Obor Asian Para Games 2018 Tiba di Jakarta

Penyerahan Obor di Jakarta


Suasana persiapan pawai obor di halaman Gedung Balai Kota Jakarta.
Foto: Ima.
Hari Minggu pagi tanggal 30 September 2018, di halaman Balai Kota Jakarta cerah dan ramai sekali. Gedung dengan cat putih dan bangunan khas peninggalan Belanda memberi suasana yang hangat. Orang-orang sudah ramai dan bersiap-siap mengikuti iring-iringan obor. Kiri kanan dukungan dari berbagai pihak, diantarnya para pemerintah, olahragawan, seniman, budayawan, para panitia, blogger, influencer, berbagai komunitas, berjibaku, bekerjasama dan hilir mudik memastikan segala kesiapan sehingga acara terlaksana dengan lancar.
 
Anies Baswedan di acara pawai obor asian para games 2018
Gubernur Jakarta-Anies Baswedan-menerima serahan
obor Asian Para Games 2018.
Foto: Ima (2018)
Pagi itu helaran Pawai Obor Asian Para Games 2018 dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka dengan gimik tarian khas Betawi yang cantik, berenergi dan ramai di teras Balai Kota. Di teras sudah duduk para pemerintah setempat ikut menyambut dan mendukung acara Asian Para Games 2018. Orang-orang pun mulai memadati halaman Gedung Balai Kota ingin menyaksikan proses serah terima obor.

Setelah dibuka dengan tari-tarian dan sambutan dari berbagai pihak, Gubernur DKI Jakarta-Anies Baswedan-mulai membawa obor ke Jalan Medan Merdeka Selatan lalu diserahkan secara estafet. Kondisi ini menggiring orang-orang memenuhi berbagai sisi jalan. Obor diserahkan secara estafet melalui berbagai public figure, ada Najwa Shihab, Bambang Pamungkas, Sheryl Sheinafia, Nirina Jubir dan beberapa public figure lainnya. Iring-iringan berlangsung cukup panjang, mulai dari Balai Kota kemudian dilanjut menuju Bundaran Hotel Indonesia, Gedung DPR RI dan berakhir di Gedung Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

keramaian asian para games 2018
Suasana jalanan begitu obor keluar dari Gedung Merdeka. Padat sekali.
Foto: Ima


Obor dari api abadi diharapkan menjadi simbol dan semangat kemanusiaan khususnya untuk penyandang disabilitas. Obor ini telah berputar ke beberapa titik kota-kota cantik di belahan Indonesia, diantaranya Solo, Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan dan Pangkal Pinang. Setiap masyarakat setempat memberi dukungan dan apresiasi yang tinggi.

peserta pawai obor asian para games 2018
Semua masyarakat turun serta meramaikan pawai obor.
Foto: Ima.

Pawai Obor

Suasana sangat ramai, semua berperan serta untuk menciptakan suasana acara yang menyenangkan dan meriah. Kesenian musik lokal tanjidor sangat memikat, membangun suasana khas tersendiri, saya seperti terbangunkan, saya ada di Betawi. Menarik dan unik. 

kostum pawai obor asian para games 2018
Pawai baju adat yang multikultur.
Foto: Ima.

Iring-iringan putra putri yang cantik dan rupawan berjalan dengan menggunakan baju khas yang multikultur. Ada yang dari Thailand, China , dll, meramaikan suasana jalanan sehingga orang-orang yang hadir ikut mengapresiasi keindahan ragam budaya Asia. Ya, seringkali ajang olahraga menjadi jembatan yang bisa mengenalkan berbagai hal, memperkuat karakter sportifitas, memahami budaya, memperkuat tali persahabatan dan memperbaiki berbagai situasi.

kostum pawai obor asian para games 2018
Foto: Ima

Lalu dari bundaran Hotel Indonesia, kita bisa melihatan jajaran Klub Mini Cooper dan VW berjajar rapi dengan berbagai model dan keunikannya. Mesin-mesinya sudah mulai dihangatkan untuk melakuian iring-iringan dari sini hingga Gedung DPR RI. Suasana tambah meriah dan menarik dengan atraksi cheerleader dan lompatan-lompatanya yang tinggi.

Banyak hal yang menarik diseputar acara pawai, diantaranya tingginya animo masyarakat yang menyaksikan iring-iringan di sepanjang jalan protokol. Karena ada acara pawai, beberapa pintu jalan pun otomatis ditutup dan para pejalan lain mencari arah alternatif. Kesempatan ini pun digunakan oleh para pedagang kaki lima untuk menjajakan berbagai produknya. Dari balon-balonan, carger handphone, hingga makanan-makanan kecil.
  Suasana pedagang di pawai obor asian para games

Tak hanya itu, saya menemukan beberapa titik menyediakan air mineral untuk para panitia dan peserta pawai. Ditengah antusiasme anak-anak yang melambaikan bendera di bawah sinar matahari langsung, banyak para orang tua ikut terbawa haru. Kerjasama yang baik terasa di lingkungan para panitia, satu sama lain cekatan dalam menjaga situasi tetap kondusif untuk acara sebesar ini.
Ini moment kejuaraan spesial yang harus disambut dengan suka cita dan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Tak hanya pemerintah tapi juga dari berbagai kalangan masyarakat, sehingga para atlet disabilitas bisa terus berkarya dan selalu semangat juang.

Waktu Tanding Asian Para Games

Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. Ajang ini merupakan kesepakan bersama sebagai ajang multisport empat tahunan yang harus dilaksanakan setelah Asian Games di negara yang disepakati. Tahun ini melibatkan 42 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee pada 18 cabang olahraga.

Cheryl Bawa Obor Asian Para Games 2018
Cheryl bersiap menerima estafet api dari obor Asian Para Games 2018,
didampingi oleh Kang Igoy (baju hitam) sebagai pembuat obornya.
Foto: Ima

Sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri Indonesia menjadi tuan rumah terselenggaranya acara Asian Games dan Asian Para Games 2018. Itu artinya berbagai tata kota dan sistem di Jakarta sudah diakui oleh Asia untuk memfasilitasi gelaran tanding bergengsi ini. Untuk kejuaraan olahraga Asian Para Games ini sudah berlangsung ketiga kalinya. Sebelumnya sudah dilaksanakan di 2 negara Asia lain, pada tahun 2010 di Guangzhou (China) dan Incheon 2014 (Korea Selatan).

Dalam ajang ini diperkirakan ada 2.800 atlet, 1.200 official dan 500 awak media dari dalam dan luar negeri. Sebuah angka yang sangat banyak dan membuka mata kita tentang potensi para atlet disabilitas yang mempunyai kemampuan dan semangat yang lebih. Tentu dengan ajang Asian Para Games ini bisa memicu siapapun untuk terus terlibat dan dan mendukung semangat berkarya dan berprestasi.


Iring-iringan Klub Mini Cooper dan VW dari
Bundaran HI menuju Gedung DPR RI.
Foto: Tika Samosir.

Awal Mula Asian Para Games


Awalnya kejuaraan untuk atlit disabilitas dibawah FESPIC Games (Far East and South Pacific Games for the Disabled) pertama kali diselenggarakan para tahun 1975 di Oita, Jepang. Tujuan awalnya untuk menningkatkan kesejarahteraan atlit disabilitas melalui partisipasi dalam ajang olahraga, memperdalam nilai pengertian dan persahabatan antar-penyandang disabilitas, dan mendukung rehabilitasi bagi penyandang disabilitas melalui aktivitas olahraga.

Lalu pada tahun 2006,FESPIC Games dihapus sehingga Asian Paralympic Commitee mengambil alih tanggung jawab dengan menyelenggarakan Asian Para Games pertama di tahun 2010. Upaya ini berbuah hasil dengan membuat kesepakatan, bahwa setiap selesai acara Asian Games harus diikuti dengan Asian Para Games. Sebuah upaya dan langkah yang patut diapresiasi, karena bisa membangun kehidupan yang lebih baik bagi berbagai kalangan.

Gambar Asian Para Games 2018


Jangan lupa, saksikan pembukaan Asian Para Games 2018 pekan ini pada tanggal 6 September 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sepertinya tak akan kalah menarik seperti pembukaan Asian Games. Karena acara akan dimeriahkan lebih dari 1500 penampil dengan konsep pertunjukan teatrikal dan melibatkan berbagai kalangan. Mulai dari penyandang disabilitas, siswa sekolah, mahasiswa serta anggota sanggar tari. Sangat menarik, kita apresiasi usaha kerja keras dan kreatifitas mereka di acara pembukaan nanti, ya.

Yuk, Kobarkan Semangat Asian Para Games 2018.

9 Comments

  1. Subhanallah aku suka salut dan terharu dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terharu banget, teh, jadi ikut terbawa semangat berkarya.

      Delete
  2. Keren acaranya ya Teh jadi teman-teman disable bisa unjuk prestasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tujuannya itu. Setiap orang apapun kondisinya, kalo optimis dan mau belajar, pasti bisa.

      Delete
  3. Yeaa sbntr lg para games dimulai. Cmn sedih ya pas asean games gempa lombok, pas paragames gempa tsunami palu

    ReplyDelete
  4. Sebuah rangkaian acara yg keren yang pasti menyalakan semangat !!! Semoga lancar Asian Para Games 2018

    ReplyDelete
  5. Subhanallah salut sama mereka yang sebenernya lebih punya kelebihan dibandingkan kita, terutama semangat belajar dan berkaryanya ya teh

    ReplyDelete
  6. Ga kalah seru ya teh Asian Para Games ini dan salut banget sama mereka semuanya.

    ReplyDelete
  7. Seru bgt ya teh... Ga sabar deh nunggu tgl 6

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv