Internet dan 2012


Akhir tahun 2011 selalu berhadapan dengan resolusi.  Sebuah garis tegas untuk hidup lebih baik… Hmmm… Saya bingung harus mulai dari mana, tapi yang jelas kehidupan sehari-hari saya tidak bisa lepas dari jaringan dunia maya ini.  Ruang gerak yang terbatas menjadi lebih luas karena internetInternet menjadi salah satu solusi mempertebal pengetahuan dan jaringan sosial tanpa perlu keluar rumah.  Komunikasi lebih lancar, informasi mudah didapat dan bisa membuka mata dunia. Persoalan bisa bermanfaat dan tidak bermanfaat, menjadi halal maupun haram atau bahkan mengharmoniskan atau merusak hubungan rumah tangga itu sih tergantung pengguna.  Pilihan ada di tangan masing-masing.  


Di tahun 2010 dan 2011 adalah sebuah pertemuan dan pengenalan dunia blog dan seluk beluknya.  Ternyata saya menemukan banyak informasi yang menarik tentang jejaring yang satu ini.  Kini blogger bisa menghasilkan uang dengan cara blog itu mempunyai brand yang kuat tentang materi yang dibahasnya.  Pengiklan sekarang menaruh banyak perhatian pada blogger. Karena dianggap jaringan bawah tanah ini komunikasinya cukup efektif.  

Selain itu banyak juga para blogger yang selalu membuat acara lomba tulisan yang berhadiahkan produk bahkan uang.  Ini salah satu ajang mengolah tulisan dan mempelajari gaya tulisan blog pemenang.  Lama-lama proses ini lebih terasa nikmat dan memberi vitamin C alias cerahkan duniaku (halah lebayyy…).  Blog menjadi salah satu bagian penting yang mampu membuat hidup saya lebih seimbang dan berwarna.  Sebuah ruang yang nyaman untuk berlatih menulis, membangun kepercayaan pada diri dan uji nyali mendapatkan tanggapan apapun dengan beragam cara dari sesiapapun.

Resolusi Juara?

Tahun 2012 ini, saya akan lebih menaruh banyak waktu untuk blog dan aktif di komunitas blog Bandung.  Agar blog saya lebih aktif, berwarna dan tampak seurieus, tampaknya perlu untuk lebih disiplin diri dan punya komitmen untuk mengolah blog menjadi bacaan yang layak konsumsi.  Jadi tahun ini saya akan menaruh banyak waktu untuk blog dan aktif di komunitas blog Bandung. 

Pertama tentunya membuat tema menulis untuk blog matakubesar dan menyiapkan ilustrasi maupun gambar original bikinan sendiri. Biasanya, menulis di blog sangat intuitif jadi efeknya sering banyak yang bolong dan proses menulis menjadi tidak konsisten.  Bahkan penggunaan kata-kata, salah huruf dan EYD-pun tidak terperhatikan.  Seorang teman di grup facebook pernah memberi clue bahwa meng-upload 7 tulisan di blog sudah cukup membuat para blogger untuk blogwalking dan syukur-syukur senang untuk selalu mampir menjadi pembaca setia. 

Saya ingin menggali lebih banyak pengetahuan tentang blogging dan beragam seluk beluknya.  Serius tapi santai, kalau cape ya tinggal bobo atau lari pagi :b.

Tahun lalu, beberapa bulan yang lalu saya senang bisa mendapat media partner dengan idblognetwork.  Semoga suatu hari tulisan-tulisan saya lebih terasah, konsisten dan pantas untuk mendapatkan job review dari media itu.

Kalau memang ada pelatihan dan pertemuan dengan para blogger Bandung, saya ingin sekali bisa mengapresiasi.  Pertemuan dengan orang-orang yang memang menaruh hati yang sama, biasanya bisa menularkan semangat dan pengetahuan yang lebih luas.  Saya ingin belajar banyak dari mereka dan memanfaatkan hidup lebih berarti.  Tentunya di atas langit selalu ada langit dan pengetahuan itu memang tidak berbatas. 

Sambil berjalan melatih satu hari satu tulisan, tidak ragu dalam mengikuti kata hati sehingga menjadi rangkaian bentuk.  Harapan saya fungsi internet ini bisa mempertemukan saya dengan orang-orang yang bersemangat terus berkarya namun tetap bisa dikerjakan di rumah. Mengasah segala kemampuan dan tak berhenti belajar dari sesiapapun hingga bisa menciptakan karya layak konsumsi dan berkualitas. 

Saya percaya kesungguhan dalam menjalani kehidupan kita sendiri yang menentukan.  Persoalan menjadi juara atau tidak itu bagian dari proses lain.  Karena dengan berhasil disiplin satu hari, seminggu kedepan, lalu sebulan kedepan itu adalah bagian dari prestasi yang bisa mendapatkan kejutan tak terduga di waktu tak terduga pula.  

Semoga tulisan ini bisa menjadi pijakan, rel setahun ke depan :)

Ima Rochmawati

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan pesan, masukan atau apapun. Terima kasih untuk apresianya. adv