Mengisi Liburan Bersama Anak-Anak

Hoooh… Liburaaaan. Kenapa yah, aura liburan kali ini terasa beda. Mungkin, bisa jadi, karena, setengah tahun ini ada rutinitas pagi yang tidak bisa ditawar-tawar, yaitu menyiapkan baju seragam, alat-alat sekolah, makan pagi, belanja buat seharian, antar jemput anak ke sekolah, mengerjakan PR. Segala sesuatu yang mengulang rutinitas masa-masa sekolah. Anak saya baru kelas 1 SD, sementara terakhir saya sekolah SMA tahun 1996 dan beres kuliah tahun 2001. Disiplin menjalani masa-masa sekolah seperti mengejar waktu dan tugas-tugas sekolah sudah lama sekali dilewati. Sekarang, saya berasa masuk sekolah lagi, beda rasanya ketika anak pertama saya waktu sekolah SD dan sekolah TK.  Sekolah SD itu semacam ada energi yang lebih bersemangat untuk sekolah.  Nah jadinya, rutinitas harian yang harus di geser lebih cepat agar perhatian seisi rumah terpenuhi.  Semua ibu pasti ngerti sibuknya pagi hari.




Tiba-tiba, awal hari liburan saya mau makan pagi dengan lontong kari sama sambal goreng kentang, mau kue-kue, dan jalan-jalan, meskipun aslinya tetap sarapan nasi goreng dan orek telur, hahaaa...  Liburan kali ini pun dilengkapi dengan cuaca yang sangat, sangat, sangat hangat beberapa hari ini, aaah... ini yang menghangatkan hati.  Dibalik jendela terasa lebih berwarna. Saya sukaaaaa… 

Liburan kali ini semacam perayaan diri? Hmmm… bisa jadi, bisa jadi. Sebegitunya, ya. Iyaaaa… karena pekerjaan saya banyaaaaak, kamu juga, kan?  Pekerjaan rumah sih, pekerjaan yang nyaris tidak ada beresnya yang harus ditambah antar jemput anak.  Asik sih sebenarnya, tapi kalau rutin, kadang-kadang ada masanya cape juga.  Okeeeh! kalo gitu asiknya liburan sekarang diisi apa, ya? Kayanya bakal menarik bikin program harian yang menyenangkan buat anak-anak. Biar liburan mereka berasa asiknya.  Meskipun agak "malas" menuju destinasi wisata, karena setiap orang tahu lalu lintas jalanan di Kota Bandung saat liburan seperti ini harus sabar sama macetnya.  malas keluarnya aja, tapi kalo udah sampai ke tempat asik, ko.

Jadi, sepertinya jalan ke tempat wisata sekali dua kali aja.  Ini pun didukung dengan keadaan dana keluarga tidak leluasa.  Tapi saya mau anak-anak merasa terkesan dan semangat lagi nanti pas waktunya masuk sekolah. Saya maunya liburan kali ini anak-anak bisa mengekplore alam, ada kegiatan fisik, belajar ngaji dan shalat, ada acara menggambarnya, bikin kriya-kriya lucu lucuan. Hmmm… tampaknya harus bikin program kecil-kecilan, nih. Yang pasti sih bisa aja dijalankan asal masih seputaran Bandung, yang dekat-dekat rumah, sesuai dengan dana. Lha, Bandung kan banyak banget tempat menarik dan murah, kalau buat anak-anak pengalaman apapun bakal asik, asal kita pun asik terlibat aktifitas mereka.

Coba dulu deh list tempat-tempat dan kegiatan yang menarik buat mengisi liburan anak-anak:

1. Berenang

Nah, berenang ini kayanya hampir semua anak-anak suka. Sekalipun belum bisa berenang dan cuma main air saja. Berenang bisa jadi pilihan di hari pertama liburan, nih. Kebetulan di dekat rumah seputaran Setiabudhi ada kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Di kampus ini menyediakan tempat olah raga standar internasional, salah satunya tempat berenang juga. Masyarakat umum juga bisa masuk, tapi harganya lebih tinggi sedikit. Kalau gak salah tiket masuknya Rp 10.000–Rp 20.000.  Lumayan, kan.  Murmer, dekat dan pulangnya bisa beli kue cubit kesukaan anak-anak.  





2. Trekking dan pengenalan alam

Nah, ini bisa ajak mereka ke Tahura (taman hutan raya) daerah Dago Pakar. Di Tahura, anak-anak bisa diajak menikmati pohon-pohon, jalan kaki dan mengenal benda-benda alam. Anak-anak senang, mamahnya juga soalnya suka banget lihat yang hijau-hijau. Lihat pohon sama dengar suara burung aja, saya mah sudah segar lagi, tapi masa harus jalan-jalan ke taman UPI lagi.  Tiap hari kami melintas UPI menuju sekolah Alif. 

Nah, biasanya kalau di tempat banyak pohon kaya gini suka ada buah cemara yang jatuh, biji-bijian, daun dan ranting kering. Kita bisa sekalian kumpulin dan di rumah bisa dibikin kriya. 



3. Taman Lalu Lintas

Kayanya bakal menarik ajak mereka main ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Taman bermain ini, tempat yang cukup legendaris, dari jaman saya kecil sudah ada. Saya masih inget, dulu sama teman-teman pernah mengisi acara untuk acara kesenian.  Kakak saya yang melatihnya. Pengalaman yang tidak terlupakan, selepas isi acara kami naik kereta masih dengan kostum lengkap.  Segitu aja anak-anak punya ingatan yang membahagiakan. Nah, saya mau, anak-anak merasakan dan mendapat antusias bahagia pada pengalaman masa kecilnya. 



4. Mengaji dan Shalat

Nah, ini PR gede banget buat saya. Tampaknya selama liburan ini, setiap hari belajar ngaji dan shalat. Setiap pagi kayanya bakal asik dan masih, sekalian shalat dhuha.  Kalau siang, bawaannya mau main sama teman-teman.


5. Bikin kue bareng

Biasanya, anak-anak suka lihat mamanya masak. Sebatas lihat, kocok telur dan sesekali suka dilibatkan beli bahan-bahan masakan yang kurang di Warung Aki. Terutama anak pertama sih, karena dia sudah 7 tahun. Oke, bikin apa, ya? Bikin list dulu kayanya. Mengisi liburan sambil bikin camilan enak buat anak-anak, hmmm... pasti mereka suka.  List dulu aja deh:

- Bikin donat kentang? Hmmm… menarik, nih.

- Bola-bola cokelat

- Cheese stick

- Risoles cokelat

- Ada ide lagi?


6. Ke Museum

Lha, kenapa baru terfikir di poin ke-6, ya? Baiklah, sepertinya bakal menarik bawa anak-anak ke museum geologi Bandung. Harus browsing jam masuk, biaya dan persyar
atan lainnya.  Tapi tempat ini agak jauh sih dan banyak tempat kuliner yang bisa bikin anak-anak (mamanya sih) senang. Hehe...

Sepertinya segitu cukup, tinggal menentukan kapan dilakukan dan menyusun jadwal harian buat anak-anak.

Wuaah… 2 minggu liburan, nih. Selamat liburan semuanya.



Bandung, 25 Desember 2016
@imatakubesar

Ima Rochmawati

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv