Anakku... kamu luar biasa



Anakku,
Melangkahlah
Berlarilah
Meloncatlah
Menyelamlah
Terbanglah
Tebarkan cinta
Dunia ini terlalu berarti 
Jika hanya tidur dan menggerutu
Buat hidupmu lebih hidup
Kenali dan rasakan
Kau pun akan mengerti
arti
hidup
kesedihan
kebahagiaan
karena
kamu anakku yang luar biasa


Anak selalu memberi kejutan dari segala tindak tanduknya.  Seringkali, kita sebagai orang tua sering lupa bahwa mereka tumbuh dan berkembang.  Meniru seluruh alam yang ada di sekelilingnya dan bereksperimen pada apa yang dilihatnya.  


Kemarin, saya lihat-lihat lagi folder foto yang diambil sekitar bulan november 2011.  Waktu itu anakku berusia 2 tahun-an.  Foto itu, pesawat berdampingan dengan wafer selamat nyaris berbentuk pesawat.  Hingga suatu waktu dia tiba-tiba mendekati dan memperlihatkan sesuatu.  Tadinya saya cuma memuji-muji biasa saja tanpa mengerti apa yang coba ia perlihatkan.  Bahkan saya iseng langsung memakan kue yang berbentuk aneh itu, tapi dia senang. Setelah kedua kalinya ia membuat wafer dengan gigitan yang sama, saya kaget sekali ternyata yang dimaksudnya adalah dia bisa membuat bentuk pesawat terbang.  


Waktu itu saya kaget dan kagum, bagaimana bisa anak sekecil itu bisa meniru sesuatu atas dasar apa yang ia lihat, diingat lalu reaksi yang refleks antara gigi dan imajinya.  Sebuah perkembangan otak yang luar biasa.  Ada perasaan takut juga, saat di usia golden age ini dia tidak mendapat nutrisi yang tepat dari lingkungan sekelilingnya.  


Tapi saya selalu yakin, anak makhluk yang paling bisa beradaptasi, pembelajar dan selalu mencoba.  Apapun kondisi alam, manusia, tumbuhan, binatang kerap memberi nutrisi yang membuat otaknya terus tumbuh dan berkembang.  Bagi usianya semua tampak ajaib dan luar biasa. Kita hanya memerlukan sedikit regangkan pegangan dan beri dia kesempatan untuk mengenal, melihat, mencoba banyak hal.  Semakin dia banyak mengerti kita pun sering mendapatkan pelajaran dari anak. Sudut pandang anak dan penghargaannya pada apa yang dilihat dan dirasakannya.  Suatu proses-proses momen kecil dimasa lalu sering diingatkan atas keberadaanya dan tidak dihargai lagi.  Anak seolah memberi tahu kita tentang sesuatu yang sederhana padahal hal ini mampu menopang hidup kita terus tumbuh. Seolah dengan lahirnya anak, menarik kita pada titik nol, mengenal  diri, memahami diri, menyusun elemen hidup yang berserakan dan menentramkan lagi atas hidup yang sudah terlalu bergemuruh dan tergesa-gesa. 


love you and never forget the moment

Ima Rochmawati

1 comment:

  1. anak-anak, selalu saja ada cerita istimewa dari mereka untuk kita ya, mba ima... :)

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv