Ingin Liburan Bali Murah? Yuk, Intip 7 Tips Berikut

Punya kerjaan freelance seperti kami kadang-kadang tidak punya waktu liburan. Tak ada tanggal merah dan tak ada akhir pekan. Waktu liburan ditentukan oleh ada dan tidak adanya pekerjaan. Meskipun begitu, kadang kami membuat waktu libur sendiri. Misalnya seminggu sekali ke kebun binatang, agak jauhan makan jagung di Lembang, trekking di Dago Pakar (atau sekarang Tahura). Jalan-jalan yang dekat tapi energi liburannya dapat, mengingat sedikit waktu untuk liburan. Nah, kali ini kami maunya punya waktu beberapa hari jalan ke Bali. Aha! Bali? Iya, Bali. Sudah lama saya dan suami mau datang ke sana, keliling-keliling mencari inspirasi dari budaya, seni yang kental, suasana pedesaan dan alamnya yang cantik.


Sumber: gayahidup.republika.co.id

Pulau Dewata.  Ini salah satu destinasi impian kami.  Bali selalu punya daya tarik untuk dikunjungi, pesonanya tak pernah pudar. Selain masalah waktu pekerjaan, ada alasan lain kenapa kami tidak wisata ke Bali yaitu malasah biaya. Tapi saya selalu percaya, disitu ada keinginan maka akan ada jalan.

Sepertinya tak ada yang menolak jika dapat kesempatan liburan Bali murah. Nah, biasanya kami cara sendiri mewujudkan keinginan agar bisa tetap liburan dengan budget hemat? Ada beberapa trik dan tips nyentrik nih untuk bisa mendapatkan pengalaman liburan asyik namun tetap hemat. Let’s check this out!

1. Cari penginapan Low Budget

Penginapan menjadi kebutuhan utama di Bali yang tak bisa dipungkiri. Pengunjung bisa memilih sesuka hati sesuai keinginan dan kebutuhan. Ada banyak jenis penginapan dan hotel yang tersebar hampir di semua kawasan Bali, kawasan Kuta, Seminyak, Ubud dan Sanur adalah lokasi favorit wisatawan.

Namun, lain halnya jika kamu memang hendak memangkas budget liburan kamu. Pilihan paling dianjurkan adalah penginapan di kawasan Jalan Legian. Bisa juga mencari di sekitar Kuta, karena di sana tersedia pilihan penginapan mulai dari hotel melati, budget hotel hingga hotel berbintang lima yang mewah. Kamu bisa mendapatkan fasilitas cukup nyaman berupa single bed, kamar mandi, kipas angin dan fasilitas lainnya dengan kisaran harga antara Rp100.000 hingga Rp350.000 saja.

Selain itu, banyak tersedia obyek wisata di kawasan Kuta yang aksesibel, sehingga tak harus mengeluarkan dana berlebih untuk biaya transportasinya. Hal yang utama, sebaiknya cek lebih dulu melalui beberapa sumber terpercaya.



2. Transportasi selama di Bali

Kebutuhan transportasi selama di Bali cukup penting. Ada berbagai cara untuk bisa menghemat biaya ini. Saat pertama kali sampai di Bali kamu bisa menggunakan jasa taksi bandara, dengan catatan lokasi penginapan berada dekat dengan Bandara, seperti misalnya di kawasan Kuta. Hal ini karena argo taksi bandara, umumnya disesuaikan dengan wilayah tujuannya.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil sekaligus degan driver dan bahan bakarnya. Sewa mobil ini akan lebih pas dipilih ketika kamu berwisata dengan tim atau rombongan rekan lain yang berwisata. Namun, jika melakukan solo traveling atau berdua saja, maka pilihan tepatnya adalah menyewa sepeda motor. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tekhnologi untuk membantu menyusuri rute jalan yang bahkan kamu tak tahu sama sekali.

Sumber: kaskushootthreads.blogspot.co.id


Memilih sewa sepeda motor akan mengemat budget liburan lebih maksimal lho dibandingkan memilih kendaraan lain. Jangan ragu juga untuk menawar ya, apalagi jika menyewa hingga lebih dari sehari, karena akan ada tawaran potongan harga sewanya.

1. Alokasi Dana

Seringkali saat berwisata kita akan mengeluarkan biaya yang tak terduga. Jika ingin pengeluaran tetap terkontrol, maka siapkan sejak awal alokasi dana keberangkatan dan akomodasi dengan biaya untuk makan, tiket masuk wisata, transportasi saat di lokasi, dan juga biaya membeli oleh-oleh.

Bawalah uang cash secukupnya saja dan sisanya bisa tetap di simpan di rekening. Selain menghemat, hal ini cukup aman karena tak perlu khawatir jika terjadi hal yang tak diinginkan saat membawa uang yang terlalu banyak. 

Sumber: brighterlife.co.id

1. Cari tempat makan khusus backpacker

Kebutuhan untuk makan menjadi hal utama yang tak boleh ditinggalkan. Pilihlah jenis makanan yang mengenyangkan dan bertahan lama. Hindari membeli jenis cemilan dan jajan yang hanya akan menguras isi dompetmu.



Kamu bisa memilih makanan di beberapa warung makan berbentuk perumahan yang ada di sekitar pantai. Umumnya warung-warung tersebut menjual aneka makanan dengan harga murah, sehingga seringkali jadi tempat tongkrongan favorit para backpacker.



2. Cari waktu berangkat yang tepat

Waktu keberangkatan sangat berpengaruh. Sebisa mungkin hindari memilih waktu peak season ataupun akhir pekan. Nyatanya, biaya wisata di waktu-waktu tersebut akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan weekday, baik dalam hal penginapan, perjalanan, juga makanan. Belum lagi kondisi penuh sesak yang selalu terjadi saat harus berhamburan mengunjungi tempat wisata saat suasana liburan.



Perjalanan berangkat dan pulang menuju ke lokasi wisata juga bisa disiasati dengan memilih jadwal penerbangan yang tepat. Kamu bisa memilih rute penerbangan malam di hari kerja agar bisa mendapat harga yang lebih miring.



3. Membeli oleh-oleh dan suvenir di pasar tradisional

Rasanya tak afdol jika berwisata ke suatu daerah tanpa membeli cindera mata alias oleh-oleh. Tak salah jika kita memiliki budget khusus untuk hal ini. Namun, jika ingin berhemat, maka sebaiknya tidak membeli suvenir dan oleh-oleh di outlet atau pun toko yang ada di sekitar jalan utama di Bali karena harganya akan jauh lebih mahal. Kamu bisa membeli beberapa jenis barang yang serupa dengan harga hemat di beberapa pasar tradisional di Bali seperti Sukowati, Pasar Kumbasari dan banyak lagi.



4. Riset dan menyususn itinerary harian

Agar jadwal wisata di Bali semakin terencana dan efisien, maka sebaiknya siapkan jauh hari jadwal harian atau itinerary harian kamu. Itinerary ini tentu mencakup waktu, tempat tujuan dan juga estimasi biaya yang dibutuhkan, sehingga kamu akan dipermudah dengan perhitungan yang matang dan penggunaan waktu seefisien mungkin. Cari info sebanyak-banyaknya agar persiapan lebih matang dan liburan semakin nyaman.



So, sudah siap meluncur ke Bali tanpa ragu saat ini kan? Selamat menikmati liburan hemat!

Ima Rochmawati

3 comments:

  1. Tapi kata papaku yang menetap di sana, biaya hidupnya ndak terlalu mahal kok, sesuai :)

    salam
    nia

    ReplyDelete
  2. Nice sharing mbak.
    Mungkin next time liburan ke Bali lagi bisa sewa motor di kita (ICHI RENT). Hehehehe...

    Trims.

    ReplyDelete
  3. Bali selalu bikin rindu... :')

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv