Amanda Brow Untuk Acara Sunatan


Begitu anak ingin di sunat, saya mulai mencari info biaya sunat, harga bahan dasar makanan dan camilan yang enak tapi sesuai anggaran. Menyiapkan acara keluarga seperti sunatan, nikahan, arisan, kekahan itu ribet-ribet gampang tapi nyenengin. Namanya juga momen syukuran, jadi pas mengurusnya juga perpaduan antara asik dan deg deg-an takut makanan gak cukup buat tamu.

Paling suka kalo mulai menata rumah, beres-beres dan menyiapkan menu makanan yang lezat. Yah setidaknya begitu ada tamu datang, rumah agak-agak rapi, ada wangi-wangi dikit, ada makanan berat, camilan enak sambil duduk-duduk di atas karpet, ngobrol seru sambil nge-teh atau ngopi. Biasanya kalau rasa makanan enak dan rumah nyaman, tidak hanya yang punya acara, tamu pun jadi ikut terbawa senang.

Saya rencananya engga bakal bikin acara yang heboh, rame, apalagi sampai ada musik panggung. Kumpul biasa aja, gelar karpet di ruang tengah dan menyiapkan makanan secukupnya di meja makan. Paling tidak kami siapkan makanan agak spesial sebagai bentuk rasa syukur aja dan membuat para tamu yang nengok bisa ikut merasa senang. Kedatangan mereka biasanya menambah energi yang positif buat kami sekeluarga.

Nah, rencananya beberapa minggu ke depan saya mau nyunatin 2 orang anak saya yang masih kecil-kecil. Di usia mereka sekarang rasanya udah cukup umur buat di sunat. Anak yang pertama masuk usia 8 tahun 11 bulan dan yang kedua 5 tahun 8 bulan. Melihat pertumbuhan mereka, rasanya baru kemaren deh di gendog-gendong sambil menatap mata beningnya.

Sebenarnya, saya udah lama ngenalin mereka tentang kewajiban di sunat buat anak laki-laki. Salah satunya kalau ada temannya yang disunat, saya mengajak mereka memenuhi undangan untuk memancing keinginan. Sambil jalan saya cerita-cerita seru tentang anak yang disunat. Awalnya mereka tidak mau dan terus tidak mau karena takut sakit, terutama anak yang pertama. Tapi sekarang sudah mulai bertanya-tanya.

“Ma, di sunat itu sakit, ga?”

“Ma, kalau di sunat itu nanti bakal banyak uang, ya?”

Katanya kalau anak sudah ngasih tanda ingin disunat maka segerakan, dan sayapun mulai menganggarkan biaya dan merencanakan waktu yang tepat untuk disunat. Saat itu pikiran saya langsung ke isi tabungan untuk menyiapkan kebutuhan kesehatan anak-anak, sajian makanan sampai bentuk acara sunatannya seperti apa.

Kalau melihat kebiasaan masyarakat disini, acara sunatan itu dirayakan seperti layaknya acara nikahan. Dengan banyak pertimbangan, saya dan suami sepakat engga akan bikin acara sunatan yang rame-rame. Tapi tetap sih di rumah menyediakan nasi tumpeng, lauk pauk, camilan enak kaya brownies kukus Amanda, kue-kue basah, untuk kedatangan keluarga dan sahabat sebagai tanda syukur.

Ya, yang penting anak selamat dan makin sehat. Kalau harus bikin acara rame-rame, saya belum sanggup, euy. Mending dananya dipakai buat kebutuhan yang lain, seperti buat kursus renang, kursus gambar atau beli peralatan sekolah.

Jadi saya mulai cari tempat berikut harga buat sunat dan mengotak ngatik menu untuk acara sesuai anggaran yang saya punya. Rencananya kedua anak saya disunat sekaligus, lagian mereka sudah sama-sama cukup umur untuk disunat. Jadi setidaknya saya harus menyiapkan makanan untuk keluarga, orang tua teman-teman Aden dan Bayan, tetangga, pengurus DKM, teman-teman dekat saya dan suami, setidaknya menyiapkan makanan untuk 150 orang.

Banyak ya, hmmm... iya sih,jumlah segini itu masih biasa, soalnya adik kakak aja udah 32 orang belum keponakan dan anak-anak keponakan. Tapi biasanya yang suka dateng ke acara arisan aja sekitar 40 orang-an (udah termasuk anak-cucu). Jumlah segitu masih terbilang setengahnya, masih banyak kakak-kakak yang gak bisa atau kurang suka ke acara kumpul keluarga. 




Begini perkiraan tamu yang bakal dateng ke acara sunatan, keluarga dihitung 50 orang, teman-teman Bayan dan Aden sekitar 20 orang, pengurus DKM sekitar 15 orang, tetangga dan teman-teman sekitar 30 orang. Hitungan kasarnya sekitar 150 orang. Nah, engga pakai acara undang-undang serius aja udah masuk ratusan.

Kalau acara serius biasanya suka ada idangan (sunda: bingkisan) yang bisa dibawa sama tamu. Isinya bisa makanan basah maupun makanan kering. Dengan berbagai pertimbangan, kayanya saya engga bakal menyiapkan idangan buat tamu. Acaranya kumpul-kumpul aja, asal anak udah selamat, sehat, menunaikan kewajiban dan menyediakan makanan apa adanya kalau-kalau ada yang menengok. Jadi saya lebih fokus ke proses sunatnya dan makanan yang enak. Setidaknya momen ini bisa dijadikan kumpul keluarga dan sahabat. 




Setelah berhitung dan orat oret menu, kayanya bakal menarik kalau makanan beratnya berupa nasi tumpeng, ayam serundeng, perkedel kentang, bihun sambel, kerupuk dan air mineral. Sementara camilannya saya pilih brownies amanda, risoles, soes, kripik-kripik. Untuk minumannya ada cendol, teh dan kopi. Kayanya segitu juga sudah cukup, ya.

Memilih nasi kuning biar terasa lebih istimewa dibanding nasi putih walaupun lauknya biasa aja. Malah tadinya engga bakal pakai ayam serundeng tapi telur aja, tapi berasa kurang afdol kalau engga ada ayam, ya.

Terus camilannya saya pilih camilan brownies kukus karena keluarga dan sahabat suka sama brownies keluaran Amanda ini. Reaksinya suka lebih heboh gitu. Di potongnya pun bisa kecil-kecil, setiap satu piring yang disajikan ada 3 jenis camilan. Setiap piring itu disusun rapi di atas karpet. Jadi kalau ada tamu datang bisa menikmati camilan sama segelas minuman dingin maupun hangat.

Kesannya kalau ada brownies Amanda di sebuah acara itu mewah ya, padahal harganya masih ramah di kantong. Lagian sekarang kan di Amanda Brownies ada 3 jenis paket dengan harga hemat, namanya Paket Amanda Brow. Setiap satu paket ada 3 macam rasa, jadi kan bakal asik kalau kita menghidangkan camilan dengan beragam rasa. 







Paket pertama namanya paket pink: jenisnya ada rasa pink marble, original dan sarikaya pandan cuma Rp. 112.900 aja. Paket kedua ada Paket Blue ada 3 jenis rasa juga, blueberry, original dan tiramisu marble cukup dengan harga Rp 114.900. Dan paket yang ketiga namanya paket choco, ada choco marble, original dan cheese cream cuma di bandrol dengan harga Rp. 133.900. Harganya masih masuk akal, jadi angggaran buat camilan bisa lebih hemat. Para tamu pun bisa nikmatin beragam rasa brownies kukus yang enak bahkan terasa lebih mewah. 



Sementara kalau risoles sama soes, saya biasanya pesen ke tukang kue langganan. Rasanya cukup enak dan harganya juga masih ramah di kantong. Tinggal telepon, kuenya nanti diantar ke rumah atau janjian ketemu di luar. Seperti juga tukang kue, Brownies Amanda juga sekarang ada fasilitas antarnya dan gratis ongkos kirim. Asik, kan.

Buat saya fasilitas-fasilitas antar kaya gini bantu banget menghemat tenaga dan pikiran. Selain fasilitas delivery, outlet Amanda juga udah menyebar di beragam kota. Di Jawa Barat ada 39 outlet yang semakin dekat dengan pusat-pusat wisata, jaraknya semakin mudah dijangkau. Keren, ya! Dulu saya suka pesen Brownies Amanda sama teman yang tinggal di daerah Margahayu. Soalnya tahun 2002-an gitu, brownies ini disukai oleh banyak orang termasuk saya. Kalau sekarang outlet Amanda sudah ada di dekat rumah, jadi tinggal naik angkot atau ojek, gak sampai 10 menit sudah sampai deh.

Selain itu, rencananya, kalau ada keluarga suami datang dari Pandeglang. Kayanya bakal pas juga buat dibawa pulang. Kemasannya juga tangguh dan browniesnya tahan lama, apalagi kalau disimpan di lemari pendingin.

Nah, sekarang saya tinggal mencari yang bantu masak buat acara hari-H. Biasanya sunatan itu anaknya dibawa ke tempat sunat subuh-subuh dan setelah sunat anak-anak pasti minta perhatian lebih. Jadi saya harus minta bantuan kakak yang mengurus masalah makanan beratnya, dari masak sampai menyajikan. Mudah-mudahan bisa tertangani dengan baik dan semua bisa menikmati acaranya dengan menyenangkan.



Bandung, 20 Agustus 2018

Imatakubesar

21 Comments

  1. di sini budayanya memang gitu ya teh, sunatan anak sama hebohnya kayak nikahan, hihihi.
    aku kepikiran kalau someday dikasih rejeki anak laki-laki, abis khitanan gak akan bikin acara apa-apa dan ngajakin anak traveling *lalu dimarahin mertua *ah, biarin aja mereun nya :))

    ReplyDelete
  2. favorite aku tuh amanda yang cheese cream, asik ada paket choco nya beli ah

    ReplyDelete
  3. Waduh, adek Bayan udah mau disunat aja sih, dulu masih digendong2 hehehe.

    Fathir juga rencananya tahun ini mau disunat Teh, pesen brownies amanda kayaknya cucok juga yah :))

    ReplyDelete
  4. Inimah favorit aku banget, lebih suka ini daripada cake artis, nanti mau beli ah, ngacay mode on

    ReplyDelete
  5. Waaah asikk rasa barunya mupeng pisan, mumpung deket rumah yang cabang rancabolang nih teh beli ah

    ReplyDelete
  6. Kalo ditempatku ada yg di sunat, pada diem2, ojol2 bagi2 nasi kotak bertuliskan syukuran sunatan, ya udah palingan besoknya suka ngamplop ke rumahnya hahahahaa

    Eh, pernah waktu itu juga dikasihnya sekotak ewang Brownies Amanda kebeneran deket rumah yg punyanya.

    ReplyDelete
  7. Tahun depan kayaknya FAthan mau sunatan juga, hihihi kece nih idenya, moga promonya masih ada yaa

    ReplyDelete
  8. Baru tau amanda kini ada paket-paketannya

    ReplyDelete
  9. Memang praktis ya Amanda Brownies ini. Yg paling penting...enak! XD

    ReplyDelete
  10. Semoga lancar acaranya... Amanda ini langganan saya... Tp kalau bikin acara malah ga pernah beli, soalnya pasti ada aja tetangga atau sodara yg bawain amanda hihihi...

    ReplyDelete
  11. Wah jadi lebih spesiaal ya kalau bidangannya pakai bolu amanda brownies...:)

    ReplyDelete
  12. Wah, semoga tidak nangis ya, pas di sunat :)
    terus itu promo brownis amandanya sangat menggiurkan...

    ReplyDelete
  13. oalah rasa barunya bikin ngiler deh di paket gitu jadi lebbih murah ya teh

    ReplyDelete
  14. Amanda Brownies variannya makin banyak ya Teh? Suka kalo makan brownies yang fresh from oven gini.

    ReplyDelete
  15. Bayan udah gede, ya. Masih inget dulu waktu jalan bareng ke Jogja naek kereta hihihi Semoga jadi anak yang soleh, ya. Eh lupa adiknya Bayan itu siapa? Sama doanya juga semoga jadi anak yang soleh trus ga rewel juga abis sunatannya, ya. By the way, aku mah mau bantuin makannya aja. Ga akan bantuin masak. Gimana? *kabuuur*

    ReplyDelete
  16. Telah hadir pertama di Indonesia, Platform Trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Dengan bonus deposit pertama kali sebesar 10%** T&C Applied.
    Minimal depo Rp. 50.000,-

    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Rasakan pengalaman trading yang light, dengan payout 85% proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama.

    Hayo bergabung bersama kami HASHTAG OPTION di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete
  17. Kok nggak kerasa ya Alif sama Boyan udah mesti disunatin lagi

    ReplyDelete
  18. aku kurang suka manis-manis tapi amanda brownis emang enak ga eneg

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv