Roasting Kopi Di Bandung: Malabar Roastery


Di negara tropis seperti Indonesia, tumbuhan kopi menyebar disetiap sudut dataran tinggi bahkan dataran rendah seperti di Malang. Sehingga minuman berbahan dasar biji kopi, melekat dan menjadi salah satu kenikmatan setiap orang. Masing-masing daerah, punya gaya dalam menyeduh dan mengolah kopinya menjadi racikan yang terbaik. Kopi menjadi salah satu bagian yang menciptakan suasana sendiri, kumpul dan dialog-dialog antar manusia menjadi pas. Seolah ada kekuatan yang menyimpulkan jiwa para penikmatnya.

Kini penikmat kopi di sekitar kita, semakin melek pada jenis kopi segar atau kopi yang diolah langsung setelah disangrai. Ada tempat yang menarik, dimana kamu bisa menikmati seduhan kopi sambil menyaksikan bagaimana kopi di sangrai di tempatnya. Namanya Malabar Roastery, lokasinya di Jl. Komplek Luxor No. 29 Bandung.


                            

Buat yang masih asing daerah ini, Luxor* dulunya adalah sebuah bioskop di daerah Kebon Jati Bandung. Dulunya Luxor ini bernama Preanger Theatre, namun berubah berturut-turut dari Orion, Luxor dan Nirmala, kemudian bubar sekitar tahun 1980-an. Sampai sekarang, cukup banyak bangunan-bangunan peninggalan kolonial yang masih tersisa meski beberapa lebih banyak tidak terawat. Ada hotel, gereja, pasar (yang kini sudah hilang sisa peninggalannya), toko-toko kelontong, terminal stasiun hall.

Sepertinya, dulu di daerah ini para tuan tanah dan para kolonial Belanda berbondong-bondong merebahkan lelah dari perkebunan menuju kota. Salah satu titik keramaian yang dituju adalah daerah Kebon Jati dan Jl. Braga. Di sana selain pasar ada motel-motel, rumah makan dan café. Perputaran bisnis terjadi di sana, sehingga tumbuh pergerakan yang menumbuhkan budaya dan kehidupan sosial yang khas. Sepertinya begitu.


                          

Kini, sisa-sisa kehidupan dan peradaban berpuluh tahun yang lalu tidak begitu menarik. Bangunan-bangunan berdempetan, setiap rumah pasti menjadi ruang produktif yang bisa menghasilkan uang. Jalan padat merayap oleh mobil-mobil yang saling bertumpukan. Ruang hijau pun menyempit. Namun begitu masuk ke Komplek Luxor dan menemukan Malabar Roastery, menjadi salah satu oase yang membuat saya betah berlama-lama duduk dan menikmati teguk demi teguk kopi dan wangi kopi.

Sebenarnya lokasi Malabar Roastery cukup strategis, bisa masuk lewat Jl. Kebon Jati atau dari arah Jalan Babatan/Roksi (berdiri toko-toko kelontong). Tepatnya seberang Rumah Sakit Santosa ada jalan kecil, kamu bisa masuk ke arah sana. Kalau dari arah Babatan jalan masuknya dari Jl. Pasar Baru Belakang, ada jalan yang namanya Jl. Komplek Luxor. Tak jauh dari sana ada ruko no. 29. Jadi lokasi Malabar Roaster y itu diantara Jl. Babatan dan Jl. Kebon Jati ada jalan Komplek Luxor. Kamu bisa datang dari jam 09.00-20.00 wib, dan kalau ingin melihat proses roasting, bisa menelepon dulu karena proses sangrai tidak setiap hari. Ada jadwalnya sekitar 2 minggu sekali.


                   

Menu dan harga di Malabar Roastery ini cukup terjangkau bahkan terbilang murah. Tapi kamu sudah bisa menikmati kopi Americano seharga Rp. 8000 saja. Menu kopi yang lain ada Kopi Tubruk, Long Black, Tubruk Susu, Classic Drip, Cappuccino, Café Latte, Hot Chocolate dan camilannya Roti bakar manis dan asin. Harganya dari Rp. 6000-Rp. 15.000 saja, kamu sudah bisa menikmati kopi sebenar-benarnya kopi dengan kualitas bagus dan dengan rasa yang menarik.

Uniknya dari Malabar Roastery yang sudah berdiri dari tahun 2009 di Pangalengan. Kemudian buka tempat sangrai juga di koplek Luxor pada tahun 2015. Sekerang lebih mengembangkan diri ada cafee yang buka dari 11 Mei 2016, Kelas Belajar Kopi dan kunjungan ke perkebunan kopi di Malabar. Berdasarkan hasil obrolan dengan Faisal (marketing Malabar Roastery), ada beberapa kelas. Ada kelas yang mempelajari hulu (perkebunan, memilih biji, dll) dan kelas mempelajari hilirnya seperti kelas menyeduh kopi. Masing-masing kelas dipecah lagi untuk pemula, menengah dan ahli. Benar-benar oase untuk para penikmat kopi dan ingin mendalami dunia kopi secara utuh.

Untuk kamu yang senang menjelajah dan merasakan sisa peradaban heritage Kota Bandung dan mendapatkan nikmat kopi segar dari pegunungan Jawa Barat. Malabar Roastery bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu kunjungi.



Malabar Roastery

Jl. Komplek Luxor No. 29

Kebon Jati-Bandung

Telp. 0878 2175 2647


Foto: Ima


*Info bioskop Luxor: https://annunaki.me/2015/09/02/sejarah-bioskop-di-bandung/

Ima Rochmawati

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv