Quran dan Jiwa

Minggu pagi 3 hari menjelang bulan Ramadhan, jalan-jalan ke car free day Dago.  Masuk ke wilayah ini terutama di wilayah Paspati selalu mengingatkan saat sekolah.  Seragam putih biru dilanjut ke putih abu-abu, waktu jadi terasa cepat. Perubahan jaman, musik, pakaian, film.  Hmmm… Waktu itu cukup sering jalan kaki sendirian di wilayah Jl. Panatayuda lalu menelusuri jalan trotoar tembus ke Balubur.  Suasana waktu itu menyenangkan hati, karena pepohonan yang masih rimbun tertanam kokoh.  Kendaraan pribadipun tidak sekacau sekarang, masih beberapa yang lewat, tingkat kemacetanpun biasa saja. 

Wih, sekarang di taman Paspati itu makin rame, banyak aktifitas dan tentunya tukang dagang.  Bisa jadi karena ini hari Minggu, banyak orang tumplek di tempat ini untuk merasakan kesenangan dari rutinitas sehari-hari.  Sejenak saya sambil gendong Bayan lihat sekeliling dan menikmati keriuhan.  Mata langsung tercuri ke cepot yang menjulang tinggi.  Seseorang memakai kostum cepot, menambah kakinya lebih tinggi dengan menggunakan egrang.  Menarik deh, jadi saya dekati dan coba foto.  Cepot itu memegang sebuah kertas bertuliskan www.qurancordoba.com .  Seseorang disekitar itu mendekati dan memberi sebuah selembaran jadwal imsyakiyah 1434 H.  Jadi tidak sabar menunggu waktu Ramadhan yang tinggal menunggu hari.   

Di selembaran jadwal imsyakiyah itu tertera beberapa gambar Quran produk Cordoba.  Quran ini dikemas dengan beberapa kemasan, seperti Amazing, Haramain, Multazam, fashion Muslimah Rainbow dan Sofia.  Kata orang Cordoba, produk quran yang mereka keluarkan ada 9 produk.  Hal yang menarik saya, bahan baku kertas yang mereka pergunakan.  Ternyata kertas yang mereka pergunakan tidak sembarangan, namanya QPP (Quran Print Paper).  Lembaranya tipis agar tintanya tidak merembes dan berserifikat halal.  Tadinya kening saya berkerut , karena saya fikir kertas itu tidak perlu ada halal-halalan.  Ternyata bahan pencampur kertas bisa saja mengandung zat yang tidak halal.  Aduh, saya baru tahu.

Saya akhirnya punya quran cordoba jenis sofia.  Quran ini dikemas menarik dengan menggunakan kulit imitasi dengan gaya yang cantik.  Quran yang diperuntukan untuk perempuan. Isi quran tetap lengkap 114 surat 30 juz, namun didalamnya ada indeks isi Quran yang membahas khusus tentang panduan hidup untuk perempuan muslim, seperti hukum, ibrah, tokoh wanita dan aqidah-akhlaq.  Jadi lebih mudah mencari ayat-ayat yang berhubungan tentang perempuan.  Warnanya beragam, ada merah, orange, kuning, putih, bitu tua, toska, hitam.  Bisa jadi, kemasan seperti ini dikembangkan untuk menarik minat umat muslim yang sudah meninggalkan Quran sebagai panduan hidupnya. 

Waktu terus bergerak, kita semakin lama bertumbuh menjadi atau tidak menjadi tapi tentu bertambah usia.  Berkembang  atau berguguran.  Mengikuti atau tidak mengikuti jaman.  Tapi Quran tetap lekang dan bisa mengisi jiwa-jiwa manusia setiap jaman. 


Happy Friday, 12 Juli 2013

Ima Rochmawati

6 comments:

  1. wah penasara seperti apa Ql Qurannya itu, iya benar kakak AlQuran tak akan lekang di makan jaman ^_^

    ReplyDelete
  2. Yup, ada kertas khusus Quran agar lebih ringan tapi kualitasnya bagus ^_^

    ReplyDelete
  3. Quran Cordoba-nya koq gak difoto? pengin liat nih ;)

    ReplyDelete
  4. Topics: iya, kalo dulu saya punya tafsir quran aja. kalau mau cari yang berhubungan dengan masalah2 keperempuanan harus cari di buku fiqh dulu. di quran jenis sofia ini tinggal liat indeks terus buka deh ayatnya :)

    ReplyDelete
  5. Bang Aswi: iya, ima baru tahu, kirain sama2 aja. Tapi kalo quran dapet di Saudi emang kertanya ringan, kuning dan ga silau di mata kalo lama2 baca

    ReplyDelete
  6. Mba Uniek: Udah sempet difoto di handphone, tapi engga tau gimana foto2 itu gak ada :'( tapi kalo mau lihat ada di facebook. Maaf ya :)

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv