5 Pilihan Destinasi Wisata Bali yang Tersembunyi


Pura Luhur Lempuyangan.

Kamu butuh tempat rekreasi yang indah, berhawa sejuk, sekaligus menenangkan? Kunjungi lima pilihan destinasi wisata Bali ini, yuk.
Sebagai pulau wisata, Bali menyuguhkan beragam atraksi menarik dan eksotis. Kita bisa memilih tempat liburan di kawasan pegunungan, pantai, perkotaan, candi, atau pedesaan. Namun, sebenarnya Bali lebih dari itu—banyak area rekreasi tersembunyi yang punya pemandangan menawan.
Penasaran, kan? Simak ulasan lima pilihan destinasi wisata Bali berikut ini, yah.
1.       Pura Luhur Lempuyangan
Tak sekadar tempat ibadah, Pura Luhur Lempuyangan juga menjadi destinasi wisata di Pulau Bali. Letak pura berada di puncak bukit Bisbis, berdekatan dengan Gunung Agung. Bangunan epik tersebut diyakini sebagai tempat suci sehingga pengunjung harus menjaga sikap dan perkataan saat berkunjung ke sini.
Kerenanya, untuk mencapai lokasi pura, Kamu harus naik 1.750 anak tangga. Konon, siapa pun dilarang mengucap kata “lelah” tatkala melewati tangga. Sampai di Pura Luhur, Anda bisa melihat beberapa atraksi. Salah satunya Tirta Pingit—air suci yang bersumber dari tiga buah rumpun bambu.
Selain Tirta Pingit, gapura setinggi empat meter juga menjadi spot foto favorit para wisatawan. Gapura tersebut langsung menghadap ke arah Gunung Agung. Uniknya, letak gunung tepat di tengah gapura sehingga tampak presisi.
2.       Air Terjun Nungnung
Setelah mengunjungi pura, cobalah menjelajah ke Air Terjun Nungnung. Kawasan air terjun bisa ditempuh selama 1,5 jam berkendara dari ibu kota Denpasar. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa mobil untuk menuju ke sana.
Air Terjun Nungnung termasuk legendaris karena beroperasi sejak tahun 1996. Letaknya yang berada di dasar lembah menjadikan air terjun tampak eksotis. Meskipun ketinggian air hanya 50 meter, debitnya cukup deras.
Di sekitar air terjun terdapat vegetasi tanaman tropis. Sebelum memasuki area air terjun, Kamu bisa melihat panorama persawahan dan perbukitan. Pun harus melintasi jembatan tinggi bernama Tikad Bangkung. Dari sini, Kamu dapat menyaksikan lanskap lembah hijau nan mengagumkan.

3.       Bukit Campuhan
Kamu suka berpetualang atau hiking di pegunungan? Bukit Campuhan bisa menjadi pilihan destinasi wisata di Bali yang tepat. Bukit eksotis ini memiliki trek rapi sepanjang 2 kilometer. Kanan kiri trek diselimuti panorama perbukitan nan hijau dan asri.
Sampai di Bukit Campuhan, kita bisa mengunjungi Pura Gunung Lebah. Dari pura, tampak lanskap sungai membentuk lembah-lembah hijau. Tidak ketinggalan, pepohonan tropis dan padang rumput ikut menghiasi pemandangan di Bukit Campuhan.
4.       Danau Tamblingan
Danau Tamblingan merupakan danau terkecil yang ada di Pulau Bali. Suasana di sekitar danau sarat hutan lebat, pohon hijau, dan hamparan rumput. Menariknya, nuansa spiritual di Danau Tamblingan terasa kuat.
Kekuatan spiritualitas di Danau Tamblingan terbukti dengan adanya 11 pura yang berdiri di sana. Dua di antara pura tersebut merupakan peninggalan kuno; tepatnya abad ke-10. Beberapa pura yang juga dianggap sebagai tempat sakral, antara lain Dalem Tamblingan, Pura Gubug, Pura Endek, Pura Naga Loka, dan Sang Hyang Kangin.
5.       Pantai Karma Kandara
Pantai di Pulau Bali tak hanya Kuta, Jimbaran, atau Tanjung Benoa; Pantai Karma Kandara pun layak untuk kamu jadikan destinasi wisata. Karena letaknya tersembunyi, Pantai Karma Kandara mendapat julukan the hidden paradise.
Lokasi Pantai Karma Kandara tepat di balik tebing tinggi. Pasirnya berwarna putih; berkilau saat diterpa sinar matahari. Di samping itu, laut di Karma Kandara tampak biru bening dan memberikan efek tenang.

Demikian ulasan seputar lima pilihan destinasi wisata di Bali untuk liburan akhir tahun. Dapatkan kemudahan transaksi pemesanan tiket masuk ke berbagai tempat wisata di Bali melalui situs online, seperti Traveloka.

3 Comments

  1. bali ini surganya tujuan wisata
    makasih referensinya

    ReplyDelete
  2. Bali emang surganya dunia destinasi ya mbak.Semoga ada rejeki gede jadi bisa selalu ke Bali

    ReplyDelete
  3. Aduh,saya rindu pantainya Bali. Memang ya, berbeda suasana saat lagi berkunjung ke Bali

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresiasinya. adv