CBN Mendukung Pergerakan Smart City

Kebutuhan Internet Cepat




PT Cyberindo Aditama (CBN) adalah perusahaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang bertumbuh dari tahun 1996. Sebagai pionir perusahaan penyedia Internet Provider, CBN mengenalkan bisnis terbarunya dirangkum dalam acara CBN DIGITAL NATION di Paskal Hypersquare Bandung.

Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017, perusahaan ini diresmikan sebagai Digital Service Provider. Pergerakan ini menjadi salah satu bagian penting mendukung produktifitas hidup sosial. Karena CBN menyediakan data hingga 1 Gbps.  Sebagai gambaran, dengan provider 1 Gbps kita bisa membuka 6 layar youtube tanpa buffering dan download data dari 100 MB-2 Giga hanya memakan waktu beberapa detik saja.

Kekebutuhan internet cepat sekarang ini semakin tinggi, mengingat pergerakan dunia yang bergerak saling berkejaran.  Meskipun kebutuhan dan kemampuan masyarakat terhadap percepatan teknologi masih beragam. Tapi dengan pergerakannya, masyarakat mau tidak mau akan belajar dan beradaptasi terus dengan perkembangan teknologi.  Dari urusan streaming, browsing, download, bersoasialisasi, berkomunikasi, branding, berkirim email, menebarkan dan mendapatkan ragam informasi segala bidang hingga terhubung dengan berbagai organisasi hingga pemerintah.    


Menarik sekali melihat dan mengikuti perkembangan fungsi digital saat ini. Teknologi menumbukan orang-orang semakin kreatif dan jeli dalam menciptakan aplikasi digital yang daya guna di masyarakat. 


Orang-orang yang membutuhkan aplikasi tersebut bisa semakin terbantu dalam berkarya, membuat setiap individu lebih produktif membuat konten. Setiap orang bisa menjadi konten creator yang punya ciri khas, atau hanya penikmat konten, bahkan bisa jadi penggagas pergerakan yang memperbaiki kondisi sosial budaya di masyarakat.  Semua unsur ini saling membutuhkan, melengkapi dan memberi manfaat.


Saya dan salah satu peserta lomba cosplay.
Foto: Erry

Teknologi yang bergerak cepat ini selalu dikejar/dipelajari oleh masyarakat, mengingat banyak sekali manfaat dan memudahkan pergerakan. Manfaat dua sisi, baik dari kreator maupun pengguna. Sehingga meluaskan keuntungan finansial, menghemat jarak, memperluas jaringan, memudahkan proses interaksi antara personal dan efektifitas waktu.

Situasi sosial masyarakat kini tak lepas dari kebutuhan internet. Dari kebutuhan rumah tangga, pergaulan sosial, kepentingan bisnis, pergerakan sosial, hingga hiburan buat anak-anak.


Katakanlah ketika para orang-orang mencari konten kesehatan, parenting dan resep-resep makanan selalu dicari di website dan aplikasi khusus. Begitupun dengan remaja yang suka dengan film, buku, games, mencari mata pelajaran dengan mudahnya men-download. Tak ketinggalan anak-anak bisa mudah mempelajari dan mencari film kartun di youtube, games-games di google play. Para pengusaha mengembangkan bisnisnya di jejaring media sosial seperti facebook maupun instagram untuk melakukan penjualan dan transaksi yang dilakukan dengan aplikasi digital.

Tak hanya seputar hiburan, proses-proses pembayaran pun menggunakan fasilitas digital.  Cara ini lebih memudahkan pergerakan masyarakat, seperti pembayaran BPJS, listrik, jual beli online, transportasi online hingga pendaftaran online antri di rumah sakit. Proses-proses ini dapat meringkas waktu dan tenaga.  Dengan adanya alat berupa laptop, smartphone dan didukung dengan data yang cukup, kegiatan ini menjadi lebih mudah. 

Jadi tak hanya pengguna, justru pembuat konten mempunyai peran penting dalam dunia digital.  


Kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan Malang mencanangkan diri sebagai smart city.  Maka sudah seharusnya langkah ini didukung oleh infrastruktur internet service provider yang memadai.  Besarnya layanan internet yang besar tentu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengoperasikan aplikasi dan website dengan cepat.  Pemasangan provider di berbagai fasilitas umum, bisa menjadi alternatif fasilitas internet yang dimanfaatkan oleh publik untuk memudahkan pergerakan sosial. 

Dengan adanya fasilitas infrastruktur dan teknologi komunikasi yang memadai, pemerintah dan masyarakat bisa saling mengontrol, berinteraksi, cepat tanggap dalam menghadapi berbagai persoalan dan kondisi sosial.  Percepatan dan produktifitas masyarakat ini sudah seharusnya ditopang oleh percepatan internet yang baik.   

Sangat mungkin pada suatu hari, tak ada lagi ruang kerja dan ruang interaksi yang terbatas. Sekarang pun sudah mulai menuju ke sana.  Seperti halnya orang-orang yang kerap bermain games online, dia bisa bermain game terhubung dengan orang-orang yang tidak dikenalnya, bisa antar kota bahkan negara.

Tak hanya itu, sebuah aplikasi chatting seperti WhatsApp, bisa membuat beberapa pihak bisa berkomunikasi dengan lancar untuk membuat sebuah event dari konsep hingga bentuk jadi. Paling hanya satu kali pertemuan lalu bertemu lagi di satu event yang sama. Interaksi selama menjelang berlangsung, dilakukan lewat alat komunikasi seperti WA, line, messengger, e-mail sambil melakukan aktifitas-aktifitas yang lain. Semua terhubung oleh internet.

Bahkan untuk membangun komunitas di dunia digital kini bertebaran seperti jamur.  Semua orang terhubung satu sama lain untuk membangun komunikasi produktif hingga saling meningkatkan keahlian dalam bidang yang diminatinya.   Setiap orang dengan profesi dan kehidupan masing-masing bisa saling terhubung di dalam satu aplikasi media sosial karena mempunyai kegemaran yang sama, seperti di dunia literasi digital yaitu komunitas blogger.



Ramainya Apresiasi CBN Digital Nation

Saya berangkat dari rumah pakai aplikasi Grab karena dapet diskon khusus untuk perjalanan ke acara CBN Digital Nation untuk 1000 penumpang pertama. Hari itu di Paskal 23 Bandung ramai oleh beragam orang. Dari bloggers, pelaku games, instagramers, pecinta cosplay, dimana mereka adalah orang-orang yang berkegiatan dan kreatifitasnya banyak menggunakan internet sebagai ruang mengolah diri dan berkaryanya. 



Karena acara Digital Nation, meskipun saya bukan generasi muda tapi saya perlu tahu perkembangan digital yang bergerak seperti musim.  Ternyata di acara itu saya pun bertemu dengan blogger-blogger keren.  Ada Mba Wawa, Bunda Intan, Erry, Kang Iden, Kang Ali, Kang Ade Truna, Euis, Mba Suci, Rani, Noniq, Teh Yuli, Mba Zata, Mba Alaika, Teh Nia, Dedew, Jang Ipan, dan banyak lagi blogger berhamburan ke acara ini.  

Selalu asik kalau bertemu dengan mereka meski ngobrol-ngobrol sebentar, karena saya selalu dapat ‘bahan bakar’ semangat dan pengetahuan baru. 


Seperti yang disebarkan di media sosial, acara CBN Digital Nation ada beragam lomba. Dari lomba live twit, postingan IG Quiz, FB Quiz, doorprize, kontes cosplay dan postingan Blog. Untuk quiz di media sosial diumumkan malam itu juga sementara untuk lomba blog berlangsung cukup lama sampai tanggal 28 November 2017 (1 bulan waktunya). 


Selain ingin ikut beberapa kontes, tentu ingin mengetahui seluk beluk CBN sebagai Digital Service Provider.  Kalau sudah tahu dan cocok dengan fasilitas yang dimiliki CBN, tentu bisa jadi bahan pertimbangan untuk menyediakan fasilitas ini di lingkungan rumah agar kami semakin produktif dan lebih aktif melahirkan karya.

Pagi Itu

Meja tamu ada 2 buah, satu meja untuk pengunjung para gamers dan satu meja untuk media dan bloggers.  Begitu mengisi buku tamu, saya diminta untuk download di smartphone android yaitu Dens.Tv.  Dari situ saya jadi tahu, dengan aplikasi ini saya bisa nonton chanel televisi kesayangan.  Wuih, keren!.  Kepikiran ya orang membuat aplikasi seperti itu.  Nah, kalau kamu mau mencoba download, ini linknya

Sementara di meja tamu para gamers, lebih banyak pengunjungnya, antri hingga mengular.  Antusias mereka sangat tinggi, sampai-sampai sebelum gedung Paskal 23 belum dibuka mereka sudah datang.  



Upaya pengunjung ke acara ini memang sesuai dengan harapan, karena di tempat berlangsungnya diisi dengan pameran beragam hardware, aplikasi online seperti CNB, MMP Media Solution, Lenovo, JD.ID, JBL, Galax, Digital Alliance-Paint, Colorfull, Cooler Master, TT Esport, MSI, Logitech, LG, DX Racers, dan Seagate. Selain itu ada pula acara NVIDIA Games Event; DOTA2 & CSGO Final Competition, Meet and Greet eSport & Cosplayer Idol NIX1A dan NXA Ladies, EVOS, NXL, Clarissa Punipun, lelang produk, hiburan musisi lokal KataKita Band, digital competitions, serta doorprize dengan total hadiah ratusan juta rupiah.



Peresmian CBN Digital Nation

Pembukaan acara di ruang utama Paskal 23 riuh oleh suara jimbe dan tarian Sunda. Langit-langit dengan artistik dedaunan berwarna coklat, menggema dan menambah hangat suasana pagi itu. Tarian yang gagah juga cantik berpadu dalam tubuh seniman tersebut. Sangat indah.




“Kampanye CBN Digital Nation merupakan salah satu program kami untuk menyiapkan masyarakat untuk lebih digital. Kami harap ke depannya bisa menggelar CBN Nation di pelbagai kota lain di Indonesia untuk memberikan digital user experience yang menyenangkan bagi masyarakat,” Menurut Dani Sumarsono, President Director CBN.



Kemudian Bapak Dani Sumarsono sebagai Presiden Direktur CBNmenjelaskan secara runut sejarah CBN dari bisnis jaringan, provider hingga pembuat konten.  Perubahan ini diikuti dengan adanya kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi terhadap konten dan internet cepat. 

Pada mulanya Bapak Walikota Bandung Ridwan Kamil bisa hadir untuk meresmikan dan ikut mengapresiasi acara CBN Digital Nation.  Tapi karena harus datang ke Surabaya, peresmian acara ini digantikan oleh Bapak Mulyana Kepala Infrastruktur TIK.  

“Bapak Walikota Bandung sangat apresiatif atas langkah yang dilakukan oleh CBN yang bisa mendukung proses kota bandung sebagai smart city, sehingga memudahkan komunikasi dan meningkatkan ekonomi kota.” Sambut Bapak Mulyana dengan ramah dan gembira.

Cukup menarik perhatian ketika CBN Digital Nation diresmikan di Kota Bandung. Rupanya pemilihan Kota Bandung sebagai tempat peresmian, mengingat kota ini sudah dicanangkan sebagai smart city. Oleh karenanya untuk menjadi smart city tentunya fasilitas provider, aplikasi yang mendukung harus ada dan mudah digunakan oleh masyarakat. Meskipun dalam prosesnya, penyediaan fasilitas tersebut butuh banyak penyesuaian, proses edukasi penggunaan agar akrab di masyarakat.

Acara ini dilanjut dengan beragam acara di masing-masing booth. Pengunjung yang datang bisa mengunjungi masing-masing booth untuk meminta cap. Dan di booth itu setiap pengunjung harus buka aplikasi maupun like page mereka di media sosial. Secara tidak langsung, para pengunjung jadi mengenal dan mengapresiasi satu persatu hardware maupun fungsi aplikasi yang di pamerkan. Tak hanya itu, setelah berhasil dapat cap, pengunjung dapat merchandise yang unik.

Sekitar jam 14.00 WIB, ada doorprize buat pengunjung yang menulis daftar tamu dan memasukan kartu nama.  Ada beberapa teman media dan blogger yang mendapatkan kesempatan mendapat voucher belanja sebesar Rp. 500.000.  Teman-teman blogger yang beruntung itu ada Teh Euis, Kang Iden dan Kang Hilman yang bisa dibelanjakan produk di JD.ID.



Di sekitar acara, ada sekelompok orang yang memakai cosplay (costum-play).  Mereka memakai kostum tokoh-tokoh anime, manga, dongeng, permainan video yang unik.  Buat saya ini hal yang baru, karena saya zamannya penyuka Doraemon, Conan, Topeng Kaca dan Candy-Candy.  

Tentu, setiap masa remaja punya tokoh andalan sendiri sesuai zaman.  Jadi saya sangat asing dengan cosplay yang mereka pakai saat itu, tapi saya lihat dari sisi upaya mereka membuat cosplay.  Dari kostum yang dibuat dengan detil dan digarap serius, make up yang detil dan unik hingga gesture tokoh si pengguna cosplay pun gayanya kartun pisan.  Sangat menarik.  

Tentu, setiap remaja punya tokoh andalannya sendiri sesuai zaman tentunya. Jadi saya sangat asing dengan cosplay yang mereka pakai, tapi saya lihat dari sisi upaya mereka membuat cosplay sampai make up dan gesture tokoh si pengguna cosplay pun gayanya kartun pisan. Kostum maupun make upn-nya detil sekali dan sangat menarik.

Perkembangan zaman terjadi karena proses pergerakan ilmu pengetahuan, informasi dan komunikasi bergerak cepat. Tentu didukung oleh infrastruktur dan pemerintah yang berfikir maju. Sehingga sekarang beragam hal begitu mudah diketahui, banyak inspirasi yang bertebaran membuat setiap orang dapat mengasah diri dan berkarya sesuai bidang yang ingin didalaminya. 




Ima Rochmawati

13 comments:

  1. Waaah kereeeen nih teh ima. Cepat selesai.Infonya lengkap pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya masih banyak yang pengen diceritain, tapi bisi yang bacanya bosenen, Bu.

      Delete
  2. wuiih, bener banget yaa, semoga kita semakin smart karena berada di smart city

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, smart segala rupa, ya. Biar hidup makin efektif dan produktif

      Delete
  3. walaupun bukan generasi muda tapi kita makmak muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uyeeeee... generasi makmak yang senang belajar, ya, Bun.

      Delete
  4. Cara daftar di CBN itu gimana, bi ima? Ini sama kayak Indi*ome gitu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, Lu. Tapi pilihan kapasitasnya sampe 1 Gbps.

      Delete
  5. Internet super cepat itu idaman banget. Mengingat hobiku yang ngumpulin drama Korea. Tapi entah kapan nontonnya...
    Yang pasti, internet cepat, kerjaan juga cepat beres.

    CBN keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Len, ikut lombanya juga atuh, sugan jadi doa.

      Delete
  6. Wah kerenlah Bandung, sing makin jadi wilayah paling kreatif se Indonesia Raya! Trus kumaha cara daftarna, Im?

    ReplyDelete
  7. teh imaa, bener bgt ih, skrg ya.. kalau ga ada internet ga bisa muna pasti rasanya ada yg ilang. Ada internet tapi lemot duhh bikiinn nyiksa pisaann

    ReplyDelete
  8. Internet cepat bikin hepi ya, Teh :)

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv