Memasak dan Berkarya Bersama Haans and Colatte



“Mama, ice cream buatan Mama, enaaaaak!” Begitu sorak sorai anak-anak ketika melahap sedok demi sendok ice cream Haans rasa vanila.

Seneng ya kalau anak-anak merasa puas dengan makanan yang dibuatkan. Padahal saya bukan Ibu yang pandai memasak, karena masakannya itu itu aja. Dari pancake, brownies, bolu, donat, pokoknya yang sederhana dan disukai anak-anak. Itu pun karena saya selalu dibantu oleh bahan yang sudah lengkap keluaran Haans. Termasuk Ice Cream yang disukai anak-anak itu. Kita tinggal masukan bubuk ice cream, tambah air es lalu mix selama 3-5 menit lalu simpan di freezer. Anak-anak pun merasa keren banget punya Mama bisa bikin Ice Cream.

Begitu ada acara Sweet Today 5.0 yang diselenggarakan oleh Colatte and Haans di Hotel Horison Ultima Bandung, buat saya kesempatan bisa ikut dan semakin membuka dunia masak memasak. Lewat acara ini saya jadi tahu beragam dasar produk yang bisa menghasilkan makanan lezat dengan langkah-langkah mudah. Sayang sekali kalau dilewatkan, karena demo masak akan dipandu langsung 2 chef handal, Chef Arief Maulana yang spesial di bidang pastry dan Chef Nina Bertha-saya sering melihat programnya di televisi. 


Selain itu, para ibu zaman sekarang itu kan asik sekali posting foto makanannya di akun medsosnya. Di acara ini ada pelatihan food Photography bersama Sefa Firdaus. Coba deh lihat dan pelajari cara pengambilan gambar Ibu Sefa, bagus dan menarik. Soul-nya si makanan itu terasa sekali. Nah, kesempatan kali ini ,para ibu diberi tahu cara pengambilan foto dengan handphone agar foto makanan karya sendiri pun bisa terlihat menarik.



Sweet Today 5.0

Kalau perempuan berkumpul dan bicara tentang masakan dan makanan, hasilnya suka unik, menarik dan berkembang. Sama halnya ketika saya datang ke acara Sweet Today 5.0 , rupanya selain sharing ilmu memasak dan food photography, ada pula lomba mengkreasikan makanan dengan bahan dasar Haan, Bendico & Colatta oleh 6 komunitas. Hasilnya bagus-bagus dan memikat, bawaanya jadi ingin icip-icip. Saya sampai takjub sendiri, karena hasil olahan itu dibuat oleh tangan kreatif para ibu dengan langkah-langkah mudah. Jreng! Jreng! Semua ibu ternyata bisa banget membuat makanan dengan bahan-bahan yang disediakan Haans, Bendico dan Colatta. 





Lomba Memasak

Kota Bandung merupakan kota ke-5 setelah acara Sweet Today yang diadakan di Jabodetabek dan Surabaya. Sebelum acara yang menurut saya terbilang akbar-karena peserta yang mengapresiasi acara ini ada sekitar 200 orang-perusahaan yang terkenal mengusung bahan-bahan adonan kue sering mengadakan pelatihan/demo masak ke komunitas ibu-ibu di berbagai kota. 



Aktifitas ini bisa membuka kegemaran para ibu mengolah masakan menjadi lebih asik dan menyenangkan. Bahkan banyak diantara para ibu yang ikut pelatihan berharap bisa menambah keterampilan masaknya untuk mengelola bisnis makanan. Ternyata sebelum acara besar dengan tema Sweet Today-PiliHaan Ibu Semua Bisa, PT Gandum Mas Kencana sudah sering juga mengadakan pelatihan memasak dengan komunitas-komunitas para ibu. Mereka mendatangi langsung komunitas, lalu demo masak bersama-sama. Kegiatan ini tentu bisa menginspirasi kreatifitas para Ibu.

Nah, acara Sweet Today 5.0 ini ada lomba membuat kue dengan menggunakan bahan dasar produksi PT Gandum Kencana. Dari 12 komunitas, yang berhasil masuk lomba ada 6 komunitas. Semua kebutuhan dasar komunitas untuk membuat kue disediakan oleh perusahaan, dikirim ke tempat, lalu diolah oleh peserta dan hasilnya dibawa ke acara Sweet Today 5.0 untuk dilombakan. Ada yang membuatnya dari 1 hari sebelum acara, ada yang membuat malam hari. Hasil-hasil karyanya menarik dan bagus-bagus.

Para perempuan yang kreatif yang berhasil lolos dilombakan yaitu dari komunitas Sabumi, Dapur Katumbiri, Natural Cooking Club Bandung, Emak Pintar Bandung, Ikatan Wanita BRI Sumedang, Cooking & Baking Creativity. Mereka menyajikan kreasi masakan yang beragam dan bisa dipastikan rasanya pun lezat. 





Launching Produk

Peserta yang daftar ke acara ini cukup membeli tiket Rp. 100.000 untuk mendapatkan kelas workshop , makan siang dan goodie bag. Dari 200 peserta acara yang hadir di acara ini antusias sekali. Mereka punya energi yang sama, yaitu ingin mendapatkan inspirasi dan ilmu memasak yang bisa diaplikasikan untuk beragam tujuannya. Bayangkan, acara mulai jam 10.00 wib, tapi jam 09.00 wib peserta sudah cukup banyak lalu mencari kursi paling strategis. 



Sambil menunggu acara dimulai, para peserta dihibur oleh pertunjukan musik dengan lagu-lagu yang menyenangkan. Suasana tertata apik dan menarik. Di kiri kanan panggung terdapat layar untuk pemutaran video maupun presentasi. Sesekali peserta yang sudah mendapatkan kursi keliling gedung untuk melihat, memotret sajian kue-kue dan resep karya para komunitas yang lomba.

Tak lama kemudian, acara pun dimulai. Rupanya ada kejutan yang menarik, Colatta dan Haan launching produk baru. Tepatnya ada 2 jenis, yaitu Colatta Crunchy Spread (selai cokelat dengan tekstur crunchy) dan Haan Brownies Pounch (brownies cake mix) dengan harga yang lebih ramah dan cara membuatnya pun sederhana sekali. Rasanya? Nah, nanti diceritakan di saat demo masak. Karena peserta mendapat kesempatan icip-icip kue hasil olahan para chef. 



Launcingnya cukup meriah, kami dihibur oleh musik dan tarian khas Sunda, mungkin karena acaranya di Bandung jadi tarian yang disajikan pun khas setempat.



Demo Masak Bersama Chef

Ini dia momen yang ditunggu-tunggu, demo masak bersama Chef Arief dan Chef Nina. Karena pesertanya banyak dan ruangannya besar sekali. Jadi kami melihat proses masaknya di layar besar yang disediakan di kiri dan kanan panggung.

Chef Nina dan Chef Arif performing masak berbagai makanan berbahan dasar produk Colatta dan Haans, diantaranya Cheese and Crunchy Chocolate, Pie and Chocolate Brownies dan Colatta Crunchy Mooncake. Menarik sekali melihat interaksi dan cara penyampaian kedua Chef, diantara langkah-langkah mengadon bahan dasar, mereka selalu memberi tips. Misalnya memperagakan cara mencetak mooncake agar hasilnya bagus, cara bakin pie agar hasilnya bagus, tanda-tanda brownies yang hasilnya bagus yaitu yang mengkilap dan retak-retak. Saya malah baru tahu ciri-ciri brownies bakar yang berhasil seperti apa. Saya tahunya, ikutin semua cara dan takaran bahan, setelah jadi langsung makan. Kalau enak berarti berhasil. Hehe... 



Setiap selesai demo satu resep, peserta mendapat kesempatan nyicip makanan yang diolah. Saya jadi ada inspirasi membuat pie and chocolate brownies, ternyata mudah sekali membuatnya. Terutama begitu membuat adonan brownies Haans. Sesekali buat acara kumpul keluarga dan jual di toko-toko kue.

Demo masak ini berlangsung cukup lama sampai diselingi makan siang dulu karena memang waktunya untuk makan siang. Meskipun peserta cukup banyak, makan siang peserta terpenuhi dengan baik dengan menu yang spesial.



Food Photography Bareng Ibu Sefa Firdaus 



Sesi foto makanan ini salah satu yang ditunggu, begitu lihat akun instagram Ibu Sefa Firdaus saya langsung jatuh cinta. Hasil foto-fotonya bagus sekali. Begitu sampai rumah tips dan trik motret makanan dengan smartphone langsung dipraktekan, dan BELUM BERHASIL!. Ya, namanya juga belajar.

Saya coba bagi di tulisan blog ini, ya. Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan, diantaranya:

1. Kenali handphone anda: coba fitur semua yang ada di kamera, bersihkan lensa, aktifkan garis bantu (grid line).

2. Lighting:

- Kenali sumber cahaya yang akan digunakan, ada yang natural dan artificial light (cahaya buatan).

- Modifikasi cahaya yang akan digunakan: dengan diffuser dan tanoa diffuser

- Pantulan cahaya (bounce): dengan reflektor dan tanpa reflektor

3. Dengan Konsep

- Rustic

4. Komposisi (rule of third)

- Rule of Third

- Negative Space (ruang kosong)

- Kurva S

- Segitiga (triangle)

5. Sudut pengambilan

- Eye level (sejajar)

- ¾ (45 derajat)

- Atas (Bird Eye View)

6. Food Styling

- Pelajari “Hero” (makanan) yang akan difoto.

- Siapkan props dan garnish (taburan)

- Tentukan mood/suasana foto yang ingin ditampilkan.

- Siapkan “hero”

- Siapkan background/alas foto yang sesuai (Brigt BG)

7. Edit Foto

Langsung dari kamera.

Melalui Ibu Sefa Firdaus saya banyak mendapatkan ilmu motret agar hasil fotonya bagus. Karena makanan enak kalau ahsil fotonya kurang menarik, kurang bisa meyakinkan dan mewakili rasa si foto dalam memberi gambaran cita rasa makanan tersebut. 



Jadi momen Sweet Today 5.0 yang diselenggarakan cukup memberi inspirasi untuk terus bergerak dan berdaya. Sehingga kita bisa memanfaatkan kesempatan kebersamaan dengan orang-orang tercinta dengan menyajikan makanan unik dan lezat dengan cara praktis.



31 Agustus 2018

Imatakubesar

0 Comments