Hei, Aden sama Bayan

Jiwaku, Aden sama Bayan, lagi apa? Mama kangen, kangen berat. 


Kemaren sore waktu pulang dari rumah sakit, di perjalanan mama ketiduran di mobil Wa Alwis terus mimpi dipeluk Aden. Aden lari dan senyum sambil pelukin Mama,”Mama, Aden sayang mama,” Mama bangun, terus nyari kamu, tapi engga ada, yang ada handphone, tas dan diluar suasana udah gelap, suara hidung Ayah yang pengap dan jalanan macet. Mama masih bingung, bangun tidur tiba-tiba, Ayah duduk di depan sambil ngobrol sama Wa Alwis yang jemput ke rumah sakit. 

Pagi ini, Mama lagi dengerin lagu Mocca, nih, yang kebayang kita berempat naik Scoopy keliling Bandung. Bayan digendong Mama sambil senyum-senyum seneng, Aden duduk di depan pake helm Angry Bird. Kita berhenti di Jalan Braga, beli camilan di mini market terus duduk-duduk di pelatarannya. Kamu sama bayan makan es krim, kakinya goyang-goyang, nunggu kereta lewat.  Masih kebayang kalau kereta lewat, kamu bakal teriak-teriak senang, terus kita lari-lari di jalan aspal yang sepi. Ayah gendongin kamu, Bayan pelukin Mama, senang berikut takut denger suara kereta yang kenceng sambil panggilin Aden,”Aden, sini… Aden, sini… kereta, kereta.” Mama kangen suara serak kamu, De Bay.

Aden, Mama kangen. Kangen kamu yang gak bisa diem, teriak-teriak, dan gak berhenti main lego abal-abal, hahaaaa… Tapi kamu seneng, kan? Asal kita bareng-bareng, kamu pasti seneng. Pertamanya sih pasang legonya ikutin petunjuk, lama-lama modif sana sini, lego berubah wujud jadi bentuk pesawat yang berbeda, mobil yang berbeda, keren, ih! Terus, dirusak sama Bayan, aduuuh, Bayaaaan. Mama kangen liatin kamu ngegambar helikopter di dinding sama Syawa. Aduh, kenapa sih ga di kertas aja. Tapi gapapa, Mama juga dulu suka gambar di dinding kamar pake pulpen, rasanya puas banget, kan. Kayanya kalo di kasih warna pake cat, bagus tuh, Den. Nanti, deh, Mama bawain.


Bayan, heeeh… Mama kangen. Kangen kamu yang tersenyum kalau bangun tidur, terus pelukin Mama, Mama jadi males mau ngapa-ngapain. Atau tiba-tiba nangis terus pengen digendong mama,”Mama, gendong.” Terus kita main kapal-kapalan, main gajah-gajahan, main kuda kudaan, terus… “Mama, gendong.” Sambil memperlihatkan gigi besar dan mata yang sayu. Mama kangen rambut galing kamu, kriwil kriwil warna kemerahan. Kalo Mama pengen sun kamu, kamu suka nyodorin pipi duluan, iiih, padahal Mama pengen di sun sama kamu, tau. Ah, ya, kemaren Mama liat ada yang jual balon. Ada yang bentuk pesawat, angry bird, spongebob, kamu pasti suka. Tapi kamu ini, kebiasaan, batunya suka di lepas terus balonnya terbang, terus nanti kamu nangis, terus pengen diambilin, terus begitu sampe terbang ke langit, terus karena ga ada lagi jadi pengen sesuatu kuning (permen maksudnya), terus pengen dipelukin lagi, terus pengen gambar balon, terus pengen bikin origami pesawat, terus pengen petikin daun, terus tidur. 


Eh, udah dua minggu ini kita gak main ke UPI, liat ikan di kolam depan ISOLA dan lari-lari kelilingin air mancur. Aden lari duluan sambil mainin air, Bayan lari ngikutin kamu sambil teriak-teriak berusaha menyusul Aden.  Terus kita jalan bareng ke arah Masjid Al Furqon, terus tembus ke Gegerkalong Girang dan beli camilan disana, balik lagi ke Masjid dan makan sama-sama.  Eh, kita kan pernah ngajak Nabil, dia seneng banget diajak jalan sama kita, ya.  Nanti kita ajak main lagi deh, pasti seru.


Hey, Aden. Kamu udah tinggi aja, tapi kita belum nonton ke bioskop, nih. Eh, tapi, Mama seneng banget kita berdua bisa nonton teater bareng di Dewi Asri, kamu antusias banget, Mama engga nyangka ternyata kamu suka. Setelah itu tadinya Mama mau ajak kamu nonton monolog di IFI, kamu bisa belajar banyak hal tentang kehidupan di atas panggung. Liat aktor pentas sendirian dia atas panggung, artistik yang keren, musik yang unik, tata lampu yang ajaib, kamu pasti suka. Nanti deh, mama ajakin lagi. Tadinya Mama udah ngebayangin kamu perginya pake kaos abu-abu yang ada gambar doggie sama celana cargo cream itu, kamu keren banget. Pake sandal capit juga boleh, eh tapi kan nontonnya malem, jadi pake sepatu aja, yah. Aden, kenapa sih susah banget pake sepatu maunya pake sandal mulu. Hmmm… tapi Mama juga ga betah pake sepatu, seneng banget pake sandal swallow kemana-mana, termasuk ke kampus, waktu kuliah dulu dan dimarahin temen, huhu…

Suatu hari, Mama pengen ajak kalian kemping, perginya naik bis atau naik kereta api. Ini pasti bakal seru. Kita pasang tenda, masak dan rebus-rebus jangung sama-sama. Abis itu kita keliling sekitar dan ambil beberapa foto yang bagus. Kalo cape, boleh lah di gendong, gantian, yah. Malemnya, kita liat bintang di langit sambil tukeran cerita.  Hey, inget kan tulisan mama dulu-dulu. Kita masih belum mewujudkannya. Nanti, yah, tetap di tulis di agenda biar engga lupa. Kalian mau, kan?

Aden dan Bayan, Mama sama Ayah sayang banget sama kalian. Mama yakin, suatu hari Aden sama Bayan jadi orang hebat dan kuat, orang yang survive, punya pandangan dan hati yang luas. Selalu semangat dan banyak senyum, ya.

Den, Bayan… Mama engga tau mau ngomong apa lagi. Jangan lupa shalat dan berdoa setiap mau tidur, makan, belajar, menggambar, main dan baik-baik ke teman dan saudara, ya. I love you. Peluk besar!!!

Serpong, 25 Maret 2016

Mama @imatakubesar

Ima Rochmawati

8 comments:

  1. Aih, Ima .. jadi kasuat2 bacanya ?
    Amin, semoga Aden & Bayan bisa menjadi seperti yang Mamanya inginkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiiin... Yuk ah Fauzan, nanti kita kemping bareng. Sigana seru, nya.

      Delete
  2. Kerasa banget kangennya Mbak Ima. Amiin buat doanya.. Semoga dikabulkan doa-doanya Mbak... :)

    ReplyDelete
  3. Bacany jd ikut tterharu, aamiin.. semoga terkabul yg diinginkan.. :)

    ReplyDelete
  4. Dani dan Ristin: Have fun with your lovely family, yah. Makasih udah enjoy baca surat ini :*

    ReplyDelete
  5. Harapan dan keinginan dalam doa, dituang dalam aksara lenuh makna.
    Insya Allah, dimanapun anak kita berada, Allah SWT akan selalu menjaganya.
    Semangaat

    ReplyDelete
  6. Emang kalau jauh dari anak suka kangen, pake banget ya teh

    ReplyDelete
  7. Bu Yanti: Duh,aaaamiiiin pisan, Bu.
    Tian: Yah, apalagi kalo lagi cape berat.

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv