Belanja Online, Efektif Waktu

Bicara kota Bandung, mulut saya jadi pengen makan molen, kripik pedas dan batagor, tiga jenis makanan yang ngangenin pisan.  Kadang sudah begini rasanya gemas, berharap bisa datang ke kota itu rasanya tidak mungkin, akhirnya mendatangi toko oleh-oleh untuk menuntaskan rasa rindu adalah solusi yang paling mungkin.  Pas tadi pagi mulut saya pengen sekali molen, di wall jejaring sosial ada yang nge-share toko online, namanya Cipika.  Pikir saya, ini pasti toko online Indonesia nih, dari namanya sudah lucu dan catchy. 





Akhirnya sayapun tergoda mengarahkan jari untuk mulai klik link, rupanya disana bertaburan makanan yang menggiurkan.  Toko online ini mirip etalase toko oleh-oleh, bedanya, dia tidak disiplay 3 dimensi tapi terpampang manis disetiap foto-fotonya.  Produk ini menjelajah ke jejaring maya dan tiba-tiba “pruk”, produk yang kita pesan ada di depan pintu.  Iya, sesederhana itu.  Jaman sekarang, dunia benar-benar dalam genggaman, pesan di smartphone, handphone, sambil ngulik sesuatu di depan laptop, bahkan sambil menyuapi anak, kita bisa keliling “pertokoan”.  Tinggal bijaksana saja menggunakan kesempatan ini untuk sesuatu yang kita butuhkan sehingga bikin waktu lebih efektif.  Itulah sebabnya ada toko online, untuk memfasilitasi masyarakat yang terbatas oleh waktu dan jarak, jadi siapapun dan dimanapun kita berada, bisa mendapatkan produk yang diinginkan. 


Rupanya toko online ini tidak hanya menyediakan makanan,  tapi melebarkan fasilitas lainnya ke beberapa jenis produk:  store, travel, lifestyle dan gadget.  

Di “store”, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan makanan khas Indonesia dari kota-kota belahan manapun.  Kalau pernah travel ke kota “x”, kita sering jatuh cinta pada makanannya dan greget ingin mencicipi lagi.  Tapi karena jarak, akhirnya ditahan dan pikiranpun dialihkan.  Nah, untuk memenuhi kerinduan, kita bisa beli makanan itu di Cipika.  Banyak ternyata jenis pilihan makanan yang bisa di beli, ada Pempek, keripik Ma Icih, Keripik Karuhun, Brownies Kukus, Lempok Durian, Sambel, Manisan, Enting-Enting, Teri Bawang, Rendang dan banyak lagi, nyaris semua makanan tradisional karya tangan-tangan anak negeri ada.  Hampir kalap saya melihat produk yang ditawarkan toko online Cipika, ternyata selain namanya yang catchy produk yang ditawarkan pun catchy sekali. 



Pada layanan “travel”, kamu bisa mendapatkan kemudahan sewa mobil dan pemesanan hotel tempat tujuan dengan beragam fasilitas yang kita mau.  Prosesnya sangat mudah, tinggal mengikuti semua petunjuknya.Pada layanan “lifestyle”, kamu bisa memilih baju, jam tangan, dan tas yang cukup menarik.  Dan yang keempat, Cipika menjual gadget di toko onlinenya.  Ada macam-macam merk menarik yang di pajang di  daftar penjualannya.

Proses dan cara pesan di Cipika mudah sekali, apalagi didukung dengan tulisan yang besar-besar dan data yang lengkap.  Jadi kita tidak perlu khawatir dan ragu-ragu harga dan jumlah produk yang kita beli.  Langkah-langkah memulai beli produk mudah sekali, caranya:
  1. Daftar diri dulu.  Klik kolom daftar, letaknya di pojok sebelah kanan, tinggal isi e-mail dan password.  Kalau kamu sudah pernah daftar, bisa langsung masuk dengan menggunakan nama akun dan password atau masuk dengan akun facebook.  Saat facebook (fb) kita online, dengan sendirinya kita bisa masuk ke web ini setelah kita mengijinkan masuk melalui fb.
  2. Nah, setelah masuk baru bisa mulai memilih produk dengan meng-klik “beli”
  3. Nanti akan muncul penjelasan produk tersebut dan jika sesuai dengan pilihan kita, baru klik “beli produk ini”, dengan sendirinya akan masuk ke “troli belanja”.
  4. Setelah kita puas berbelanja, baru klik “troli belanja”, posisinya di paling atas dengan gambar troli.
  5. Di halaman ini, kamu akan melihat jenis dan harga produk yang kamu pesan, selain itu bisa juga kembali ke halaman produk, menghapus dan melanjutkan pemesanan.
  6. Ketika klik “melanjutkan pemesanan”, di halaman ini terdapat kalkulasi harga produk yang kamu ambil.
  7. Lanjut cara pembayaran, ada yang menggunakan voucher maupun fasilitas transfer.
  8. Setelah kita memilih pola pembayaran, dilanjut pada tahap konfirmasi order.
  9. Kamu akan mendapat laporan pembelian dan surat invoice melalui e-mail dan sms.
  10. Selanjutnya setelah kita transfer, tunggu produknya datang ke rumah.

Proses yang sederhana dan memudahkan siapapun, toko online sebuah cara yang asik, leluasa dan efektif mendapatkan produk yang diinginkan.

Imatakubesar
Serpong.  18 Desember 2014


Ima Rochmawati

17 comments:

  1. Aku dah pesen bolu meranti Medan, nih, Mbak. Tinggal duduk manis menunggu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman sekarang, enak banget yah

      Delete
  2. mau pesan juga ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traktir dong sekalian, entar di inbox alamat ima nya hehe...

      Delete
  3. aku pesan pie susu lombok :D *penasaran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi inget pernah ada yg ngirim pie lombok, ima makan sampe 5 biji

      Delete
  4. wah,jadi pengen pesen bakpia patok nih

    ReplyDelete
  5. Kripik Karuhun aku kehabisan euy padahal penasaran tapi rasanya gak jauh beda sama Mak Icih keknya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ani, Ima malah belom coba karuhun, kalo Ma Icih udah, pabriknya deket rumah, enak bin gurih

      Delete
  6. Saya setuju dengan anda mas,,, kalo belanja online itu ga ribet...

    ReplyDelete
  7. saya udah pesan sambal Bu Rudi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya pengen sambal Bu Rudi juga, tapi pas lihat kacamata, ambil kacamata aja heehee...

      Delete
  8. Baru denger nama webnya. Nanti saya coba deh mbak. Kebetulan lagi suka belanja online. Huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh, efektif juga, kacamata Ima udah nyampe selang 2 hari dari pemesanan :)

      Delete
  9. Mau coba ah belanja di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berbelanja, Mba Donna :)

      Delete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv