anggota badan. Tak hanya itu, buat perempuan diwajibkan untuk bersuci setelah haid (buat perempuan) dengan cara-cara tertentu.

Ini artinya, kita umat muslim wajib menjaga kebersihan sehingga terpancar kecantikan dan menimbulkan semangat hidup. Semua proses ini berdampak panjang pada kinerja dan gaya hidup positif dan bersih.



Kandungan Azalea

Pertama kali lihat Azalea berjajar di rak supermarket langsung tertarik untuk mencobanya karena saya tahu Natur. Shampoo yang terkenal menggunakan bahan alami untuk memelihara kesuburan rambut, mengeluarkan shampoo hijab khusus rambut berketombe. Ngomong-ngomong shampoo hijab, bukan berarti yang tidak berhijab tidak bisa menggunakannya. Hanya saja buat perempuan yang rambut berhijab, rambut dan kulit kepalanya bisa mendapat manfaat lebih karena kandungan yang ada di dalam Azalea alami untuk perawatan extra.

Bisa dibayangkan, sehari-hari rambut dan kepala perempuan berhijab kerap ditutup oleh kain kerudung. Apalagi buat perempuan yang aktif dengan banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Durasi waktu rambut yang tertutup lama kerap membuat kulit kepala berkeringat. Belum cuaca yang panas dan aktifitas yang melibatkan fisik. Kemudian cuaca panas yang menyebabkan kulit kepala berkeringat lalu muncul keluhan katakanlah rambut berketombe.

Seringkali perempuan berhijab lupa menggunakan kerudungnya berkali-kali, sehingga keluar bau tidak sedap. Sehingga beberapa perempuan bermunculan persoalan kulit kepala seperti rambut berketombe, rontok, mudah berminyak, berkeringat, lepek, gatal-gatal.

Keluhan ini terjadi bukan sepenuhnya salah kerudung, tapi cara merawat kulit kepala. Rambut yang selalu tertutup kain memiliki cara perawatan tersendiri. Seringkali, perempuan berhijab terburu-buru menggunakan kain kerudung saat rambut masih basah atau lembab karena diharuskan segera beraktifitas.

Terlebih di Indonesia sebagai negara yang memiliki cuaca lembab dan tropis. Penggunaan shampoo dengan komposisi shampoo yang baik dan alami akan membantu merawat kulit kepala dan rambut. Seperti contohnya Azalea, saat saya menggunakannya terasa nyaman dikulit dan adem mungkin karena didalamnya mengandung Menthol yang membuat Cooling Sensation, lalu ada Citrus Extract yang rupanya membantu mengatasi masalah ketombe. Satu lagi Olive Oil, minyak favorit saya terdapat dalam kandungan Azalea. Pantas saja, rambut saya tidak mudah lepek dan terasa segar. 





Azalea juga punya Hair Hijab dan Body Mist yang wanginya enak. Bisa dibawa kemana-mana pas saya harus beraktifitas luar rumah. Kalau dikejar waktu, saya kerap menggunakan ojek online kemana-mana. Efeknya, badan dan kerudung saya berbau. Bau knalpot dan keringetan karena cuaca panas. Jadi Hair Hijab ini cukup disemprotkan ke balik kerudung maupun diatasnya. Kandungan alami seperti zaitun oil dan aloe vera extract membatu rambut, kerudung dan badan kembali wangi dan segar. Bau-bau apek sisa jalanan kembali tersamarkan.

Nah, pertemuan Azalea menambah referensi saya dalam penggunaan produk halal dan baik bagi tubuh. Menjaga kebersihan, kecantikan dan kesehatan wajib bagi setiap muslim. Dengan menggunakan produk yang kandungannya halal tentu saja tidak hanya mendapat manfaatnya tapi juga kecantikan Beauty from Sunnah.

2 Comments

  1. mba saya blm sempat baca tulisan di atas tp liat gambarnya langsung mencolot mata saya kaget, ini produknya NATUR apa gmn mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Gita, produk Natur yang baru buat merawat rambut yang berhijab.

      Delete

Silakan meninggalkan komentar Anda. adv