Beberapa Kondisi yang Mewajibkan Penutup Jendela Pesawat Harus Dinaikkan

Untuk Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat, pasti sudah tidak asing lagi ketika pramugari mengingatkan agar penutup jendela pesawat dinaikkan ketika pesawat akan mendarat maupun lepas landas. Ternyata, terdapat sejumlah kondisi dan alasan yang memaksa penutup pesawat harus dinaikkan. Terapat aturan tertentu untuk menaikkan penutup jendela pada pesawat yang berkaitan dengan prosedur keselamatan. Bagi yang belum paham alasan di balik semua itu, di bawah ini akan dibahas singkat mengenai prosedur tersebut.

Regulasi
Setiap moda transportasi pasti memiliki peraturan keselamatannya sendiri-sendiri, termasuk dengan pesawat. Salah satu yang berpengaruh besar yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan penumpang dalam penerbangan adalah tentang membuka penutup jendela pesawat. Prosedur ini sudah jelas tertuang dalam peraturan yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA). Hal ini berkaitan dengan antisipasi seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selepas pesawat tinggal landas maupun mendarat. Jadi, jika Anda mendengar instruksi dari pramugari semacam ini, jangan ragu untuk menjalankannya. Lagipula semua itu dilakukan guna kenyamanan sendiri nantinya.




Evakuasi
Dalam peraturan FAA disebutkan bahwa ketika situasi darurat dan dibutuhkan evakuasi, awak kabin hanya memiliki waktu sebanyak maksimal 90 menit untuk mengarahkan semua penumpang keluar dari pesawat. Tentunya dalam situasi yang paling buruk, keadaan di dalam pesawat pasti gelap sehingga jalan cahaya masuk satu-satunya adalah dari jendela yang sudah dibuka penutupnya. Maka dari itulah pentingnya membuka penutup jendela.
Dalam situasi genting semacam ini yang harus diutamakan adalah keselamatan. Jadi setiap penumpang harus mengikuti instruksi dari awak kabin dengan patuh dan tertib. Tinggalkan saja barang bawaan yang akan menghambat proses evakuasi. Bawa saja hal yang penting semacam dokumen yang sudah lebih dulu dimasukkan ke dalam tas kecil.

Peduli Prosedur Keselamatan
Prosedur semacam ini sudah sering disampaikan oleh pramugari maskapai manapun setiap kali hendak lepas landas dan mendarat. Peraturan membuka penutup jendela juga adalah aturan standar yang akan ditemui baik di penerbangan domestik maupun penerbangan mancanegara. Semua penumpang yang ada di dalam pesawat harus mematuhi prosedur semacam ini walaupun kedengarannya sepele.
Posisi duduk di dekat pintu darurat, sering diberikan kepada pria dewasa yang dipandang cukup kuat jika harus membuka pintu darurat dalam keadaan mendesak. Dalam proses evakuasi, semua penumpang harus bisa saling bekerja sama dan tidak malah menyulitkan. Semua tentunya panik, tetapi harus diingat bahwa semua yang ada di dalam pesawat berhak untuk selamat.
Selain agar cahaya bisa masuk, salah satu alasan jendela harus bebas tanpa penghalang saat akan mendarat maupun lepas landas adalah agar kru pesawat bisa memeriksa kondisi di luar pesawat. Jika terlihat aman, maka penumpang bisa segera dievakuasi melalui pintu darurat yang terdekat. Jangan sampai karena jendela tertutup dan situasi di luar tidak terprediksi, maka justru dapat membahayakan penumpang ketika keluar dari pesawat.


Ketika penutup jendela pesawat terbuka, maka kru pesawat bisa melihat situasi di dekat pintu darurat yang akan digunakan sebagai pintu keluar. Jika terdapat percikan api maupun air yang menggenang dan halangan lainnya, maka kru bisa segera mengarahkan penumpang untuk keluar melalui pintu darurat yang lain. Demi keamanan dan keselamatan tersebut, Anda harus selalu mematuhi aturan yang berlaku di dalam penerbangan. Pastikan Anda memahami prosedur keselamatan agar bisa mengambil keputusan yang tepat jika terjadi hal yang di luar harapan.

Ima Rochmawati

3 comments:

  1. Aku baca ini kok ngeri sendiri ya huhu. Terakhir naik pesawat tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaaa... sama aja, kaya kita nyebrang jalan, liat kiri kanan dulu. InsyaAllah aman. Atau dikasih tahu sama dokter tentang "resiko" operasi, kalo kita jalan sesuai aturan dan percaya, yakin deh semua lancar sentosa ;)

      Delete
  2. Udah lama ga naik pesawat huhu.. Thank teh Ima share nya

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv