#7 CCTV tindakan preventif

Ketua RT mengeluh pada salah satu tetangganya, penghuni kos  seringkali kehilangan barang-barang seperti laptop, sepatu bahkan motor.  Tidak hanya kos-kosan miliknya, tetangganya pun mengeluhkan yang sama.  Lalu Pak RT melakukan tindakan preventif dengan membuatkan pagar,  diberi kawat, di gembok dan setiap penghuni memegang kunci pagar sendiri-sendiri.  Rupanya tindakan ini tidak memberi hasil, pencurian terus saja terjadi malah menimbulkan saling curiga satu sama lain.  Akhirnya Pak RT melakukan langkah yang langka dilakukan orang-orang awam, dia memasang CCTV agar kondisi kos-kosannya lebih bisa terpantau.  CCTV dipasang diposisi yang relevan, paling bisa menjangkau dan dipasang rapi.  Alhasil dengan tindakan tersebut, semua tindak tanduk bisa terekam secara optimal. Terekam beberapa identitas fisik, pakaian, bentuk tubuh, serta jumlah orang yang terlibat lengkap dengan tindakan yang dilakukan oleh pencuri tersebut.  Pak RT akhirnya bisa bernafas lega, dengan bukti ini pihak kepolisian pun bisa terbantu untuk menelusuri sindikat pencurian di tempat bisnis kosannya dan berimbas pada keamanan kosan warganya.  
Situasi wilayah warga kos-kos-an pak RTsekarang jauh lebih aman karena satu persatu sindikat pencuri bisnis kos tertangkap.  Tapi bukan berarti CCTV dilepas, keamanan terus menerus harus dilakukan karena pencuri baru selalu saja bermunculan dan bersikap nekad.
 
CCTV itu apa sih?  CCTV adalah kamera pengintai singkatan dari Closed Circuit Television. Teknologi kini tidak asing lagi dan mulai dilirik para pemilik bisnis rumahan.  Tidak hanya untuk memantau keamanan rumah tetapi ikut memantau keamanan bisnisnya. Karena CCTV ini banyak membantu untuk menanggulangi kejahatan. Ternyata tipe dan jenis CCTV itu beragam, lho.  Coba deh perhatikan sekeliling kalau masuk ke ruang ATM sudut ruang sering ada yang berbentuk panjang bertopi, bahkan kita suka sadar bahwa disana memang ada kamera pengintai, bentuknya seperti ini:

Bullet IR HA-2632AM 600TVL


Kalau bentuk bulat yang menyerupai bulatan hitam, malah lebih mirip lampu, lebih banyak digunakan di supermarket atau minimarket, bentuknya seperti ini:

DOME IR HA-R754AM 700TVL

Beberapa distributor CCTV karena masyarakat lebih sadar bahwa keamanan pelanggannya adalah nomor satu.  Teknologi kamera pengintai semakin dibutuhkan mengingat tingkat kejahatan yang sulit untuk dibendung.  Seperti Hisomu bisnis dibidang tersebut, turut serta membantu dan melayani kebutuhan pangsa pasarnya.   Mereka melayani penjualan online di bidang CCTV, IP Camera, Wireless IP Camera, dan Digital Video Recorder dan accesoriesnya.  Sebagai orang awan seperti saya tidak perlu khawatir memikirkan cara memasang dan unak anik teknis lainnya.  Biasanya, seperti halnya yang dilakukan Hisomu sebagai tenaga professional memberi pelayanan pemasangan professional dan menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing client.  Dengan begitu, produsen tidak sekedar menjual produk namun sekaligus bekejasama menjadi rekan dalam bidang keamanan dan pemasangan CCTV. 


Jadi sekarang CCTV tidak hanya dibutuhkan oleh kelompok bisnis perusahaan besar,  seperti supermarket, Bank dan bisnis yang melayani banyak konsumen.  Namun jangan salah, keluarga sebagai orang-orang nomor satu yang harus diperhatikan keamanannya.  Saya fikir tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi CCTV salah satu solusi tindakan preventif yang cukup bijak untuk melindungi bisnis rumahan.  Langkah besar untuk keamanan bersama.

Ima Rochmawati

8 comments:

  1. Sepertinya banyak yg ikut lomba CCTV ini ya...
    Semoga sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ya, banyak yang ikutan. heheh... tapi yah setidaknya mau gak mau jadi tau tentang seluk beluk CCTV. hahahaaa... asik jug apunya benda yang satu ini

      Delete
  2. Ini lomba ya mbk??kirain review hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, ikutan atuh, besok terakhir, ko :) semoga enjoy membaca tulisannya juga yah hihi

      Delete
  3. wah cerita ini pernah kejadian juga nih di daerah dekat kosa saya. cuma bedanya, pencurian tidak berhenti malah cctvnya ikut digondol haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaaaaaa... asli ngakak! waduh, gawat juga.

      Delete
  4. Aku dulu mengira CCTV itu dipke buat mengintai karyawan yang malas kerja mbak, ternyata bukan, CCTV buat keamanan stock barang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya CCTV banyak fungsinya dong .. takhanya intai karyawan, atau jaga keamanan stock barang ... merekam orang yg ganti baju aja bs sebagai fungsi (lain dr CCTV) banyak dicari orang pulak! Hehehe ...

      Delete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv