Disitu ada Cinta, Didalamnya ada Kesungguhan


Suatu hari suamiku pernah bilang bahwa hidup kita harus bermanfaat apapun bentuknya.  Karena sekecil apapun tindakan kita akan memberi banyak manfaat bagi orang lain.  Jangan berfikir darimana kita akan menghasilkan rezekinya, karena ia akan datang sendiri saat kamu melakukan dengan kesungguhan.  Teruslah mengasah diri dan fokus.  Sementara saya selalu percaya, ketika menjalani hidup dengan cinta, maka akan memberi efek manfaat bagi siapapun.  Dalam cinta terdapat banyak kekuatan yang membuatmu bertumbuh dan melakukan segala sesuatu dengan tulus dan kesungguhan.  Kedua pendapat suami dan saya digabungkan melahirkan sebuah kekuatan hidup: selalu bersemangat dan berfikir positif.

Seringkali saat kita mau melakukan suatu langkah, kadangkala terhambat oleh tidak percaya diri, merasa diri tidak berguna dan langkah kita biasa saja dan tidak memberi banyak kontribusi bagi diri sendiri ataupun orang lain.  Sayangnya pemikiran ini hal yang dapat menghambat seseorang untuk menjadi orang yang bermanfaat.  Tapi ketika kita berani untuk melakukan beberapa langkah dan tindakan, kita akan tersadar bahwa sekecil apapun kemampuan yang kita miliki akan memberi celah bagi kehidupan orang lain.

Ketika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, disana ada kekuatan untuk terus menggali ilmu dan semakin banyak pula yang tidak kamu ketahui.  Suamiku bilang, sedikit apapun ilmu yang kamu dapat, maka terapkan dan sebarkan, karena ilmu itu sangat luas dan banyak.  Begitulah, akhirnya aku mencoba melakukan itu.  Ketika dapat sesuatu maka sebarkan dan mengolah terus satu persatu dan melakukan langkah kecil-kecil dan terus menerus.

Suatu hari saya sedang merajut dan beberapa santri melihat lalu tertarik ingin mempelajarinya.  Saat itu saya merasa heran dan tidak percaya diri, apakah saya bisa melatih mereka.  Sayapun mau dengan modal ilmu merajut yang pas pasan, rupanya para santri perempuan ini sangat bahagia bisa mempelajarinya dan kebahagiaan itu yang membuat kita merasa hidup dan berguna. 

Saya percaya dengan cinta kehidupan kita akan berkembang, karena didalamnya ada keberanian untuk terus bergerak dan melakukan banyak langkah.  Didalam langkah kamu akan dipertemukan dengan banyak pesan yang membuat hidupmu semakin luas.   Didalam bergerak itu akan melahirkan sebuah perubahan dan alam akan ikut bergerak bersamamu.  Hidup ini seperti perhitungan matematika, tapi ada perhitungan yang diluar nalar kita yaitu kebahagiaan.  Saat kamu merasa bahagia, ia akan memberi manfaat untuk diri sendiri lalu akan memberi banyak manfaat untuk lingkungan dan alam akan memberimu lebih banyak lagi manfaat.

#pahlawan3
Ima. Serpong. 13/11/2014



Ima Rochmawati

9 comments:

  1. membuat orang lain bahagia dpt imbalan bahagia lebih banyak ya mak :)

    ReplyDelete
  2. Bener mak, saya ngerasain hambatan-hambatannya tuh. Makasih tip nya ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Desi: Imbalan yang tak ternilai bingit.
    Indri: Sama-sama, catatan buat diri sendiri juga, da :)

    ReplyDelete
  4. Sepakat banget dengan isi artikel ini, Mak! Seminim apa pun pengetahuan atau skill yang kita kuasai, jika bisa kita bagi dan bermanfaat bagi yang lain, Insyaallah, keberkahan dan kebahagiaan akan memancar bagi kita dan sekitar. Kebaikan itu menularkan kebahagiaan, begitu juga sebaliknya. Begitu ya, Mak? :)

    ReplyDelete
  5. Berbagi itu tidak semata mata dengan materi ya mak..postingan yg bagus nih mak

    ReplyDelete
  6. Mba Imaaaa ajari aku merajut dong, serius nih :)

    ReplyDelete
  7. Saya juga menemukan kebahagiaan dikala bisa bermanfaat, aneh, ngga bisa diukur dengan materi

    ReplyDelete
  8. bener mba, bahagia itu bukan hanya saat segala keinginan terpenuhi dan harapan terlaksana tapi saat bisa bermanfaat buat orang lain berasa jauh lebih bahagia. Semoga lia bisa bermanfaat untuk orang lain, amin...!

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv