Rak Buku Unik, Mau!

Rak Buku Unik.


“Iqro!” yang artinya baca. Nah, kata ini yang buat saya terngiang-ngiang. Meskipun baca disini tidak selalu buku. Tapi membaca lingkungan, membaca alam, membaca diri, buku sebagai salah satu media yang jadi referensi proses pengumpulan “membaca” ini.

Melalui berbagai macam jenis bacaan (buku, majalah, komik, dll), seringkali membuka banyak hal. Ada saja jalan keluar dari pertanyaan-pertanyaan yang sering menggelitik pikiran. Secara tidak langsung, toko buku dan pameran buku jadi salah satu magnet sendiri untuk beralasan membeli buku meski isi dompet sedang cekak.

Lama kelamaan buku-buku di rumah jadi banyak dan bertumpuk. Meski, ya, ada yang sudah dibaca beberapa kali bahkan ada yang belum dibaca sama sekali. Saya mulai cari-cari referensi beragam rak buku unik buat sekalian bebenah rumah biar lebih cantik. Rak buku yang unik dan susunan koleksi buku yang dicintai. Pasti suasana rumah jadi asik.


Rak Buku Bisa Menstimulus Semangat Baca
Buku jadi satu dari beragam hal di dunia yang saya suka. Saya jadi punya banyak koleksi dari berbagai genre. Dari jenis buku kumpulan cerpen, novel, filsafat, culture studies, puisi, majalah, psikologi terapan, sejarah, dll. Sama kaya teman-teman lain yang hobi sama, koleksi bukunya bejibun. Sampai saya pengen berenang diatasnya.

Selain koleksi, salah satu hobi lainnya adalah menata buku biar rapi dan terawat. Meski kadang saya bosan, lalu buku-buku itu ditumpuk begitu saja di atas meja, karpet, kulkas, ya, diatas kulkas kalau lupa nyimpen.

Makanya, rak dibutuhin banget sama kita para bookworm. Nah, kenapa sih perlu punya rak yang unik?

Soalnya, dengan melihat buku yang ditata dengan rapi dan menarik, secara gak langsung semangat membaca bisa naik. Bayangin kalau lagi mau baca, eh ternyata lemarinya berdebu, suram, kotor, membosankan. Selain itu, buku juga perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak dan berjamur.


Jenis-jenis kayu yang cocok untuk rak buku minimalis

Unsur penting yang memengaruhi kualitas rak buku adalah bahan pembuatnya, kayu. Supaya bisa memilih rak dengan kualitas yang diinginkan, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis kayu sebagai bahan pembuat rak tersebut.

• Kayu solid. Bahan ini terkuat dan paling tahan lama disbanding kayu olahan. Sayangnya, persediaannya terbatas dan harganya sa ngat mahal. Proses pembuatannya juga memerlukan keterampilan khusus. Pengeringan harus sempurna agar kayu tak susut.



• Kayu jati. Jenis ini banyak diminati karena kualitas dan ketahanannya terhadap cuaca dan rayap. Seratnya juga menarik. Jati adalah kayu kelas satu yang banyak diolah menjadi perabot berkelas.

• Kayu lapis. Kayu olahan ini biasa disebut tripleks atau mutipleks. Dibuatnya dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi.

• Blockboard. Merupakan potongan kayu kotak-kotak kecil, dipadatkan dengan mesin dan diberi pelapis. Hasilnya menyerupai papan dengan ketebalan 12 mm, 15 mm, dan 18 mm.

• MDF (Medium Density Fibreboard). Terbuat dari kayu halus dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan dengan suhu bertekanan tinggi. Biasanya digunakan kayu sisa perkebunan dan bambu.

• Particle Board. Particle board dibuat dari partikel sisa seperti serbuk gergaji dan serpihan kayu. Prosesnya mirip MDF, namun lebih kasar dan tidak beraturan.

Model rak buku minimalis ter-hits: gantung, melayang, telepon inggris

Selain jenis bahan, model rak juga memengaruhi suasana ruangan loh. Di bawah ini desain rak buku yang ada di pasaran.

• Model biasa. Seperti pada umumnya, berbentuk lemari kayu panjang berdiri di lantai. Keuntungannya adalah dapat memuat banyak koleksi. Harganya pun beragam, mulai dari 200 ribuan sampai dengan jutaan rupiah.



• Gantung. Biasanya berupa papan kayu atau lemari yang ditempel di tembok. Jenis gantung cukup popular bagi penggemar desain interior minimalis. Selain menghemat tempat, lemari gantung menambah nilai estetik desain interior rumah.

• Melayang. Modifikasi dari tipe gantung, model melayang juga dikaitkan pada tembok. Bedanya, rak tidak akan kelihatan jelas. Ketika kita letakkan buku di atasnya, koleksi kita terlihat seperti melayang.

• Model unik. Saya menemukan desain ala telepon Inggris. Jenis ini cocok bagi orang yang menyukai desain unik.


Rak buku ini lagi trending di marketplace online

Ada satu model rak buku yang lagi ngetren di marketplace online. Bentuknya unik banget. Kepala banteng. Nah loh, kaya gimana tuh?

Jadi produk ini bentuknya kaya rak gantung. Nah, kayu-kayunya disusun membentuk seperti kepala banteng. Buku diletakkan di sisi-sisi dalamnya. Lucu banget kan! Gak cuma bentuknya yang unik, produk ini bisa jadi penyimpan buku dan sekaligus hiasan dinding. Dijamin ruangan akan meningkat kadar estetikanya dengan produk ini.

Orang kreatif yang mengeluarkan Rak kepala adalah merek Anila. Brand ini berasal dari Bantul, Yogyakarta. Anila memproduksi beragam perabot yang terbuat dari kayu. 



Seringkali pengen rak buku yang unik dan nyeni kaya di instagram dan website Anila, bisa menstimulus energi positif. Sekarang ini, orang-orang makin kreatif aja bikin bentuk rak buku dengan teknis dan keahlian yang tarasah. Kalau rak buku unik, tentu saja bikin suasana nyaman dan semangat baca meningkat.


Beli rak buku di Qlapa untung banget!
Buat yang kreatif seperti brand lokal Anila, dia memasarkan rak buku di Qlapa.com. Situs ini menghubungkan pengrajin lokal dengan konsumen. Uniknya, hanya pengrajin yang bisa berjualan di sini, reseller tidak. Makanya, harganya relatif terjangkau karena rantai pasarnya pendek.

Gak cuma pengrajin kayu kaya Anila doang loh yang jualan di sana. Ada juga pengrajin dari beragam produk, seperti pakaian, aksesoris, sampai alat kecantikan. Meski barangnya banyak, nyarinya gak susah. Situs sangat user-friendly. Ada fitur pencarian dan kategori. Jadi, kalau mau cari barang yang diinginkan kita bisa mencari kategorinya dulu.

Katanya, situs ini menyeleksi barangnya dulu sebelum dipasarkan, rasanya tidak perlu khawatir deh soal kualitas. Jadi, jarang banget ada pembeli yang kecewa sama barang di sini.

Kalau kita tertarik untuk membeli, uang tidak langsung masuk ke pengrajin. Tapi melalui situs Qlapa dulu. Nah, setelah pembeli udah konfirmasi, baru deh uangnya diteruskan ke rekening pengrajin. Menarik ya, pembeli dan penjual jadi terjaga keamanan jual belinya.

Setelah lihat-lihat situs ini, saya sukaaaa!  Sepertinya saya mau mulai menabung atau mulai list barang-barang yang mau dibeli untuk menata sedikit sedikit rumah yang mulai semakin menua. Maklum, rumah peninggalan orang tua, jadi harus banyak dibenah sana sini. Salah satunya: rak buku.

Bandung, 13 Februari 2017
@imatakubesar

Sumber Foto: Qlapa dot com

Ima Rochmawati

16 comments:

  1. rak bukunya lucu banget ya,
    langsung meluncur ke qlapa, wah lucu2 yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu-lucu banget, ini juga lagi liat2 terus.

      Delete
  2. Kalau rak bukunya bagus minat baca naik juga ngga ya? Tp sayang kan kalau bukunya dibiarin berantakan ngga punya tempat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung niat, Teh Risky, hahahaaaaa...

      Delete
  3. Rak bukunya meuni lucu dan kreatif banget sih bentuknya, gemaaash!

    Rak buku aku sudah kurang representatif euy, kayaknya mah harus ganti hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, pas liat2 rak buku di qlapa meuni kabita pisaaaan.

      Delete
  4. Bener banban sebagai Book lovers harus punya rak buku, semoga nanti bisa punya rak buku yang artistik biar lebih semangat ✊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus punya, harus punya, hiikkksss...

      Delete
  5. Jaman sekarang mah rak buku banyak modelnya ya Imaa, semakin menarik minat baca, tapi kadang cuma jadi pajangan aja denk hahHa
    Btw itu yang merah lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yg merah cociks banget dengan hatiku yg selalu menggebu, teh nchiiieee..

      Delete
  6. Selama ini naro buku di lemari excel doang, jadi nggak keliatan. Harusnya mah di rak gini ya teh, biar bikin semangat baca 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lemari excel bagus sih, biar buku ga berdebu, tapivwarna warni bukunya kurang terlihat artistik, leubar.

      Delete
  7. Rak bukunya baguus...unik dan artistik ya...

    ReplyDelete
  8. Desain Rak di atas sangat bagus kamu letakkan diruang tamu, ini akan menarik tamu yang datang untuk membaca buku dan kamu sudah termasuk mengembangkan minat baca.

    ReplyDelete
  9. Dari tahun kemarin udah ngebayang-gayangin banget pengin punya rak buku. Liat-liat di sana ah.

    ReplyDelete
  10. Lucu-lucu rak buku uniknya, Teh 😍

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv